Game Awards 2018, Siapa yang akan Jadi Pemenang GOTY? Prediksi Kami


Follow Us
Disclaimer: Prediksi ini bersifat obyektif.

Ajang penghargaan video game memang menjadi salah satu ajang yang sangat dinantikan tak hanya bagi para developer dan publisher, namun juga gamer. Berikan penghargaan bagi video game terbaik setiap tahunnya. Terdapat banyak ajang yang hadir setiap tahunnya, mulai dari Golden Joystick Awards, hingga The Game Awards.

Nulis artikel dibayar

Berbagai kategori yang bisa fans pilih dan voting memang beragam, namun dari sekian banyaknya nominasi, Game of the Year menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu. Jadikan sebuah standar tertinggi untuk game terbaik di tahun itu.

Jika kamu kecewa karena Fortnite jadi Game of the Year 2018 versi Golden Joystick Awards kemarin, maka kamu wajib menunggu Game Awards. Hal ini disebabkan karena nominasinya yang sangat berbeda dan lebih umum.

Banyak fans yang mulai prediksikan berbagai kemungkinan pemenang Game of the Year tahun ini. Namun sebelum masuk ke prediksi kami (prediksi saya lebih tepatnya), mari kita tengok apa saja yang masuk dalam nominasinya.

Nominasi Game of the Year Game Awards 2018

1. Assassin’s Creed Odyssey


Assassin’s Creed Odyssey pertamakali diumumkan sebagai seri Assassin’s Creed yang “ngga Assassin’s Creed banget”. Hal ini dikarenakan ia miliki gameplay yang lebih condong ke Ryse: Son of Rome milik Crytek dibanding rel utama gamenya. Namun animo fans dan kritik yang menganggap bahwa ia miliki banyak “hal terbaik” dibanding seri sebelumnya menjadikannya salah satu game yang pantas masuk nominasi ini.

BACA JUGA  [Opini] Fortnite Menang GOTY Ngalahin RDR2 ?, Wajar Ah!

2. Celeste


Jujur, saya pribadi belum pernah memainkan game ini. Namun menurut data yang telah saya kumpulkan Celeste merupakan salah satu game platformer indie terbaik yang pernah ada, dan meski terdapat banyak kontroversi di berbagai forum. Namun tak dapat dipungkiri bahwa puzzle dan desain levelnya terlihat cukup menantang.

3. God of War


Menjadi seri yang telah melalang buana sejak kehadiran PlayStation 2, SIE Santa Monica berhasil buat God of War jauh menjadi lebih baik. Alur ceritanya yang mudah diikuti, mekanik gameplaynya yang rapi, hingga levelnya yang menantang, buat seri ini jadi seri terbaik di sepanjang sejarahnya. Bahkan hingga saat ini, masih banyak fans yang masih mencintai franchise eksklusif tersebut. Tak hanya menjual nostalgia belaka, namun juga memperbaiki dan memolesnya dengan sangat baik.

4. Marvel’s Spiderman


Tak bisa dipungkiri lagi, Marvel’s Spiderman merupakan game Spiderman terbaik yang pernah dibuat. Mekanisme spider swing, animasi combo, hingga dunia open-worldnya yang luas buatmu tahu dan merasakan bagaimana rasanya menjadi superhero laba-laba tersebut dalam menumpas kejahatan. Semua dikerjakan oleh Insomniac Games dengan sangat baik.

5. Monster Hunter World


Miliki fans dari seluruh dunia, Monster Hunter World hadir dengan dunia yang lebih luas, cerita yang lumayan menarik, dan mekanisme hunting yang lebih nagih dari seri sebelumnya. Jadikannya salah satu game paling diminati tahun ini. Terlebih setelah perilisannya di PC. Namun banyak orang yang sedikit kecewa karena Capcom perlu sesuatu yang besar untuk tetap buat para fans memainkannya. Sayang, saya bukan termasuk salah satu pecintanya.

BACA JUGA  Red Dead Redemption 2 Dominasi The Game Awards, God of War Menangkan Game of The Year

6. Red Dead Redemption 2


Meski tak miliki fitur yang berbeda dari seri open-world buatan Rockstar. Namun cerita, narasi, direksi, art, dan kedetilan dunia open worldnya buat Red Dead Redemption 2 pantas masuk nominasi. Game yang tak dikerjakan setiap tahun ini (*ehm, Assassin’s Creed), dipoles dengan sangat hati-hati oleh Rockstar. Hadirkan nuansa koboi zaman wild west sempurna dan pengalaman tak terlupakan sepanjang tahun 2018.

Prediksi: Red Dead Redemption 2


Red Dead Redemption 2 miliki nyaris semua hal kecil yang diperhatikan oleh Rockstar. Grafiknya yang menawan dengan detil yang sangat luar biasa yang bahkan takkan diperhatikan oleh kebanyakan developer, buatnya jadi game dengan tampilan visual yang nyaris sempurna dan realistis. Cahayanya yang diatur dengan sangat baik, kabut, dan filter warna yang sangat artistik berikan nuansa bagaimana kelamnya zaman wildwest pada masa itu. Berkatnya pula, berbagai pemandangan yang tersaji jadi semakin indah untuk dinikmati.

Selain grafis, ceritanya juga miliki sesuatu yang menarik jutaan pasang mata untuk terus melototin layar. Bagi kamu yang bingung tentang kisahnya, intinya game ini menceritakan tentang pembalasan dendam. Pada awalnya, mungkin ceritanya terpecah menjadi beberapa bagian, namun ia kemudian tergabung menjadi satu buah bagian unik yang akan menyentuh sanubarimu. Mulai dari si jahat dan si baik, kasih sayang dan cinta, hingga pesan moral tersampaikan dengan sangat baik. Meski game ini merupakan prekuel dari seri pertamanya, namun entah mengapa beberapa cuplikan adegan dari seri pertama yang ditampilkan bisa masuk begitu saja.

BACA JUGA  Ubisoft Umumkan Game Baru Far Cry, Angkat Tema Post-Apocalyptic?


Gameplaynya lebih menekankan pada fitur open world yang disandangnya. Developer yang telah berpengalaman mengerjakan game open world selama lebih dari 10 tahun ini terus hadirkan evolusi dan inovasi di setiap gamenya. Jika developer lain hanya berikan dunia luas dengan pernak-pernik yang biasa saja, maka Rockstar justru berikan kedetilan lebih pada pernak-pernik tersebut. Mulai dari field, bioma, hingga binatang. Red Dead Redemption 2 miliki lebih banyak variasi “dunia” dibandingkan game buatan mereka yang lain, termasuk Grand Theft Auto San Andreas.



Banyak hal bisa kamu lakukan dalam gamenya. Nyaris semua yang kamu temui termasuk NPC bisa kamu ajak berinteraksi meskipun mungkin beberapa hanya terbatas pada obrolan saja. Markas atau biasa disebut “hub” dengan atmosfir tersendiri yang hidup, hingga area untukmu bersantai atau sekedar menikmati pemandangan dan melepas kejenuhan dari kegiatan harianmu lengkapi banyak alasan kenapa ia pantas sandang gelar Game of the Year tahun ini.

Apa Prediksimu?

Itulah prediksi kami (saya lebih tepatnya) beserta alasannya. Lalu, bagaimana denganmu? Apa prediksimu untuk Game of the Year di Game Awards 2018 nanti dari enam game yang telah dinominasikan? Jangan malu untuk menyuarakannya melalui komentar.

Game Awards 2018 akan diselenggarakan tanggal 6 Desember 2018 mendatang, kamu bisa membaca nominasinya maupun berita selengkapnya melalui link berikut.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+