Game Indivisble Rilis di Switch Tanpa Diketahui Developer dan Publisher

indi1

Dalam dunia game, beberapa developer jika tidak mampu mengumpulkan dana sendiri, mereka biasanya mengadakan crowdfunding. Beberapa platform web menyediakan crowdfunding, seperti Kickstarter, Ulule, indiegogo, dll. Biasanya untuk game, pembayaran yang dibayarkan akan ditukar dengan akses terhadap game dan game itu sendiri baik, fisik maupun digital.

Dilansir dari game gamesindustry, masalah ini dimulai 28 April 2020, dimana game Aksi metroidvania RPG karya Lab Zero, Indivisible diluncurkan pada Nintendo Switch eshop Amerika Utara hari tersebut, Hal tersebut mengejutkan semua orang termasuk developer.

“Merasa seperti kamu ketinggalan pengumuman?” kata pimpinan proyek Mike Zaimont di Twitter hari itu. “Kamu tidak sendirian, tim kami tahu karena orang-orang di Twitter mengirimi kami ucapan selamat! Aku tidak tahu! Tapi itulah yang tejadi!”

Zaimont melanjutkan di Twitter, mencatat bahwa sementara versi Switch hebat, namun versi yang diluncurkan itu adalah versi lama dari game. Dimana mereka tidak memiliki fitur yang ditambahkan baru-baru ini ke rilis platform lain dari permainan, termasuk co-op dan New Game +.

Dia menyimpulkan dengan meminta maaf, mengatakan bahwa peluncuran “tidak mewakili standar kualitas Lab Zero” dan dirilis tanpa pengumuman tanggal rilis sebelumnya. Zaimont juga berkomentar dalam balasan kepada pengguna Twitter lain bahwa ia tidak tahu kapan kode Switch untuk orang-orang yang membiaya crowdfundingnya pada platform IndieGogo atau versi Switch fisik akan dirilis.

505 Game selaku publisher, saat itu belum mengeluarkan pernyataan resmi, meskipun mengumumkan telah mengumumkan bahwa Game tersebut telah tersedia di eshop Eropa dan versi Jepang, Korea, dan Asia Tenggara akan diluncurkan di masa depan.

Pada tanggal 1 Mei 2020, 505 Game telah merilis pernyataan, menjelaskan mengapa game itu dirilis sebelumnya. Penerbit mengatakan versi Switch dari Indivisible pada awalnya direncanakan untuk rilis pada tanggal 28 April, tetapi kemudian diputuskan untuk menunda hingga awal Mei untuk memungkinkan adanya update. Penundaan ini tidak diterapkan pada release tool atau alat perilisan pada eshop, yang telah ditetapkan secara otomatis untuk 28 April, menghasilkan peluncuran awal yang mengejutkan semua orang yang terlibat, termasuk 505 Games.

505 meminta maaf atas peluncuran yang tiba-tiba dan dampaknya terhadap orang-orang yang juga ikut crowdfunding di Kickstarter, yang belum menerima salinan digital mereka. Ini akan didistribusikan lebih awal dari tanggal peluncuran Mei yang direncanakan dan hari pertama update masih akan dirilis. Publisher mengingatkan bahwa salinan fisik untuk orang-orang yang juga ikut crowdfunding mungkin tertunda sebanyak dua bulan karena penundaan manufaktur dan pengiriman global yang sedang berlangsung.

Oleh karena itu, masalah ini jadi pelajaran besar untuk developer dan publisher yang sedang mengerjakan tanggal perilisan. Apalagi terlihat disini seolah tidak ada komunikasi yang bai kantar keduanya. Apalagi terhadap penjelasan kejadian sebenarnya yang agak terlambat dirilis, sehingga membuat penggemar juga terkejut.

Exit mobile version