Game PlayStation 5 yang Wajib Ditunggu di 2021

in ,
Game Ps5 2021

Sudah menjadi budaya Sony Interactive Entertainment untuk juga mengumumkan game eksklusif PlayStation 5 saat console tersebut diumumkan. Tentu saja, semua game takkan dirilis dalam waktu dekat karena pengembangannya membutuhkan waktu yang tak sedikit. Terlebih sejak pandemi COVID-19 melanda.

Beberapa game seperti Ratchet and Clank: Rift Apart, Gran Turismo 7, hingga Horizon: Forbidden West memang telah dikonfirmasikan untuk hadir di PlayStation 5. Namun tak sedikit yang masih terselubung dalam sebuah misteri yang belum terkuak. Kabar baiknya, tahun 2021 sepertinya akan menjadi pembuka game-game PlayStation 5 untuk memulai debutnya.

Lalu, apa saja game PlayStation 5 yang telah dikonfirmasi akan hadir tahun 2021? Apa saja rekomendasi kami? Berikut game PlayStation 5 yang wajib ditunggu di 2021.

Returnal

Game yang satu ini menjadi salah satu eksklusif PS5 yang akan tunjukkan kekuatan console teranyar dari Sony tersebut. Sayang, sejak pengumumannya, kita tidak mengetahui cerita secara spesifik tentang Returnal. Namun satu hal yang pasti, game ini bergenre Roguelike, dimana saat kamu dihidupkan kembali, dunia dan cara menyelesaikannya akan berubah.

Returnal hanya dideskripsikan akan menceritakan seorang perempuan bernama Selene setelah ia melakukan pendaratan darurat di planet alien yang mampu mengubah wujudnya. Player akan dituntut untuk melawannya dan kabur dari ancaman alien tersebut.

Returnal rencananya akan dirilis pada tanggal 19 Maret 2021 secara eksklusif hanya untuk PlayStation 5.

Ghostwire: Tokyo

Dipresentasikan oleh Creative Director Ikumi Nakamura di E3 yang pada akhirnya keluar dari Tango GameWorks, Ghostwire: Tokyo adalah game first-person action thriller teranyar dari developer The Evil Within tersebut. Gamenya menceritakan kota Tokyo yang kehilangan 99% populasinya yang digantikan oleh para arwah menyeramkan.

Player akan ditugaskan untuk menguak misteri di balik hilangnya populasi manusia di Tokyo sembari menghajar para arwah dan setan yang berkeliaran di ibu kota Jepang tersebut. Gameplay Ghostwire: Tokyo akan berkutat pada player yang bermain dalam perspektif orang pertama atau first-person dan sepertinya ia akan miliki kekuatan sihir yang bisa dikeluarkan melalui tangannya yang disebut Kuji-kiri.

Player akan bisa lakukan takedown, combo, dan serangan jarak jauh. Musuh akan bisa dibunuh menggunakan spiritual wire, ketika “core”-nya muncul. Sama seperti game action maupun RPG, beberapa musuh sepertinya juga akan miliki imunitas terhadap serangan tertentu.

Kena: Bridge of Spirits

Saat pertamakali trailernya diumumkan, Kena: Bridge of Spirits sontak membuat ribuan fans berdecak kagum berkat animasi yang developer implementasikan. Hal ini bukan menjadi sebuah kejutan mengingat developernya sendiri, Ember Lab merupakan studio animasi yang telah berkarir selama bertahun-tahun. Namun debut pertamanya sebagai developer video game melalui Kena: Bridge of Spirits sepertinya akan mewarnai penikmat PlayStation 5 tahun ini.

Kena: Bridge of Spirits menceritakan seorang perempuan pemandu arwah bernama Kena yang akan membantu para arwah yang terperangkap di dunia nyata dan astral karena trauma atau urusan yang belum selesai. Kena juga diceritakan miliki tujuan untuk pergi ke kuil yang terletak di pegunungan demi menguak misteri kenapa para arwah nampak bermasalah. Dalam perjalanannya, ia akan bertemu makhluk bernama Rot yang akan membantunya mengeksplorasi dunia yang ia jelajahi.

Gamenya direncanakan untuk rilis pada kuartal pertama tahun 2021 nanti atau sekitar bulan Januari-Maret karena pengembangannya yang semakin lambat akibat COVID-19.

Horizon: Forbidden West

Sukses dengan iterasi pertamanya, kisah Horizon: Zero Dawn nampaknya masih akan terus berlanjut. Hal ini karena ending ceritanya yang masih sinyalkan kelanjutan kisah Aloy dalam menguak misteri para machine. Benar saja, Guerrilla Games serius melanjutkan kisahnya dalam Horizon: Forbidden West.

Gamenya nampak didesain sama persis dengan iterasi sebelumnya. Di sini, Aloy akan mengeksplorasi sebuah area baru bernama Forbidden West untuk menguak rahasia masa lalu sembari menghadapi musuh baru dan berteman dengan beberapa suku yang mendiaminya.

Sony sendiri tidak mengkonfirmasikan kapan Horizon: Forbidden West akan dirilis. Mereka hanya menjelaskan bahwa gamenya akan diluncurkan pada pertengahan-akhir 2021. Dengan kata lain kita harus menunggunya antara bulan Juli-Desember 2021 nanti. Namun dengan situasi yang masih kacau seperti ini, kemungkinan tanggal tersebut berubah sangat besar terjadi.

God of War: Ragnarok

Reboot tahun 2018 dari God of War yang fantastis buat Sony Santa Monica melanjutkan kisah Kratos di iterasi selanjutnya yang saat ini kita ketahui dengan judul Ragnarok. Belum jelas seperti apa detil ceritanya, namun dasar kisahnya akan meliputi Kratos dan anaknya, Atreus untuk menghadapi musuh baru saat Ragnarok semakin dekat.

Di akhir cerita God of War 2018 kemarin, keduanya dipertemukan dengan dewa petir Thor. Namun sepertinya pertemuannya takkan berjalan dengan damai. Menurut trailernya, bulan Juni 2020 kemarin, Kratos nampak mengatakan pada Atreus untuk persiapkan dirinya. Indikasikan bahwa kisah selanjutnya akan fokus pada dewa Nordik.

Belum jelas kapan gamenya akan dirilis meskipun di trailernya secara gamblang dituliskan tahun 2021, namun dengan adanya COVID-19, semuanya mungkin bisa berubah.


Itulah game PlayStation 5 yang wajib ditunggu di 2021. Game apa saja yang kamu nantikan untuk tahun ini? Atau mungkin kamu masih menunggu beberapa judul seperti Ratchet and Clank: Rift Apart dan Gran Turismo 7? Cantumkan semua pendapatmu di kolom komentar di bawah.

Saat ini website kami menggunakan Disqus untuk memberikan komentar, kamu bisa scroll ke bawah dan masukkan komentarmu. Kamu tak perlu susah-susah menunggu kami sharing artikel ini di Facebook hanya untuk berkomentar.

Ingin membaca artikel seperti ini lagi? Kamu bisa mengunjungi laman G|List kami untuk tahu apa saja yang ada di industri ini yang mungkin belum pernah diceritakan sama sekali melalui berita atau yang lain.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Weird and have passive ability to easily forgotten by people. Multi-platform gamer with PC as his main platform while PlayStation in the second. RPG, MMORPG (any nation), JRPG (JP, EN), FPS, TPS are his main courses. Moving forward, not backward, and evolving without too long dwelling to the past. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).