Game Remaster Kepunyaan Sony yang Dirilis di PS4 Ini Ternyata Dijalankan dengan Emulator PSP ?


Ditengah berbagai kontroversi ataupun penolakan dari sebagian pihak mengenai kehadiran emulator, karena seringkali dianggap sebagai suatu platform yang memberi nafas kepada hal-hal yang berbau piracy atau pembajakan. Rupanya kali ini ada suatu hal yang betul-betul ironis telah terjadi di konsol PS4.

Seorang member dari forum GBA temp dengan nama Kiwii, secara mengejutkan menemukan sebuah emulator PSP telah tertanam dan menjadi sebuah progam yang memotori game PaRappa the Rapper Remastered untuk bisa dimainkan di PS4. Meski terksesan bahwa game PaRappa tersebut telah diporting secara kasar ke dalam konsol PS4, namun Kiwii juga menemukan suatu kode semacam 4K texture pack yang membuat PaRappa the Rapper terlihat berbeda dibandingkan dengan versi PSPnya. Game ini sendiri asalnya merupakan game rhythm buatan SIE (Sony Interactive Entertainment) yang dirilis di PSP pada tahun 2007.

Setelahnya, Kiwii langsung mengambil program emulator pada game PaRappa tersebut dan mencoba melakukan suatu eksperimen dengan menjalankan game-game psp lainnya. Di sana, Kiwii ternyata berhasil menjalankan satu game seperti Locoroco, namun tidak berhasil dalam menjalankan sebagian banyak dari game-game lainnya. Melalui hal itu, Kiwii berasumsi bahwa Emulator PSP tersebut sudah dirancang agar bisa menjalankan game-game dengan size di bawah 880 MB.

Selain kiwii, beberapa member lain dari GBA Temp rupanya juga telah berhasil menjalankan beberapa game lain seperti Patapon, dan Namco Museum. Bahkan mereka saat ini sedang menggebu-gebu dalam berupaya membuat banyak game PSP jadi bisa dimainkan di konsol PS4.

Kembali lagi melihat fakta bahwa game Parappa sendiri nyatanya adalah game asli kepunyaan developer first party seperti Sony yang diport ke konsol PS4 dengan bermodalkan program yang agak “kontroversial” seperti emulator. Menurut kalian. gimana yah ini brott ?

Sumber: Ars Technica