7 Video Game dengan Keputusan Tersulit yang Membuat Kamu Pertanyakan Moralitas Kalian

Game dengan Keputusan Tersulit

Game dengan Keputusan Tersulit – Walau video game bisa dikatakan sebagai sebuah medium untuk refreshing dan lari dari pahitnya kenyataan hidup. Tidak sedikit juga game yang mempunyai elemen filosofis didalamnya. Beberapa game mempersembahkan sebuah dilema yang akan menguras sisi kemanusiaanmu dan mempertanyakan soal kejamnya kehidupan.

Game seperti ini memang tidak banyak, tapi punya kualitas yang baik soal penyajian cerita serta moral yang harus diambil oleh pemain dalam menentukan nasib karakter dan dunia dalam game tersebut.

Terkadang pemain dalam artian ini kalian, harus mengambil keputusan sulit yang kelihatannya sama-sama penting dan berat. Sehingga memunculkan sebuah pilihan yang dilematis dan jadi most toughest choice game menurut para gamer luar negeri.

Pada artikel kali ini kami akan mempersembahkan beberapa game dengan keputusan tersulit yang membuat kalian terkena mental karena pilihan yang dilematis. Apapun pilihannya, kalian akan mempertanyakan moralitas dan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan selamanya.

Sedikit catatan: Artikel ini mengandung spoiler tentang cerita untuk game yang kami masukkan dalam list. Membaca artikel ini berarti kalian telah mengerti hal ini dan tidak masalah terkena spoiler.

Video Game dengan Keputusan Tersulit Bagi Player

Game yang tawarkan keputusan sulit

Berikut ini 7 game dengan keputusan tersulit yang membuat kamu pertanyakan moralitas:

1. Heavy Rain

Memilih bunuh atau ampuni untuk selamatkan Shaun

Game ini adalah salah satu game interaktif yang banyak memberikan ending berbeda di gamenya. Menceritakan Ethan yang harus menyelamatkan anaknya Shaun dari Origami Killer. Oleh karena itu dia harus mengumpulkan beberapa petunjuk yang termasuk salah satunya harus seorang bandar narkoba.

Bejatnya adalah bandar tersebut memohon kepada player dalam hal ini Ethan untuk mengampuninya karena dia masih punya dua anak putri terlihat dari foto kedua anak tersebut. Disinilah keputusan pemain menentukan nasib si bandar narkoba, apakah kalian mengampuninya atau malah membunuhnya untuk dapatkan petunjuk Shaun.

2. Fable 2

Tiga pilihan yang bisa kalian pilih

Dalam game ini, pemain diberikan pilihan untuk menjadi seorang pahlawan atau penjahat dengan berbagai pilihan yang ada dalam game. Namun puncaknya adalah pada penutup game ini dimana player diberikan 3 pilihan: Sacrifice (pengorbanan). Love (kasih), atau Wealth (kekayaan).

Kalau kalian memilih sacrifice, kalian akan menghidupkan kembali ribuan orang tak berdosa yang sudah mati namun kalian tidak bisa menemui keluarga kalian. Kalau memilih Love, maka kebalikannya yaitu kalian akan bertemu kembali dengan keluarga kalian namun ribuan orang tadi tetap mati.

Sedangkan pilihan ketiga Wealth lebih sadis lagi kalian mengorbankan kedua pilihan tadi untuk 1 juta uang koin. Pilihan mana yang akan kalian pilih?

3. Saints Row 4

Kiri hapus kanker dan kanan hapus kelaparan dunia

Saints Row kerap disebut sebagai GTA versi aneh yang didalamnya banyak memunculkan unsur diluar nalar seperti alien misalnya. Di awal game, kalian yang berperan sebagai presiden AS dihadapkan dengan pilihan menghilangkan penyakit kanker di dunia atau atasi kelaparan seluruhnya. Dengan pilihan seekstrim dan seberat ini, tentu pilihan apapun terasa benar.

Pilihan yang dilematis karena jika memilih menghilangkan kanker maka kalian akan menyelamatkan hidup orang yang terkena kanker namun jika kalian mengatasi kelaparan dunia, maka tidak ada lagi yang perlu menderita karena kebutuhan makan. Kalau kalian pilih yang nama?

4. Fallout

Ditugaskan mencari water chip

Salah satu keunikan game Fallout adalah elemen RPG yang kental. Karena itulah ada beberapa pilihan dilematis yang bisa kalian pilih. Seperti pada quest mencari water chip untuk menyelamatkan vault kalian dari kekurangan air bersih.

Kalian sebenarnya bisa menemukan water chip ini dengan mudah jika kalian merampasnya dari pemukiman ghouls. Hanya saja dengan begitu para Ghouls yang baik ini akan kehilangan water chip mereka dan mereka lambat laun akan mati, atau kelangsungan hidup vault kalian. Pilihan yang berat.

5. Ghost of Tsushima

Jin Sakai dan Shimura

Mengikuti keberhasilan Jin Sakai dalam mengalahkan penjajah Khotun Khan adalah sebuah drama keluarga yang kental. Jin yang sudah menyelamatkan pamannya malah kini menjadi buronan keshogunan. Utusan yang disuruh untuk memenggalnya tidak lain adalah paman Jin sendiri.

Jin pun bertarung melawan pamannya walau secara terpaksa. Dan begitu Jin memang, pemain dibebankan pilihan untuk membunuh sang paman atau mengampuninya. Pilihan yang sulit hanya saja ujungnya bakal sama saja tetap menjadi buronan keshogunan.

6. Mass Effect

Ashley atau Kaiden

Pada penghujung permainan di seri pertama Mass Effect, player dibebankan sebuah pilihan dimana kalian hanya bisa memilih menyelamatkan salah satu dari squadmates kalian. Ashley atau Kaidan. Lagi-lagi pilihan yang berat karena namanya nyawa tentu sama saja berharganya.

Selain seri pertama, ending di game Mass Effect 3 juga memberikan dilema yang cukup besar lantaran kalian diberikan 3 pilihan (teknisnya 4) dimana kalian bisa menghancurkan semua synthetic life, atau Control ending dimana Shepard mengorbankan dirinya, dan ending Synthesize yang menggabungkan makhluk organic dan synthetic.

7. Life Is Strange

Selamatkan Chloe atau Arcadia Bay

Jika kalian diberikan pilihan di Life is Strange untuk menyelamatkan 1 kota atau 1 orang tersayang, pilihan tersebut tentu tidak segampang dikira. Di game ini kalian akan diberikan pilihan untuk menyelamatkan Arcadia Bay dari serangan tornado atau memilih menyelamatkan Chloe.

Walau nyawa 1 orang terlihat tidak signifikan dibanding nyawa 1 kampung, tapi dengan orang tersebut adalah orang yang kita sayangi, pilihan ini sekilas langsung menjadi beban mental yang memberatkan dan menjadikan moralitas kalian sebagai taruhannya.

Video Game dengan Keputusan Tersulit Lainnya

Game keputusan sulit lainnya

Selain beberapa game diatas, masih ada game yang punya keputusan sulit lainnya dan tidak kalah menarik, seperti:

Jadi itulah beberapa game terbaik membuat keputusan tersulit yang akan menghantui kalian ketika tidur. Apakah ada game lain yang juga membuat kalian mempertanyakan moralitas? Beri tahu kami di kolom komentar ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version