Game App Store Diwajibkan Miliki ISBN Mulai Juli Oleh Pemerintah Cina!

appstore

App store bisa dibilang merupakan salah satu toko online penyedia produk digital  cukup terkenal. Merupakan toko online utama yang tersedia di platform IOS. Online App store merupakan besutan salah satu raksasa teknologi yaitu Apple. Menyediakan berbagai produk digital termasuk game.

Apple dilaporkan akan mewajibkan semua game yang diluncurkan di App Store untuk membawa ISBN (kepanjangan dari International Standard Book Number dan diterjemahkan sebagai Nomor Buku Standar Internasional) di Cina mulai 1 Juli 2020. Namun, tidak ada rincian yang diberikan tentang apakah judul game yang sudah ada di Cina sekarang perlu diperbarui untuk mematuhi putusan baru.

Menurut Gio Zhang VP pengembangan bisnis Duoku Game, kebijakan baru diumumkan oleh kementerian Pers dan Publikasi China, dengan pemerintah menyatakan bahwa terlepas dari siapa pengembang, penerbit, atau perusahaan, nomor ISBN akan menjadi diperlukan untuk mengamankan rilis di negara Cina.

Hal ini tentu saja memberikan hambatan bagi pihak Apple selaku pengelola App store. Apalagi setiap game tampaknya perlu ISBN tersebut untuk pengawasan dari pemerintah Cina. Harapannya game tersebut dapat dengan mudah mendapatkan ISBN dan tidak ada masalah tambahan terkait penerbitan game di App Store.

Sumber: pocketgamer

Exit mobile version