12 Game Metroidvania Terbaik Spesial Ngabuburit yang Bisa Kalian Coba di Bulan Ramadan 2023

Game Metroidvania Terbaik Spesial Ngabuburit

Metroidvania adalah sebuah subgenre dalam istilah game yang mungkin tidak banyak gamer tahu. Setidaknya genre ini lebih niche dibanding game bergenre Action atau FPS contohnya. Tapi bukan berarti game berjenis ini bukalah game yang tidak seru dan tetap punya pasarnya tersendiri.

Istilah Metroidvania merupakan gabungan dari dua game sebenarnya. Game yang dimaksud adalah game Metroid yang hadir di konsol Nintendo serta game Castlevania, dimana kedua game tersebut adalah game yang cukup jadul. Kesamaan gameplay kedua judul game ini menghadirkan istilah baru Metroidvania yang sejatinya adalah sebuah game platformer dengan bumbu puzzle didalamnya. 

Game Metroidvania Terbaik Spesial Ngabuburit di Bulan Ramadan 2023

Game bergenre Metroidvania terbaik yang bisa kalian coba

Meskipun punya playerbase yang tidak banyak, nyatanya masih ada saja yang mencari judul game Metroidvania PC terbaik yang bisa dimainkan sembari melakukan aktivitas ngabuburit. Bila kalian adalah orang yang seperti itu, inilah sejumlah game Metroidvania terbaik yang bisa kalian coba selama bulan puasa 2023.

Perlu jadi catatan beberapa game tidak bisa dimasukkan karena berbagai unsur yang sekiranya bisa mengganggu ibadah di bulan puasa, maka dari itu beberapa judul alternatif dipilih, namun tenang saja game tersebut tetap bagus kok untuk dimainkan. Biar tidak penasaran mari kita mulai saja.

1. Hollow Knight

Game prajurit Hollow

Langsung saja kita buka dengan game PC terbaik yang sudah jadi nama besar tersendiri di komunitas pecinta game berjenis ini. Selain gaya desain yang khas, cerita serta gameplay juga menjadi poin utama yang membuatnya menarik. Kalian berperan sebagai seekor prajurit serangga yang berpetualang di Hallownest, sebuah kerajaan yang terjangkiti Infection. Berbagai intrik dan cerita mulai terkuak dan ditemani dengan gameplay seru sudah cukuplah untuk membuatnya jadi game terbaik di subgenre ini.

2. Salt and Sanctuary

Game soulslike dipadukan Metroidvania

Menggabungkan genre Metroidvania dengan souls-like? Game ini mungkin bisa jadi tantangan sendiri bagi yang menginginkan game susah buat temani ngabuburit kamu. Tapi jangan sampai emosi sendiri karena kesusahan agar tidak membatalkan puasa ya, brott.

Menceritakan tentang tokoh utama cerita yang mengantarkan putri kerajaan untuk menikah di kerajaan tetangga. Ditengah perjalanan dengan kapal, mereka mengalami kehancuran pada kapal dan menyebabkan sang tokoh utama terdampar di suatu pulau. Perjalanan unik pun ditempuh dan penuh dengan cerita yang menarik serta gameplay yang sulit.

3. Record of Lodoss War Deedlit in Wonder Labyrinth

Game Record of Lodoss War

Seperti yang kita kenal, Record of Lodoss War mengambil setting sama dengan novel berjudul sama yang sudah hadir sejak tahun 80an. Latar fantasi ini menjadikannya cocok untuk dibuatkan dalam medium game, dan kali ini hadir dalam bentuk game metroidvania. Tidak hanya itu, penulis dari seri aslinya juga menjadi supervisor untuk game ini. Jadi bila kalian memang fans seri ini, sudah pasti harus mencoba memainkan game yang rilis di tahun 2019 lalu.

4. Touhou Luna Nights

Game Touhou yang bukan danmaku

Touhou memang lebih terkenal dengan game danmaku atau bullet hell-nya. Tapi nyatanya franchise ini tidak berhenti di satu genre saja dan merilis juga game bertipekan Metroidvania. Mengambil sudut pandang Sakuya Izayoi yang terlempar ke dunia paralel dan kehilangan semua kekuatannya, dia harus berpetualang dan mengembalikan kekuatannya secara perlahan. Kombinasi game platformer dan karakter favorit dari Touhou ini menjadikan game ngabuburit offline yang wajib dicoba oleh fans maupun bukan fans sekalipun.

5. Ori and the Blind Forest

Game yang cocok dimainkan di saat ngabuburit

Salah satu judul yang cukup populer adalah Ori. Jika membahas soal genreMetroidvania , tentu pada setuju Ori bisa masuk list. Selain game yang lebih kasual dan juga tema yang lebih simpel dan cocok dimainkan anak kecil. Game ini juga memberikan visual yang unik dengan cerita ala buku dongeng. Kalian mengikuti cerita dari Ori, guardian spirit yang berpetualang setelah hutan tempat tinggalnya kering akibat sebuah kejadian. Ori pun berangkat untuk mengembalikan kondisi hutan kembali seperti sedia kala. 

6. Ender Lilies: Quietus of the Knights

Game dark fantasy fairytale

Setelah tadi membahas soal dongeng yang cocok untuk segala usia, kini mungkin tema-nya akan sedikit lebih dewasa karena ngomongin soal dark fantasy fairytale. Ender Lilies adalah sebuah game Metroidvania yang sejatinya adalah game platforming dua dimensi.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Bagian menarik adalah komponis dari game ini berlatarkan dari berbagai game yang tidak kalah menarik juga seperti komponis dari game Cytus dan Deemo yaitu Mili. Berceritakan soal Lily, seseorang yang mampu menyucikan dunia dari Blight. Ditemani dengan berbagai roh yang membantu, perjalanan membahayakan Lily dimulai dari sekarang.

7. Dead Cells

Game yang hilangkan progress

Game berjenis Metroidvania namun digabung dengan roguelike tentu bukanlah sebuah kombinasi yang mengejutkan. Yang lebih ekstrimnya, sistem permadeath juga diimplementasikan pada game ini yang menyebabkan semua progress seperti item dan uang turut hilang begitu player mati. Jadi, kalau kalian mau cari game yang mengajarkan cara menahan amarah, mungkin ini adalah game yang tepat.

8. Apotheon

Game unik tembikar Yunani

Game yang bernuansa seperti lukisan tembikar Yunani zaman kuno ini ternyata tidak sesimpel yang terlihat. Pasalnya game tersebut juga mengambil inspirasi dari genre Metroidvania yang membuatnya bisa masuk ke list kali ini. Kalian yang mencari game unik mungkin bisa memberikan judul ini sebuah kesempatan, dijamin tidak akan kebosanan.

9. Timespinner

Game bergenre Metroidvania dengan sentuhan waktu

Ingin merasakan game seperti Castlevania jadul namun pengen judul yang lebih fresh? Mungkin game ini bisa kalian coba karena selain memang sangat terinspirasi dari judul Castlevania, game ini juga menyajikan sebuah pengalaman unik game Metroidvania dengan elemen timestop. Seperti judulnya, ini akan menjadikan pengalaman bermain lebih fresh dibanding judul lainnya di genre serupa.

10. Bloodstained: Ritual of the Night

Game penerus Castlevania

Mungkin kalian sadar mengapa game ini harus masuk list. Ya benar, karena bisa dikatakan game ini merupakan secara teknisnya spiritual successor dari judul Castlevania. Mengapa begitu? Bloodstained tercipta karena mantan produser dari seri Castlevania yaitu Koji Igarashi yang menggalang dana lewat Kickstarter untuk membangkitkan lagi esensi game seperti Castlevania ke ranah mainstream. Jadi kalau kalian sudah kepincut game aslinya, tidak ada salahnya mencoba sang penerus lewat game ini.

11. Axiom Verge

Game Sci-Fi Metroidvania terbaik

Cukup dengan gothic horor dan kali ini kita berpindah ke tema yang lebih futuristik yaitu mengambil inspirasi dari Metroid. Game ini adalah sebuah judul yang patut kalian coba bila menginginkan nuansa masa depan yang kental.

Menceritakan tentang seorang saintis bernama Trace yang pasca meledaknya lab, terlempar ke sebuah dunia bernama Sudra. Berbagai plot cerita menarik tentunya tidak bisa diceritakan lewat artikel ini dan kalian harus menikmatinya sendiri. Game yang worth untuk dicoba.

12. Castlevania Advance Collection

Pelopor game Metroidvania

Tidak afdol rasanya jika tidak menutup list game ini dengan judul yang menjadi inspirasi utamanya. Ya, Castlevania Advance Collection sendiri merupakan porting dari tiga game yang dulunya hadir di Game Boy Advance.

Adapun 3 judul yang dimaksud adalah Castlevania: Circle of the Moon, Castlevania: Harmony of Dissonance, Castlevania: Aria of Sorrow dan satu judul tambahan Castlevania: Dracula Kiss. Jadi bagi yang belum sempat mencoba game ini di konsol aslinya, atau sekadar ingin merasa nostalgia. Kini sudah tersedia di PC sejak 2021 lalu.

Jadi itulah segelintir game terbaik di genre ini yang bisa kalian coba. Apakah ada yang menari bagi kalian atau sudah pernah mencobanya, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game terbaik atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version