10 Game PS1 Genre FPS Terbaik yang Seru Dan Gokil Dimainkan Ketika Kecil

Game ps1 genre fps terbaik

Game PS1 Genre FPS Terbaik — Sejak kemunculannya pertama kali di tahun 1994, konsol PlayStation 1 (PS1) menjadi platform yang benar – benar mengubah pengalaman bermain para gamer saat itu sebab ia mampu membawa dunia 3D yang realistis untuk pertama kalinya.

Salah satu genre yang paling laku di konsol ini adalah genre First-Person Shooter atau FPS, yang mana ini diikuti dengan kesuksesan konsol PS1 pada saat itu. Bahkan, dapat dibilang bahwa PlayStation menjadi rumahnya para FPS klasik juga menjadi awalan berkembangnya FPS zaman kini.

Game PS1 Genre FPS Terbaik

Berikut ini game FPS di PS1 yang seru dan bikin nostalgia:

10. Jumping Flash! 2

Daftar ini dibuka oleh Jumping Flash 2. Meskipun lebih cocok dibilang sebagai game platforming, tetap game ini masih bisa masuk ke dalam daftar sebab mekanisme first-personnya. Di game ini, kalian mengontrol seekor kelinci robot yang terus melompat sambil menembak.

Sejatinya, Jumping Flash! 2 mirip dengan pendahulunya dimana ia hadir dengan perspektif first-person dan pemain bisa bergerak bebas di dunia 3D dan memutar kamera ke segala arah. Karakter dari User Interface game ini juga mirip dengan yang pertama.

9. Star Wars: Dark Force

Lisensi Star Wars telah digunakan untuk membuat banyak video game yang kece. Kebanyakan dari game-nya ini berfokus pada Jedi dan kisah yang telah ada di film-nya. Namun, Dark Forces memilih untuk fokus pada FPS dan kisah yang berlatar waktu satu tahun setelah kejadian yang ada di film.

Protagonis di game ini adalah Kyle Katarn, seorang tentara bayaran yang bekerja untuk Rebel Alliance. Ia menemukan Proyek Dark Trooper rahasia milik Galactic Empire dimana melibatkan banyak pengembangan droid tempur baru dan juga stormtrooper berlapis baja.

8. Lifeforce Tenka

Selanjutnya ada Lifeforce Tenka yang dikembangkan oleh mantan tim developer dan publisher Inggris Psygnosis yang terkenal akan garapan mereka yang berjudul WipeOut, Lemmings, dan Destruction Derby.

Lifeforce Tenka berlatar setting futuristik dimana pemain harus melawan para robot. Salah satu fitur uniknya adalah dimana pemain tidak bisa mengambil senjata yang lebih baru dan kece seperti kebanyak game FPS lainnya. Melainkan menemukan modifikasi untuk meningkatkan senjata yang mereka miliki.

7. 007: The World Is Not Enough

Selanjutnya ada game dari film-nya si James Bond, 007: The World Is Not Enough. Merupakan game FPS yang dikembangkan oleh Black Ops Entertainment berdasarkan filmnya di tahun 1999. Dirilisnya ia ke PlayStation juga tak lama setelah game ini diumumkan di Nintendo 64.

Disini pemain berperan sebagai James Bond dan ditugaskan untuk menyelesaikan 11 misi. Setiap misi, pemain harus menyelesaikan objective sambil menghabisi para musuh. Adapun objective-nya sendiri seputar menyelamatkan sandera, menghancurkan kendaraan, sampai mengumpulkan item.

The World Is Not Enough merupakan suksesor dari garapan Black Ops lainnya, Tomorrow Never Dies, dimana ia menggunakan engine yang lebih maju. Dimana di sini gadgetnya lebih banyak, gameplay yang ketat, serta musuh AI yang lebih cerdas. Sayangnya, game ini sempat mendapat kritikan karena tidak adanya fitur multiplayer.

6. Alien Trilogy

Masih dengan game yang diadaptasi dari film, Alien Trilogy. Di awal tahun 1994, Acclaim mengumumkan bahwa Alien Trilogy adalah game pertama yang menggunakan teknologi 3D motion capture yang dikembangkan oleh tim Advanced Technologies Group.

Di game ini, kalian berperan sebagai protagonis dari film Alien bernama Ellen Ripley. Alien Trilogy mengambil banyak elemen dari serial filmnya, seperti facehugger, chestbursters, dog alien, adult alien, dan Ratu Alien.

Game ini terdiri dari 30 level dan 3 Ratu Alien sebagai bos. Senjata yang dihadirkan juga ada berbagai macam, termasuk rifle dari film Alien serta lampu pundak yang bisa digunakan oleh pemain.

5. Quake II

Quake II mengajak pemain bermain sebagai seorang anggota marinir bernama Bitterman yang ikut dalam “Operasi Alien Overlord“, sebuah operasi untuk mencegah invasi alien ke bumi dengan cara menyerang lebih dulu planet alien ini, Strogg. Dari sebagian banyak tentara yang dikirim, Bitterman adalah personel yang berhasil selamat. Disinilah petualangan Bitterman di kota Strogg dimulai untuk menghabisi pemimpinnya.

Gameplay-nya sendiri masih sama dengan Quake pertama, hanya saja, pergerakan pemain sedikit diperlambat dan disini memiliki kemampuan untuk merangkak. Dan ada pula senjata dari Quake yang visualnya didesain ulang dan memberikan performa yang sedikit lebih berbeda.

4. Disruptor

Game ini dikembangkan oleh Insomniac Games. Dirilis pada tahun 1996 dan menerima banyak review positif dari para kritikus. Sayangnya, karena pemasaran yang rendah, penjualannya pun sama rendahnya.

Gameplay Disruptor ini sama saja seperti game first-person pada umumnya. Hanya saja, pemain memiliki fitur spesial bernama “Psionic” dimana pemain bisa melakukan beberapa ability seperti healing, shield, drain, dan lain – lain.

3. Duke Nukem: Total Meltdown

Game PS1 genre FPS selanjutnya adalah Duke Nukem: Total Meltdown atau yang biasa disingkat dengan Duke Nukem 3D. Game ini terinspirasi dari game Doom yang memiliki gameplay yang mirip.

Story yang dibawakan juga sama dengan versi original, bedanya ada episode eksklusif “Plug ‘N Pray”. Di episode ini, Duke Nukem harus melawan alien lagi dan kali ini harus menghancurkan robot terkuat yang mereka ciptakan untuk melawannya.

2. DOOM

Tentu kalian sudah tidak asing dengan game yang satu ini. Game ini diciptakan oleh pengembang id Software dan mereka memang terkenal banyak melahirkan game bertipe FPS yang sampai saat ini tetap populer. Game buatan mereka juga banyak menjadi acuan untuk game FPS modern sekalipun.

Game ini berhasil mendapatkan perhatian paling besar dari gamer di kala itu. Game yang bisa dimainkan secara multiplayer itu pun menjadi hal yang wajib dimainkan bagi gamer di tahun 90an. Sampai-sampai ada istilah DOOM addiction dan berbagai kantor ataupun kampus melarang memainkan game tersebut disaat itu.

1. Medal of Honor

Terakhir ada Medal of Honor yang menjadi penutup dari daftar game FPS PS1 terbaik. Awal kesuksesan EA yang sudah lama memikat para gamer berkat latar settingnya yang realistis dari Perang Dunia II.

Sebagaimana ciri khas EA, ada banyak karakter dan fitur yang masih terkunci. Karakter ini tidak hanya tentara yang memakai gear bermacam – macam. Pemain bisa membuka karakter William Shakespear, Winston Churchill, bahkan dinosaurus.

Medal of Honor juga hadirkan fitur multiplayer di konsol PS1 ini. Dengan mode ini, akhirnya pemain bisa temukan jawaban dari pertanyaan meme lawas: “Kalau William Shakespear vs Dinosaurus, siapa yang bakal menang?”

Itulah 10 game PS1 genre FPS terbaik yang seru dimainkan ketika kita masih kecil. Adakah game FPS PlayStation 1 yang kalian ketahui selain di daftar ini, brott? Bagikan di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version