15+ Game Horor Jepang Terbaik yang Bikin Kalian Merinding

Game Horor Jepang Terbaik

Game Horor Jepang Terbaik — Seperti yang kita ketahui, game horor yang berasal dari negeri Sakura banyak diminati kalangan gamer. Meski game dengan genre ini terdiri dari berbagai format dan subgenre lainnya, developer Jepang selalu memasukkan unsur unik dan cerita yang menarik hingga membuat game tersebut dapat diminati oleh para pemain dan tentunya telah ahli dalam genre horor selama bertahun – tahun.

Nah, dalam artikel kali ini, kami bakal membagikan 15+ game horor Jepang terbaik yang bikin kalian merinding dan pastinya senam jantung!

Disclaimer: List game horor ini berfokus pada game bertemakan Jepang ataupun dibuat oleh developer Jepang.

Game Horor Jepang Terbaik

Game Horor Jepang terbaik

Ada banyak sekali game – game horor Jepang yang bisa kalian mainkan. Mulai dari seri terlama hingga terbaru yang telah hadir di platform next-gen. Berikut list gamenya di bawah ini.

1. Resident Evil Series

Resident Evil series

Resident Evil series merupakan game horor buatan Capcom, yang menceritakan beberapa karakter utama yang mencoba menyelamatkan diri dan bertahan hidup dari kepungan para zombie yang terkena virus mengerikan dan menular setiap menggigit mangsanya dengan insting seperti hewan. Seri pertamanya dirilis pada tahun 1996 yang juga dirilis untuk konsol Playstation, dan game ini telah memasuki seri ke-8 di mana kita sebagai Ethan Winters harus menyelamatkan Rose Winters yang diculik ke desa terpencil nan misterius.

2. Fatal Frame Series

Fatal Frame series

Game horor Jepang terbaik satu ini juga nggak boleh kalian lewatkan, brott. Fatal Frame series digarap oleh Koei Tecmo yang dirilis di tahun 2001 untuk platform PS2, dan kali ini seri game keempat berjudul Mask of the Lunar Eclipse telah mendapatkan remake yang akan rilis di tahun 2023 nanti. Game ini akan mengajak kalian ikuti petualangan horor yang membuatmu harus berhadapan dengan ragam makhluk halus nantinya.

3. Glass Rose

Glass Rose

Glass Rose merupakan game horor terbaik buatan Capcom yang menceritakan tentang Jepang di tahun 1929. Dalam game ini, kalian akan melakukan perjalanan melewati waktu atau time travelling yang bakal membuatmu berhadapan dengan cerita maupun hal – hal horor yang berkaitan dengan kasus pembunuhan Youshinodou.

4. Siren

Siren

Siren, atau dalam bahasa Jepangnya Sairen adalah game yang dibuat oleh SIE Studio Japan di tahun 2006 lalu untuk platform PS2. Game ini berceritakan di Hanuda, sebuah tempat terpencil di pegunungan Jepang di mana ada sebuah bencana aneh yang melanda desa tersebut. Bencana itulah yang membuat Hisako Yao, kepala desa tersebut membangkitkan kembali arwah – arwah orang meninggal untuk melawan musuh yang berani masuk ke dalam desanya.

5. Silent Hill 2

Silent Hill series

Siapa yang tidak kenal oleh game horor Jepang terbaik satu ini? Silent Hill 2 merupakan game yang digarap oleh Team Silent dan didistribusikan oleh Konami, di mana seri ini dirilis di platform PS2 tahun 2001 lalu. Berceritakan tentang James Sunderland berjalan ke dalam kabut tebal kota Silent Hill demi mencari sang istri, Mary. Game ini cukup membuatmu merasa takut dan deg – degan karena banyak kejadian tak terbayangkan hingga jumpscare yang bisa buatmu shock.

Hingga artikel ini ditulis, seri keduanya telah mendapatkan remake serta tiga judul seri baru melalui livestream 19 Oktober lalu yang dikabarkan sedang dalam tahap pengembangan.

6. Corpse Party Series

Corpse Party series

Game ini adalah game horor Jepang bertemakan survival yang dirilis pada tahun 2006 menggunakan RPG maker. Awalnya, game ini hanya tersedia untuk PC, namun akhirnya diremake kembali berjudul Corpse Party: Blood Covered dan Corpse Party Blood Covered: Repeated Fear yang bisa dimainkan di PSP dan Nintendo 3DS. Walau nuansa dua dimensinya cukup sederhana, kalian tak boleh tertipu dengan alur ceritanya yang aneh, disturbing, dan menegangkan, ditambah dengan desain audio yang semakin memperjelas efek seramnya.

7. Mad Father Remake

Mad Father remake

Remake dari game RPG horor Mad Father ini hadir di platform Switch dan juga PC. Mad Father Remake ini digarap oleh Sen, sebuah studio indie kecil yang berasal dari Jepang dan rilis di tahun 2020. Mengambil inspirasi dari Corpse Party, game ini menceritakan Aya, sang tokoh protagonis berusia 11 tahun yang menemukan laboratorium rahasia milik sang Ayah yang ternyata seorang ilmuwan gila. Game horor Jepang ini lebih berfokus pada teror psikologis daripada jumpscare yang mengejutkan.

8. Ao Oni

Ao Oni

Ao Oni adalah game horor Jepang yang dirilis pada tahun 2008 dan digarap oleh noprops. Game ini adalah escape simulator alias kamu sebagai Hiroshi, seorang siswa SMA diharuskan kabur dari kejaran makhluk biru aneh demi mencari teman – temanmu yang hilang di sebuah rumah misterius.

9. Shadow Corridor

Shadow Corridor

Shadow Corridor adalah game terbaik yang digarap oleh pengembang game indie Jepang bernama Kazuki Shiroma. Berbasiskan first-person horror, kalian akan ditantang untuk memutari labirin – labirin aneh yang membuatmu pusing, pun lingkungan sunyi nan menyeramkan hingga dikejar – kejar oleh makhluk bertopeng mengerikan bernama Noh.

10. The Evil Within Series

The Evil Within series

List rekomendasi game horor Jepang selanjutnya adalah The Evil Within. Game ini dirilis di tahun 2014 dan telah mempunyai sekuel yang rilis di tahun 2017. Dikembangkan oleh Tango Gameworks milik Shinji Mikami, game menceritakan seorang detektif bernama Sebastian Castellanos menyelidiki sebuah rumah sakit jiwa yang ternyata dikuasai oleh sosok makhluk halus nan powerful bernama Ruvik. Sedangkan seri keduanya menceritakan Sebastian mencari anak perempuannya yang hilang entah ke mana. Game ini menggabungkan unsur psikologis dan jumpscare yang bakal membuatmu senam jantung.

11. Kuon

Kuon

Kuon adalah game horor Jepang selanjutnya yang digarap oleh FromSoftware. Berlatarkan di tahun 794 – 1185, tugas para pemain adalah menyelidiki hal – hal misterius dibalut unsur menyeramkan. Hantu, iblis, hingga monster yang dapat bermutasi menjadi hal biasa yang dapat kalian temukan di game ini. Pastikan jantungmu kuat ya, brott! Karena dengan pencahayaan yang terbatas, kalian takkan pernah tahu kapan makhluk tersebut akan muncul.

12. The Nameless Game

The Nameless Game

Game horor Jepang satu ini digarap oleh Epics dan didistribusikan oleh Square Enix. Dirilis pada tahun 2008 dengan nama Nanashi no Game, game ini menceritakan tujuh gadis yang melakukan sebuah ritual aneh yang ternyata mengancam nyawa mereka dalam tujuh hari. Sebagai pemain, tugasmu adalah memecahkan ragam puzzle aneh dan mencari lokasi untuk kabur dari tempat tersebut. Game ini juga mengeluarkan sekuel bernama The Nameless Game: Me yang rilis di tahun 2009 beserta sekuel ketiga di tahun 2012.

13. Zero Escape

Zero Escape

Zero Escape merupakan adaptasi trilogi visual novel dengan judul yang sama. Judul untuk seri pertamanya adalah Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors yang rilis di tahun 2009, diikuti Zero Escape: Virtue’s Last Reward ditahun 2012, dan Zero Time Dilemma yang rilis tahun 2016. Alur ceritanya cukup mirip dengan permainan escape room namun dengan unsur ekstrim, di mana pemain akan terjebak di suatu tempat dan pilihan dalam game akan berpengaruh pada karakter lainnya hingga menimbulkan efek dilema moral yang disturbing.

14. Doki Doki Literature Club

Doki Doki Literature Club

Jangan tanya kenapa game ini bisa masuk sebagai game horor Jepang terbaik. Meskipun game ini digarap oleh Team Salvato yang merupakan developer dari luar Jepang, namun Doki Doki Literature Club sudah pasti masuk berkat gameplay-nya berbasis visual novel dating simulator yang rilis di tahun 2017 lalu.

Game ini seperti biasa mengambil tema romantis anak sekolahan yang saling jatuh cinta satu sama lain. Namun, kalian tak boleh tertipu oleh visual cantik para gadis, karena kalian akan diseret ke dalam cerita yang penuh unsur disturbing juga menakutkan yang pastinya dapat membuatmu senam jantung selama memainkannya.

15. Hanako

Hanako

Hanako adalah game horor Jepang selanjutnya yang baru rilis di tahun 2020 lalu. Digarap oleh Chilla’s Art, game ini menceritakan tiga gadis yang masih bersekolah berencana ingin mengutuk teman sekelasnya. Bukannya berhasil, mereka malah terjebak di sekolah dan terkena kutukan Hanako. Game ini membangun atmosfir yang seram didukung audio suara langkah kaki atau teriakan dari kejauhan, yang tentunya menambah ketakutan para pemain yang harus kabur dari tempat tersebut.

Game Horor Jepang Terbaik Lainnya

Ini dia judul game horor lainnya!

Selain judul – judul game horor Jepang di atas, masih banyak game lainnya yang dapat kalian mainkan untuk senam jantung berjamaah. Di antaranya adalah:

Oke, itulah dia 15+ game horor Jepang terbaik yang bisa buat kamu merinding dan senam jantung selama memainkannya. Kira – kira mana nih game horor Jepang yang ingin kalian mainkan?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Horor atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version