Game-game Baru yang Masih Bisa Menggunakan Cheats

in , , ,

“ASPIRIN”, “whosyourdaddy”, atau “LLA_KCOLNU” itulah segelintir kode cheat video game yang mana beberapa orang sempat merasakannya. Namun seiring berjalannya waktu, game masa kini mulai meninggalkan kode sakti tersebut. Meskipun tak sedikit orang yang merindukannya dan banyak pula yang juga tak mempedulikannya, namun harus diakui bahwa cheat merupakan salah satu desain video game yang unik dan menarik di zamannya.

Meski pada dasarnya cheat merupakan sebuah alat bagi para developer untuk mengecek dan memastikan semua game berjalan sesuai yang mereka inginkan. Namun tak bisa dipungkiri bahwa dengan kode sakti tersebut kamu bisa melakukan apapun dalam gamenya. Mulai dari kebal, peluru tak terbatas, hingga membuka karakter.

Menariknya, rupanya masih banyak game masa kini yang masih menggunakan kode cheat. Obati semua kerinduan gamer jadul akan kehadiran mekanik yang sudah nyaris punah tersebut. Meskipun dengan kompensasi kehilangan kesempatan untuk dapatkan achievement. Tapi, hey, persetan dengan achievement jika kamu bisa memainkan gamenya dengan lebih menyenangkan bukan? Atau mungkin kamu sedang ingin kejar backlog yang belum terkejar?

Lalu, apa saja game masa kini yang masih menggunakan mekanik jadul namun memuaskan tersebut? Berikut kami cantumkan melalui daftar kami di bawah.

Grand Theft Auto V (Versi PC, PS4, Xbox One)


Grand Theft Auto, siapa yang tak kenal game open world racikan Rockstar ini? Game ini terkenal dengan tokoh utama yakni seorang kriminal yang mengejar dunia impiannya. Entah karena uang atau yang lain. Serinya miliki banyak sekali cheat yang membuat gamenya menjadi semakin menyenangkan untuk dimainkan. Tak terkecuali seri teranyarnya yakni Grand Theft Auto V.


Berbeda dengan cheat pada iterasi ketiga, Vice City, hingga yang paling populer San Andreas yang hanya perlu dimasukkan saat gameplay. Iterasi kelima gamenya ikuti cara yang sama dengan iterasi keempatnya, yakni menggunakan handphone/smartphone. Namun kamu juga bisa memasukkannya secara manual menggunakan tombol ~ jika kamu memainkan gamenya di PC. Melalui cheat tersebut, kamu bisa mengeluarkan kendaraan, jadi mabuk, hingga kebal selama beberapa saat. Namun seperti yang telah saya katakan sebelumnya, kamu akan kehilangan kemampuan untuk dapatkan achievement setelah melakukannya.

StarCraft II


StarCraft merupakan salah satu game strategi dari Blizzard selain WarCraft. Ia masih menggunakan mekanik yang cukup mirip dengan WarCraft, namun dengan gaya permainan super cepat dan tema fiksi ilmiah luar angkasa. Meskipun Blizzard hingga detik ini tak miliki niatan untuk membuat seri ketiganya, namun StarCraft II masih bisa dibilang masuk pada jajaran game masa kini yang tak lekang oleh waktu. Gamenya bahkan masih miliki elemen yang sama dari pendahulunya.

Sama seperti seri pertamanya, iterasi kedua dari StarCraft masih miliki kode cheat yang bisa kamu masukkan dengan menekan enter. Menggunakan kode ini akan mungkinkanmu untuk mempercepat waktu membangun markas, membuka semua fog of war atau kabut hitam yang ada di map, hingga memenangkan pertandingan secara instan.

The Sims 4


Meskipun tak bisa disebut baru, namun The Sims 4 merupakan varian terakhir dari serinya. Setidaknya setelah developer utamanya, Maxis Emeryville ditutup oleh Electronic Arts. Game yang pengembangannya dipindahkan ke tim yang mereka sebut The Sims Team tersebut miliki cheat yang bisa diaplikasikan menggunakan console command di PC, PS4, maupun Xbox One.

Kamu bisa memasukkan kode yang sama di ketiga platform tersebut melalui console command. Mulai dari menambahkan uang, membuka semua bangunan yang bisa kamu bangun, hingga melakukan tweak pada skill masing-masing sims.

Crash Team Racing: Nitro Fueled


Pernah memainkan game Crash Team Racing di PlayStation 1 dan sempat menikmati cheatnya? Jika ya, maka seri remasternya, Nitro Fueled akan hadirkan hal yang sama dengan iterasi orisinalnya. Game racikan Beenox ini masih miliki kode cheat yang bisa kamu masukkan di main menu. Nyaris semua kode cheat bisa kamu gunakan, salah satunya adalah kode untuk membuka karakter rahasia yang hanya bisa dibuka melalui cheat, Penta Penguin.

Sayangnya, tak semua cheat berfungsi seperti masa kejayaan gamenya. Beenox hanya memasukkan beberapa saja mengingat roster karakternya berubah. Kamu tak lagi bisa menikmati beberapa karakter yang sebelumnya bisa dibuka melalui cheat. Meskipun begitu, langkah Beenox patut diacungi jempol untuk kembalikan nostalgia penuh dari game yang dicintai fansnya di masa lampau tersebut.

The Witcher 3: Wild Hunt (khusus PC, wajib dimod)


Berbeda dari iterasi sebelumnya, The Witcher 3: Wild Hunt miliki konsep open world yang memanjakan mata. Tak hanya sekedar lahan kosong tanpa penghuni dan konten demi memenuhi permintaan fans semata. CD Projekt Red meracik gamenya dengan sangat detil, termasuk side quest dan misteri yang tersebar di seluruh dunianya yang luas.

Meskipun menjadi salah satu jajaran game modern, namun The Witcher 3: Wild Hunt miliki kode cheat tersembunyi yang sayangnya harus diaktifkan menggunakan mod di PC. Menggunakan modnya akan mungkinkanmu untuk membuka developer console command. Mungkinkanmu melakukan fast travel di seluruh outpost yang ada di map, hingga yang paling curang adalah memberikan item maupun senjata tanpa susah payah mencarinya. Itupun jika kamu mengetahui kode senjatanya.

XCOM 2 (PC)


Muncul sebagai seri kedua dari jajaran seri utama XCOM, Firaxis dan 2K rupanya membuka sebuah kenyataan bahwa semua yang kamu lakukan di seri pertama ternyata sia-sia. Ini dijelaskan saat perkenalan gamenya, bahwa umat manusia telah kalah dari alien yang menginvasi bumi. Membuat konspirasi baru yang wajib kamu tumpas.

Sama seperti seri pertamanya, mereka nampaknya masih mempertahankan kode cheat atau console command di XCOM 2. Namun untuk mengaksesnya kamu perlu memasukkan kode “-allowconsole” di shortcut .exe-nya. Berikanmu kesempatan untuk mengakses semua console command yang digunakan developer untuk mengetest gamenya. Mulai dari tak terkalahkan hingga dapatkan resource untuk upgrade markasmu.

Spyro: Reignited Trilogy


Bagi kamu yang sempat memainkan PlayStation 1, tentu akan mengenal salah satu game buatan Insomniac Games berjudul Spyro. Sejak lisensinya berpindah tangan ke Activision, mereka menggunakannya untuk membuat game baru berjudul Spyro: Reignited Trilogy di bawah tangan dingin Toys for Bob.

Sama dengan Crash Bandicoot N. Sane Trilogy yang juga dimiliki Activision, Spyro: Reignited Trilogy tak hanya hadirkan tampilan visual baru, namun juga bawa semua seri klasiknya dari iterasi pertama hingga ketiga. Menariknya, mereka masih pertahankan kode cheat yang bisa kamu masukkan dengan cara masuk di menu pause. Dari sini kamu bisa membuat kepala Spyro jadi besar atau kecil, memberikannya kacamata hitam, hingga memberikanmu nyawa sejumlah 99.

Saints Row IV


Jika kamu menyukai Grand Theft Auto sebagai game open world realistis yang tekankan pada drama kehidupan para tokoh utamanya yang berprofesi sebagai penjahat. Maka kamu akan menyukai Saints Row dengan segala kekonyolannya. Namun, berbeda dengan iterasi terdahulunya, Saints Row IV merupakan lanjutan langsung dari seri ketiganya, setidaknya itulah yang berusaha Volition jelaskan ke player.

Kamu di sini akan berperan sebagai presiden Amerika Serikat yang akan miliki kekuatan supranatural setelah diculik oleh alien. Tenang, kamu masih menjadi ketua dari gengmu. Bahkan misi menyelamatkan dunia dari invasi alien adalah jalan ninja yang harus kamu tempuh.

Namun semua tak lengkap jika tidak didukung dengan kode curang yang akan memperkuatmu. Menariknya, kode ini takkan kamu masukkan melalui menu khusus atau dalam permainan seperti seri lawas Grand Theft Auto. Cheat ini telah disediakan oleh developer dalam menu pause, namun kamu wajib memasukkan kodenya sendiri. Kamu bisa dapatkan senjata, membuka semua skillmu, hingga one hit kill. Namun perlu diingat, mengaktifkannya akan menghilangkan auto-save dan achievement. Meskipun begitu, kamu masih bisa melakukan manual save.

Red Dead Redemption 2


Dari sekian banyak game baru, Red Dead Redemption 2 mungkin merupakan game paling baru yang miliki kode cheat. Menariknya, beberapa kode ini takkan bisa dimasukkan tanpa syarat, karena kamu harus membeli setiap koran di loper koran terdekat yang umumnya muncul di kota.

Kamu bisa miliki peluru tak terbatas, membuka semua mapnya yang super luas, hingga menambahkan uang untuk jiwa miskinmu. Sayangnya, selain kehilangan kemampuan untuk dapatkan achievement, memasukkan kode sakti tersebut juga akan menghilangkan kemampuan untuk lakukan save game. Jadi, sepertinya kamu bisa memasukkannya setelah menjelang chapter terakhir ceritanya.


Itulah game baru atau masa kini yang masih mempertahankan kode cheat yang bisa diakses oleh publik. Apakah ada game yang kami lewatkan? Kamu bisa mencantumkannya dalam komentar setelah artikel ini kami bagikan ke Facebook.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor since Gamebrott was established in 2015. Specializing in Japanese Games, JRPG, Shooter, PC, and console news and reviews. If you have PR related to video games you can contact him at [email protected]