30 Game PS2 Terbaik Spesial Ngabuburit Seru Buat Bangkitkan Nostalgia Bulan Ramadan 2024

30 Game Ps2 Terbaik

Bermain game di konsol PlayStation 2 merupakan pengalaman yang mengesankan di masa kecil kita. Apalagi kalau kita memainkan game tersebut sembari ngabuburit di sore hari ketika bulan Ramadan.

Untungnya era PS2 tidak kekurangan game seru yang cocok dimainkan ketika menjalankan ibadah puasa. Seperti apa game yang seru buat kamu icip, mari kita bahas satu persatu ya brott.

Rekomendasi Game PS2 Terbaik Spesial Ngabuburit

Apa saja game seru buat temani puasa?

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah game PS2 yang seru dimainkan dan dijamin membuat ngabuburit kalian tidak membosankan.

1. Final Fantasy X

Seri Final Fantasy yang ramai dimainkan

Seri Final Fantasy mungkin identik untuk orang yang terlalu hobi game. Tapi, tampaknya untuk seri ke 10 ini bisa jadi merupakan game FF yang paling ramah untuk orang awam. Mengangkat tema yang lebih dramatis dengan pendekatan romansa yang kental membuatnya menjadi game PS2 terbaik yang cocok dimainkan asal jangan sampai menangis saja ya, brott.

2. Guitar Hero Series

Game rhythm terbaik dimasanya

Tiada yang lebih seru dari memainkan game ritma di PS2. Apalagi dengan judul yang siapapun pasti pernah dengar. Game ini sepertinya tidak perlu lagi perkenalan lebih jauh dan kalian bisa menemukan berbagai lagu rock barat yang populer di masanya. Tinggal seberapa jago kalian memainkan game satu ini.

3. Silent Hill 2

Game horor psikologi

Kalau soal jago-jagoan psychological horror, mungkin Silent Hill 2 bisa dikatakan sebagai salah satu judul terbaik di genrenya. Dengan remake yang sedang dikerjakan, tidak ada salahnya untuk kembali mencicipi game yang menerjang batas antara kesadaran dan mimpi buruk.

4. WWE SmackDown Here Comes the Pain!

Game WWE penuh nostalgia

Jika kalian adalah pecinta game gulat atau wrestling, harusnya sudah tidak perlu perkenalan lagi soal judul berikut. Dengan roster karakter yang masih berkisar antara tahun 2003, tentu banyak sekali nama yang sangat memicu nostalgia. Secara keseluruhan ini adalah game yang sangat direkomendasikan untuk dimainkan berkat elemen wrestling yang seru serta quick action yang menarik.

5. Tony Hawk’s Pro Skater 3

Game skateboard populer

Game skateboard memang sudah sedikit terdengar gaungnya sekarang. Tapi di zaman game PS2 dulu, judul seperti ini bak jamur di musim hujan. Apalagi nama besar Tony Hawk mungkin kebanyakan dikenal oleh orang Indonesia lewat game skateboard ini. Jadi, kalau lagi cari game ngabuburit offline ya dipastikan seri Pro Skater tidak boleh sampai terlewat.

6. Devil May Cry

Dante si pemburu iblis

Lagi-lagi Capcom dengan game PS2 kerennya. Memang bisa dikatakan DMC series hadir dari serial Resident Evil yang fenomenal itu dan tidak salah menyebutnya sebagai game terbaik di PS2. Lagi nyari game aksi yang seru dimainkan, tentu pilihan ini tidak akan pernah salah. Apalagi dengan karakter sekeren Dante dan Vergil, membantai iblis tidak pernah sekeren ini.

7. Metal Gear Solid 2 Sons of Liberty

Game espionase terbaik

Game perang espionage memang bukan pilihan kebanyakan orang. Tapi jika kalian suka dengan cerita menarik dan intrik politik kental dalam sebuah game, seri ini adalah wajib hukumnya untuk dimainkan. Apalagi dengan nama besar Hideo Kojima yang terkenal dengan twist kerennya. Minusnya kalian yang tidak suka bermain stealth akan merasa jika game PS2 yang seru ini bukan untuk kalian.

8. Resident Evil 4

Game RE terpopuler

Judul RE4 sudah bukan lagi nama yang asing di kalangan gamer PS2. Apalagi dengan hadirnya versi remake dan sukses kembali menjadikan RE4 sebagai anak emas Capcom. Jadi tidak perlu ragu lagi soal game PS2 terbaik yang bisa kalian coba apalagi soal game survival horror.

9. God of War Series

Kratos dan seri pembantai dewa

Game PS2 terbaik ini sudah tidak perlu perkenalan lebih jauh lagi sepertinya. Siapa yang tidak kenal Kratos sang pembantai dewa Yunani (dan Nordik untuk saga barunya). Tidak seperti Kratos tua di seri PS4 yang lebih kalem, di seri originalnya, Kratos lebih bengis dan kejam dan tidak segan-segan membunuh semua dewa Yunani yang menghalanginya. Tapi sebaiknya beberapa bagian di-skip saja karena mungkin akan mengganggu puasa kalian, hehe.

10. Okami

Bermain sebagai Dewa di Jepang

Mencari game petualangan unik dan tertarik dengan mitologi Jepang kuno? Kombinasi keduanya bisa kalian temukan di game ini. Bagaimana kalian menyelamatkan Jepang dengan menjelma sebagai seekor serigala yang aslinya adalah dewa tertinggi di Agama Shinto yaitu Amaterasu tentu menjadi pengalamannya tersendiri.

11. Grand Theft Auto San Andreas

Game GTA paling seru

Satu lagi judul game PS2 yang legendaris di Indonesia. Apalagi kalau bukan GTA San Andreas. Meski game GTA sendiri sudah akan mencapai seri ke-6, pamor game jadul ini tidak berhenti sampai saat ini juga. Bisa dipastikan game ini masih sangat seru dimainkan apalagi dengan cheat-nya yang siapa sih tidak pernah pakai.

12. Katamari Damacy

Game puzzle seru

Harusnya game satu ini tidak perlu lagi perkenalan lebih jauh. Kalau kamu adalah penggemar game puzzle yang penuh aksi, maka game buatan Namco yang rilis di PS2 tidak akan kelewatan sama kamu.

13. Shadow of the Colossus

Berburu para titan

Terkenal dengan twist-nya, game besutan Sony, Japan Studio, dan Team Ico ternyata cukup populer juga di Indonesia terlebih bagi yang menyukai game berjenis aksi petualangan. Namun jika kalian belum pernah memainkan salah satu game PS2 terbaik berikut, sebaiknya coba dari sekarang karena dijamin tidak akan menyesal cuma jangan sampai kesal saja sama musuh sebenarnya dari game ini.

14. Burnout Revenge

Game balap seru

Game balap memang selalu ada peminatnya, apalagi jika membahas game balap dari Burnout. Dimana kalian tentu bisa menghancurkan mobil lawan dan tidak membuat game menjadi monoton dengan hanya balapan secara normal layaknya game balap pada umumnya. Apalagi dengan mode Eliminator, siap menjamin kalian semakin terpacu untuk menang.

15. Beyond Good & Evil

Mana sekuelnya nih

Sambil menunggu sekuel yang tah kapan rilis, mungkin kamu ingin bernostalgia sejenak dengan memainkan game pertamanya di PS2. Masih merupakan salah satu game action yang cukup worth buat dimainkan ulang di tahun 2024 ini.

16. Shin Megami Tensei: Persona 4

Game JRPG yang populer dimasanya

Judul besar Persona tampaknya sudah mulai lepas dari nama Shin Megami Tensei. Dan bisa dikatakan ini adalah judul terakhir yang masih menggunakan embel SMT di game Persona. Walau memang P5 Royal adalah game yang lebih superior secara mekanik, namun dari sisi cerita P4 ini tidak kalah serunya dan menawarkan nuansa yang berbeda dari game berlatar di Tokyo itu.

17. Ratchet & Clank: Going Commando

Game Ratchet & Clank terbaik

Dengan banyaknya seri game Ratchet & Clank, rasanya bingung mau mulai memainkan dari yang mana. Tapi, kalau membahas mana yang terbaik, jawabannya cuma satu yaitu Going Commando.

18. Mortal Kombat Shaolin Monks

Game Mortal Kombat namun petualangan

Mortal Kombat memang sangat identik dengan game fighting. Namun sebenarnya Shaolin Monks sendiri merupakan game petualangan dimana tentu sangat berbeda dengan citra game MK. Bagi yang penasaran bagaimana sebuah game fighting menjadi genre petualangan, kalian harus setidaknya coba game ini.

19. Ico

Ico

Sebelum adanya game Shadow of Colossus yang populer itu, terlebih duluan hadir game ini. Dari developer yang sama, game inilah yang menjadi inspirasi berbagai game populer lainnya seperti The Last Guardian dan Colossus yang kita bahas tadi.

20. Kingdom Hearts

JRPG dengan sentuhan karakter Disney

Mungkin kalian pernah merasa aneh jika sebuah game Jepang yang bisa dikatakan karakternya mirip dengan game Final Fantasy bisa berada satu frame dengan karakter ikonik dari Disney seperti Mickey Mouse, Donal Bebek dan lainnya. Nyatanya kedua campur aduk ini bisa memberikan ide yang cukup fresh dan seperti belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Gamenya sendiri juga tipikal yang punya cerita ala JRPG dan tentunya tidak akan membosankan namun perlu diperhatikan jika gamenya sendiri punya sekuel yang cukup berbelit dan tidak semuanya tersedia di PS2.

21. Kingdom Hearts II

Sekuelnya juga tak kalah seru

Nah, selain game pertamanya. Tidak ada salahnya kalau mencoba sekuel yang kebetulan juga rilis di PS2. Pasalnya, ceritanya memang langsung berlanjut ke sekuel ini. Jadi, daripada nanggung, ya sekalian aja tamatin. Eh, gamenya lanjut ke seri ke-3 sih, walau tidak ada di PS2.

22. Need For Speed: Most Wanted (2005)

Game balap sejuta umat

Tadi sudah membahas Burnout dengan gameplay yang unik tapi jika kalian ada penggemar street racing yang lebih konvensional, pilihan terbaik pasti cuma ada di seri Need For Speed. Seri Most Wanted (bukan yang versi 2012) bisa dikatakan sebagai salah satu judul yang paling terkenal di Indonesia berkat banyaknya playerbase. Jadi selain judul NFS lain, silakan coba dulu seri Most Wanted dan kalian bisa merambah ke seri lainnya.

23. The Warriors

Game tawuran antar geng

Satu lagi game yang cukup populer di Indonesia. Game yang bertemakan tawuran antar geng ini sangat populer ketika di rental PS2 dulu sampai-sampai penulis sendiri pernah rebutan disc untuk bermain. Walau punya kisah yang tipikal gangster, nyatanya dengan elemen melee combat yang terasah membuatnya jadi satu game yang sangat menarik bagi anak muda ketika itu, yaitu punya semangat menggebu-gebu.

24. Bully

Apakah game barunya beneran batal?

Rockstar memang terkenal dengan inovasinya dalam game open-world ketika itu. Makanya hadir pula game Bully yang selain sukses di pasaran, juga memicu berbagai kontroversi. Pokoknya ini salah satu game legend yang masih dikenang sampai sekarang.

25. Persona 3 FES

Ada epilognya

Mungkin kamu baru dengar kalau seri Persona 3 baru saja merilis game remake-nya. Tapi, epilog paling pentingnya malah belum rilis dan harus menunggu sampai pertengahan tahun ini. Kalau kamu ingin mainkan seri P3 yang paling lengkap dari segi cerita, maka sudah pasti kamu harus coba yang versi FES. Soalnya ada tambahan ekspansi The Answer yang menjawab semua pertanyaan yang muncul di akhir base game-nya.

26. The Sims

Game simulasi sosial seru

Beralih ke game yang lebih damai, harusnya The Sims sudah bukan lagi judul yang asing di telinga gamer Indonesia. Selain merupakan game simulasi, The Sims memberikan banyak sekali pilihan yang tentu menambah kompleks sebuah game. Jadi jika kalian suka dengan game yang punya micro detail, penulis sarankan game PS2 terbaik berikut sebagai sarana meluangkan waktu. Ditambah lagi game ini bisa dimainkan dengan durasi tidak terbatas jadi bisa kalian mainkan berapa lamapun.

27. Twisted Metal: Black

Makin seru

Sebagai reboot dari seri Twisted Metal, game satu ini berani membawakan cerita yang lebih gelap dan tiap karakter punya porsi ceritanya masing-masing. Bagaimana, jadi tertarik nyoba? Atau malah sudah mainkan berkali-kali?

28. Onimusha 2: Samurai’s Destiny

Game favorit dulu nih

Bahas game Jepang ikonik di PS2 harusnya tidak bisa lepas dari seri Onimusha. Apalagi seri kedua ini yang dipuji sebagai salah satu game action petualangan terbaik zaman PS2. Apakah kalian setuju dengan pernyataan ini?

29. Dynasty Warriors 3

Genre Musou yang cukup niche

Game bergenre musou adalah sebuah game terbilang cukup niche. Tapi meskipun begitu secara overall game ini merupakan sebuah game bergenre hack and slash yang sampai mempunyai subgenrenya sendiri. Mengambil latar di zaman Tiga Kerajaan di China, pecinta film perang ataupun cerita soal itu dipastikan harus mencoba game ini setidaknya sekali.

30. Rayman Revolution

Ikonik

Rasanya ada yang kurang kalau tidak bahas game Rayman. Pilihan game terbaik yang bisa kamu coba tidak lain dan tidak bukan adalah seri Revolution. Menjadi salah satu 3D platformer yang cukup populer di zamannya. Mungkin kamu juga harus coba di tahun 2024.

Jadi itulah beberapa game terbaik di PS2 yang bisa kalian coba ketika melakukan ngabuburit di bulan Puasa ini. Apakah ada dari game dalam daftar yang sudah kalian coba, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game terbaik atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version