20 Game Jadul Terbaik Spesial Ngabuburit Buat Bangkitkan Nostalgia di Bulan Ramadan 2024

Game Jadul Terbaik Spesial Ngabuburit

Game Jadul Terbaik Spesial Ngabuburit – Tak hanya membutuhkan game yang bagus untuk dimainkan, saat ini banyak juga gamer yang mencari game klasik jadul buat bangkitkan rasa nostalgia.

Pasalnya game jadul juga tidak kalah seru buat dimainkan dan menjadikannya sebagai sarana untuk menghabiskan waktu di bulan Ramadan. Alasan ini juga yang jadikan banyak gamer yang kepincut memainkan ulang game yang sebelumnya pernah mereka tamatkan.

Bagi kamu yang tidak pernah memainkan game lama tersebut, sekarang mungkin adalah waktu yang tepat untuk mencicipi segala game terbaik yang pernah rilis di masa lalu. Untungnya ada banyak list game terbaik yang bisa kamu coba saat ini.

Bagi kalian yang pengen kembali berlarut dalam rasa nostalgia atau hanya sekadar ingin mencari game jadul karena baru pertama kali mencobanya. Berikut ada beberapa game PC terbaik pada masanya yang telah kami kumpulkan. Dan tenang saja game di daftar ini cocok dimainkan menemani ibadah puasa dan sudah kami sortir sebelumnya.

Game Jadul Terbaik Spesial Ngabuburit yang Seru Dimainkan di Bulan Ramadan

Game Jadul Terbaik Spesial Ngabuburit yang Seru Dimainkan di Bulan Ramadan

Tanpa berbasa-basi lagi mari langsung kita mulai saja daftar game jadul terbaik kali ini, brott.

1. Final Fantasy X

Game JRPG seru

Salah satu judul JRPG yang mendapatkan perhatian besar dari kalangan gamer di tahun 2000an adalah tentu tidak lain merupakan Final Fantasy ke 10 atau biasa disingkat FFX. Meskipun sejatinya masih game Final fantasy, nyatanya seri FFX ini masih menawarkan konsep yang lebih universal dengan hadirnya elemen romansa yang lebih kental. Jadi bisa dikatakan game jadul ini menjadi salah satu seri Final Fantasy yang wajib dimainkan.

2. Shenmue

Game action adventure seru

Soal game action berantem yang jadul-jadul, mungkin kalian tidak luput dari judul bernama Shenmue. Memang game ketiganya tidak mendapatkan respon yang baik dari gamer, namun game pertamanya cukup menarik dan fresh di zamannya. Apalagi digadang sebagai pelopor fitur QTE dan openworld tentu semakin menarik untuk dimainkan sekarang.

3. Duke Nukem 3D

Game FPS seru

Satu lagi judul yang bisa dikatakan bapak dari game FPS tentu sudah wajib masuk ke daftar ini. Mengisahkan tentang Duke Nukem yang bertarung melawan alien. Yang menjadi pembedanya, adalah stage yang bisa dihancurkan oleh player. Dimana beberapa props dan environment bisa dihancurkan. Jadi apakah kalian tertarik melawan alien dan manusia yang sudah bermutasi ini?

4. Diablo 2

Game dari Blizzard

Judul klasik dari game Blizzard tentu tidak jauh dari nama besar Diablo. Mengapa tidak, gamenya sendiri merupakan salah satu judul yang membesarkan nama Blizzard selain StarCraft dan World of Warcraft.

Bercerita tidak lama setelah event di game pertama usai, kini kalian akan mengendalikan tokoh utama baru untuk mencegah kebangkitan kembali dari sang Diablo. Berbagai fitur seperti gameplay mendapatkan peningkatan dan juga cerita yang lebih seru tentunya. Gamer yang suka dengan dark fantasy mungkin wajib coba seri yang satu ini.

5. StarCraft

Game RTS dari Blizzard

Game yang bisa dikatakan hadir dan menjadikannya sebagai masa keemasan Blizzard. Tak perlu banyak perkenalan. Kalau kamu adalah penggemar RTS terlebih menyukai game sejenis WarCraft, maka game ini perlu banget jadi game pendamping kamu ketika ngabuburit bulan puasa ini.

6. Half-Life

Game FPS dari Valve

Tidak ada kata yang lebih tepat selain ‘terbaik’ untuk mendeskripsikan bagaimana pengalaman memainkan Half-Life dari Valve ini. Seperti yang kita kenal, game jadul yang satu ini tetap menjadi judul yang relevan sampai sekarang berkat hadirnya Counter Strike.

Berbeda dengan CS yang lebih kompetitif, Half-Life adalah game single player yang berisikan narasi, puzzle, dan eksplorasi. Ketenarannya sudah tidak perlu lagi diragukan dan banyak gamer yang masih menunggu sekuel diumumkan bahkan sampai detik ini.

7. Final Fantasy VIII

Siapa yang dulu mengira Squall gw banget

Walau bukan judul yang mendapatkan remake, FF8 adalah salah satu JRPG yang unik pada masanya. Bukan hanya gameplay yang unik, dari segi cerita pun bisa menyajikan pertanyaan yang sampai sekarang belum terjawab. Game ini bahkan sampai memiliki teori konspirasi sendiri yang tidak kalah menariknya. Coba mainkan, tamatkan, lalu cari deh apa konspirasi game ini.

8. Command & Conquer: Red Alert 2

Penulis dulu ketagihan main ini

Rasanya judul game ini tidak perlu lagi perkenalan lebih jauh. Kamu yang hidup dan besar memainkan game PC di tahun 2000 awal sudah pasti kenal dengan game satu ini. Sebagai game RTS, ia menyajikan gameplay layaknya game Command & Conquer pada umumnya.

9. DOOM

Pelopor game FPS modern

Pecinta game jadul genre FPS tidak mungkin tidak kenal judul ini. Apalagi jika kalian mengikuti sejarah terciptanya game First Person Shooter sejak dulu, tentu sudah tidak asing lagi sama judul satu ini. Menjadi salah satu pelopor game FPS modern yang hadir setelahnya, ia terlihat punya gameplay yang basic seperti game FPS pada umumnya.

Namun, untuk sekelas teknologi dimasa itu, DOOM adalah sebuah keajaiban teknologi dalam perkembangan game terutamanya untuk genre action FPS. Jadi bagi kalian yang bosan dengan game tembak-tembakan zaman sekarang, mungkin bisa kembali ke akarnya dan mencoba judul ini.

10. Grim Fandango

Game petualangan seru

Salah satu judul game petualangan yang wajib kalian mainkan adalah Grim Fandango. Game ini mengambil pendekatan layaknya sebuah film noir ala Hollywood. Berlatar di dunia para arwah, berkisah tentang karakter Manny yang berpetualang untuk menyelamatkan jiwa Meche dalam perjalanannya. Tema yang unik digabungkan dengan puzzle menarik adalah alasan mengapa kalian harus memainkan game yang satu ini.

11. Quake

Seri game FPS

Masih dari developer yang sama, seri setelahnya punya pendekatan yang lebih berbeda. Mulai dari engine yang digunakan sampai tampilan yang kini lebih 3D. Mengambil tema yang lebih horor dengan inspirasi dari H.P.Lovecraft berhasil membuatnya sebuah judul yang cukup fresh di masanya.

12. Call of Duty (2003)

Game FPS seru

Seperti artikel sebelumnya soal game FPS, Call of Duty berkali-kali akan masuk ke list game terbaik apalagi soal game jadul. Memang CoD sendiri sudah bukan nama yang asing bagi kebanyakan gamer apalagi yang memang pecinta game FPS. Namun potensi game yang jadi pelopor seri terbesar di dunia game ini juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Kalian akan mendapatkan gameplay yang benar-benar murni sebuah game FPS perang tanpa ada gimmick apapun.

13. Baldur’s Gate

Seru juga ini game

Tak hanya game ketiganya yang populer itu saja, game pertama ini juga sangat layak dimainkan loh. Ya, skala game ini memang tidak sebesar game terbaru dari Larian itu. Tapi, kalau soal game berdasarkan D&D yang classic, ini judul tak kalah seru kok.

14. Chrono Trigger

Game JRPG jadul

Selagi kita membahas soal game JRPG, judul klasik yang wajib masuk adalah tentu saja Chrono Trigger. Sebagai seri pertama dari Chrono Series, gamer yang masih awam tentu pertama kali familiar dengan artwork yang sama dengan Dragon Ball.

Chrono Trigger adalah hasil dari 3 orang yang merupakan  kunci keberhasilan game Square Enix dulu. Tim yang mereka sebut dengan “dream team” ini memang terkenal dengan kesuksesannya meracik game Final Fantasy dan Dragon Quest. Game ini juga menjadi game nomor 2 tersukses di Jepang, jadi sudah ada alasan yang jelas untuk mencoba mainkan game ngabuburit offline ini.

15. Command & Conquer: Generals

Game RTS jadul seru

Peminat game RTS harusnya sih sudah tidak perlu perkenalan lagi soal game ini. Apalagi jika sudah mainkan game Red Alert di list atas tadi. Sebagai game RTS, C&C Generals tidak jauh berbeda dengan judul lainya. Kalian bisa membangun markas, menyerang musuh dan memenangkan permainan.

16. Fallout 2

Game RPG seru

Fallout memang terkenal sebagai game RPG yang mengambil latar pasca perang nuklir fiktif. Seri kedua ini cukup populer dan menjadikannya lebih baik dari pendahulunya. Dengan cerita yang lebih menarik, dunia yang lebih seru untuk dieksplor, dan lebih banyak hal yang bisa dilakukan membuatnya sebagai judul klasik Fallout yang wajib dicoba.

17. Stronghold Crusader

Game RTS jadul seru

Berbeda dengan seri Stronghold pertama, pada seri Crusader latar ceritanya tidak lagi mengambil tempat di Inggris melainkan berpindah ke Timur Tengah. Dengan tambahan mode skirmish pada mode single player menjadikan game RTS yang lebih menarik dari seri sebelumnya.

18. Shin Megami Tensei 3 Nocturne

Game turnbased JRPG seru

Berikutnya adalah salah satu seri game besutan Atlus yaitu SMT series. Nocturne sendiri merupakan game yang bisa dikatakan game sulit. Memang seharusnya game ini tidak masuk dalam list game ngabuburit, namun judulnya terlalu seru untuk kalian lewati apalagi kalian yang memulai perjalanan seri SMT dari franchise Persona yang baru-baru seperti P5 Royal. Jadi penulis sendiri sangat merekomendasikan Nocturne sebagai game yang perlu kalian mainkan.

19. Silent Hill 2

Game survival horror seru

Memang versi remakenya sedang dalam tahap pengerjaan. Namun, sembari menunggu tidak ada salahnya mencoba memainkan versi originalnya yang merupakan sebuah game klasik terbaik untuk urusan survival horror.

Berbagai elemen seperti plot yang menarik serta mengambil berbagai simbolisme turut menjadikannya sebuah game yang wajib dicoba sekali dalam seumur hidup.

20. Secret of Mana

Game JRPG seru dimainkan

Memiliki judul Seiken Densetsu 2 untuk pasar Jepang, game JRPG ini berputar haluan dari gameplay turn-based yang memang populer di kalangan game JRPG di masa itu dan menggunakan sistem yang lebih action oriented. Jadi bila kalian menginginkan game JRPG jadul yang tidak melulu pure turn-based, mungkin judul ini cocok kalian coba.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game terbaik atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version