Game Playstation 2 Ternyata Bisa Dijalankan di Xbox Series S

Screenshot 1 1

Beberapa hari yang lalu, perusahaan Microsoft baru saja merilis konsol next-gen terbarunya yaitu Xbox Series X dan Xbox Series S. Dengan spesifikasi yang terbilang high-end, Xbox Series X/S juga memberikan berbagai fitur untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan konsolnya. Namun, hal itu justru menimbulkan celah bagi para pengguna untuk “mengutak-atik” sistem pada konsol tersebut. Hal ini dibuktikan oleh pengguna konsol yang berhasil menjalankan game Playstation 2 melalui Xbox Series S.

Youtuber Modern Vintage Gamer mengunggah video yang menjelaskan bagaimana Xbox Series S bisa jalankan game Playstation 2. Pada video yang berdurasi 14 menit 26 detik itu, ia menjelaskan bahwa pada Xbox Series S terdapat fitur Developer Mode. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 di konsol Xbox One yang kemudian dibawa kembali untuk Xbox Series S. Fitur Developer Mode memungkinkan konsol untuk menginstal dan menjalankan aplikasi yang berbasis Univesal Windows Platform atau disingkat UWP. Dengan ini, pengguna dapat menginstal aplikasi RetroArch untuk mengemulasikan game Playstation 2.

Sayangnya, saat ini tidak semua game Playstation 2 dapat dimainkan karena kapasitas game hanya dibatasi sampai 2 GB saja. Beberapa game yang berhasil dijalankan seperti Metal Gear Solid 2, Jak and Daxter, ICO, Shadow of the Colossus dan masih banyak lagi menunjukan performa yang cukup baik meskipun terdapat beberapa kekurangan seperti framerate yang tidak stabil serta masalah pada tekstur.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pengguna Xbox Series S. Karena dengan hanya membeli konsol tersebut seharga $299 atau sekitar Rp 4,2 Juta, pengguna dapat memainkan berbagai game terbaru serta bernostalgia dengan memainkan game zaman Playstation 2. Hal ini juga diharapkan dapat mendorong Sony untuk meningkatkan fitur Backward Compatible-nya agar pemain dapat memainkan seluruh game Playstation pada platform next-gen.


Baca juga artike-artikel lainnya terkait Xbox Series X/S serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version