20+ Game Santuy Spesial Ramadan Terbaik 2024 yang Seru Dimainkan Saat Ngabuburit

game santuy spesial ramadan

Game Santuy Spesial Ramadan – Hal yang paling identik dengan bulan Ramadhan adalah waktu ngabuburit. Ngabuburit adalah waktu menunggu buka puasa yang biasanya diisi dengan berbagai kegiatan. Dan kegiatan yang biasa diisi oleh gamers saat ngabuburit tentu saja bermain game.

Maka, di bawah ini kami akan bagikan rekomendasi game santuy spesial Ramadan yang bisa kalian mainkan secara santuy tanpa perlu emosi sembari menunggu beduk Maghrib.

Disclaimer! Artikel ini dibuat berdasarkan pendapat Penulis dan juga beberapa rekomendasi dari Gamer di internet. Dari sekian banyak game santuy spesial Ramadan yang seru dimainkan, Penulis memilih 20 lebih game yang bisa direkomendasikan untuk para pembaca mainkan selagi menunggu waktu berbuka!

Rekomendasi Game Santuy Spesial Ramadan 2024

Santai main game sambil menunggu buka puasa

Sangat disarankan untuk memainkan game santuy selama bulan puasa agar tidak memancing jiwa kompetitif yang sering kali merujuk pada meluapnya emosi. Sesuai judulnya, kali ini penulis bakal bagikan beberapa rekomendasi game ngabuburit atau game santuy terbaik yang bisa kamu mainkan selama bulan Ramadhan tahun ini.

1. Stardew Valley

Stardew Valley

Game simulasi farming atau bercocok tanam mungkin sangat dekat dengan gamer Indonesia. Terlebih jika kalian yang sudah mencicipi game Harvest Moon di zaman PS1 tentu mengerti bagian mengasyikkan dari simulasi pertanian ini.

Keseruan serupa bisa kalian temukan di Stardew Valley. Meskipun hadir dengan visual pixelated, game ini nyatanya tak bisa dipandang sebelah mata. Mengambil inspirasi dari seri Harvest Moon, Stardew Valley berhasil dimasak dengan baik oleh ConcernedApe dengan memunculkan lore yang kaya dari masing-masing NPC, bercocok tanam yang lebih realistis, serta fitur combat yang membuatnya jadi jauh lebih menarik.

2. Doraemon Story of Seasons: Friends of the Great Kingdom

Doraemon Story Of Seasons: Friends Of The Great Kingdom

Game simulasi farming atau bercocok tanam mungkin sangat dekat dengan gamer Indonesia. Terlebih jika kalian yang sudah mencicipi game Harvest Moon di zaman PS1 tentu mengerti bagian mengasyikkan dari simulasi pertanian ini.

Keseruan dan kesantuyan ini bisa kalian rasakan di game Doraemon Story of Seasons terbaru. Merupakan sekuel dari game kolaborasi Story of Seasons dan franchise Doraemon. Game ini tetap mengambil tema yang sama dengan franchise Story of Seasons pada umumnya yaitu bercocok tanam dan hidup dari hasil kebun. Hanya saja, pemain disini berperan sebagai karakter dari serial Doraemon; Nobita, Shizuka, dan kawan-kawan.

3. My Time at Sandrock

My Time at Sandrock

Game berbasis life simulation ini juga tak kalah fenomenal di kalangan para gamer. Mengambil latar sebuah kota yang sedang dilanda krisis ekonomi dan banyak reruntuhan terbengkalai. Di sini, kamu berperan sebagai builder baru kota Sandrock ditugaskan untuk mengembalikan kejayaan kota tersebut kembali.

Tidak seperti seri pertamanya, My Time at Sandrock akan mengajakmu bercocok tanam, mencari bahan, membuat peralatan, dan sebagainya yang berada di padang pasir. Selain itu, pemain juga dapat mengambil tugas dari penduduk lain seperti merakit mesin, struktur kota, dan lain-lain.

4. House Flipper 2

House Flipper 2

Selanjutnya adalah game House Flipper 2 yang mengajakmu membersihkan rumah yang kotor dan menyulapnya menjadi kediaman yang layak huni sesuai dengan estetiknya kamu, deh. 

Sesuai namanya, disini kamu bakal nge-flip atau membedah rumah tersebut sesuai dengan keinginan klien. Dengan premis yang begitu sederhana, pastilah game ini sangat santuy buat kalian mainkan sembari nunggu beduk Maghrib.

5. Stray

Stray

Game ngabuburit offline selanjutnya merupakan besutan BlueTwelve Studio dan Annapura Interactive yang menjadi game terbaik di tahun 2022 lalu. Di game ini kalian berperan sebagai seekor kucing oren dan menelusuri kota underground dengan bantuan drone B-12.

Game ini juga cocok dimainkan buat kalian para pecinta kucing. Meskipun santuy, masih tetap ada petualangan agar kalian tidak cepat bosan. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi sebab dia masuk nominasi The Game Award 2022.

6. Goat Simulator 3

Goat Simulator 3

Tidak puas menjadi kucing? Kalian bisa jadi kambing! Meskipun bernama “Goat Simulator 3“, Game ini sebenarnya adalah game kedua Goat Simulator namun developer melewati angka 2 sebagai bentuk lawakan mereka. Nah, dari namanya saja sudah cukup mengundang gelak tawa, kan?

Gamenya sendiri sangat sederhana dimana kalian bermain sebagai seekor kambing yang tugasnya mengacau di tengah kota. Selain bebas mengelilingi kota, kalian juga diberikan story mode yang tidak hadir di game pertama.

7. Cities: Skylines II

Cities: Skylines II

Bila kamu mencari game bangun-membangun kota, maka Cities: Skylines II adalah jawabannya. Dikembangkan oleh Colossal Order yang juga menjadi versi terbaru dari judul pertamanya.

Disini, pemain akan diberikan peralatan yang dapat membuat pemain membangun berbagai jenis kota yang mereka inginkan dan mengembangkannya dari desa kecil hingga kota metropolitan.

8. Dave the Diver

Dave The Diver

Tidak banyak yang membahas game satu ini, tetapi Dave the Diver mulus cetak penjualan hingga tiga juta unit per bulan Januari kemarin. Membuktikan bahwa game ini ternyata tak se-sepele kelihatannya.

Menceritakan tentang Dave yang diajak berbisnis restoran Sushi di sebuah pulau bernama Blue Hole. Sebagai ahli menyelam, Dave ditugaskan untuk menangkap langsung bahan makanannya, yakni ikan. Namun seiring berjalannya permainan, Dave justru mengungkap misteri yang menyelimuti Blue Hole itu sendiri.

9. Genshin Impact

Genshin Impact

Siapa sih yang gak tahu dengan game miHoYo yang satu ini? Game ini membawamu berpertualang menjelajahi dunia Teyvat yang asri nan indah. Kalian bisa isi waktu kosong kalian sembari menunggu buka puasa dengan memecahkan puzzle serta eksplor sana-sini demi mendapatkan chest serta primogems. Kalian juga bisa rasakan keseruannya bersama teman-teman, lho!

Buat kalian para wibu yang sedang menjalankan puasa, tidak ada salahnya memainkan game garapan HoYoverse yang satu ini. Game open-world yang menyajikan pemandangan indah nan aesthetic memanjakan mata sangat cocok untuk mengisi waktu ngabuburit kalian.

10. Honkai: Star Rail

Honkai: Star Rail

Masih dengan game bikinan HoYo, Honkai: Star Rail juga bisa banget kamu jadikan pilihan untuk mengisi waktu ngabuburit selama bulan Ramadan. Ketenaran dan kesuksesannya sudah tak perlu lagi dipertanyakan sebab game ini sudah berhasil memborong berbagai macam penghargaan yang ada di sepanjang tahun 2023.

Berbeda dengan kakak-kakaknya, HSR ini dikemas dengan combat turn-based, alias gebug gantian. Cerita yang dibawakan juga tak kalah menarik, dimana kamu diajak berpetualang sebagai seorang Trailblazer yang mengarungi berbagai macam galaksi dan planet.

11. Reverse: 1999

Reverse: 1999

Game santuy selanjutnya yang tak kalah worth it untuk kalian mainkan adalah Reverse: 1999. Hadir dengan combat turn-based yang juga tak kalah menarik untuk dimainkan. Meskipun combatnya tampak sederhana, percayalah game ini menawarkan lore yang super duper keren yang bikin pemainnya ketagihan untuk mengupas misteri yang ada.

Disini, kita akan berfokus pada perjalanan seorang gadis bernama “Timekeeper” yang sudah berkali-kali melakukan perjalanan waktu; menyaksikan awal dan akhir sebuah era. Dia memiliki tujuan untuk membawa para Arcanis terbebas dari “Storm”; sebuah fenomena dimana waktu berputar kembali ke era lama yang aneh.

12. Plants vs. Zombies

Plants vs. Zombies

Selanjutnya ada Plants Vs. Zombies yang merupakan game legend. Meskipun usianya yang sudah menyentuh 15 tahun, PvZ masih menjadi pilihan para gamer untuk sekedar mengisi waktu luang menjelang berbuka puasa.

Game ini merupakan game tower defense dimana kamu harus menanam berbagai jenis tanaman di halaman rumah. Nantinya, tanaman ini akan membantumu menghalau para zombie yang menyerang. Tentu strategi yang bagus sangat diperlukan untuk memenangkan permainan ini.

13. Brotato

Brotato

Masih menjadi taneman, kali ini lebih spesifik yang mana kalian akan mengendalikan satu dari berbagai macam kentang yang ada di Brotato. Ada banyak jenis kentang yang terbuka di awal permainan dan setiap kentang memiliki atribut yang berbeda.

Adapun tujuan dari permainan ini adalah menghindari gelombang-gelombang musuh yang datang dengan kentang tersebut. Pemain dapat meningkatkan dan memperbaiki berbagai atribut dan senjata setelah setiap gelombang selesai dilewati.

14. Coffee Talk

Coffee Talk

Budaya ngopi tentunya sudah sangat akrab di bumi pertiwi, tapi esensi dari “ngopi” itu sendiri terletak pada interaksi yang ada di dalamnya. Berlatar di kota Seattle yang dibumbui dengan elemen fantasi dimana manusia mampu hidup berdampingan dengan ras lain seperti Elf, Werewolf, Succubus, dan lain-lain.

Di Coffee Talk, Pemain akan berperan sebagai bartender sebuah warkop tengah malam yang tentunya akan menjamu para tamu, memenuhi pesanan minuman, sembari mendengarkan kisah, keluh-kesah, atau sekedar perbincangan ringan sepulang rutinitas mereka yang sibuk.

15. Supermarket Simulator

Supermarket Simulator

Seperti judulnya, di sini kamu bisa menjalankan supermarketmu sendiri. Mulai dari memesan stok produk, menyusun produk ke dalam rak, kulkas, maupun freezer. Pokoknya sebagaimana kamu akan mengurus toko, deh!

Selain itu, disini pemain juga bisa mendesain toko, mengutamakan efisiensinya tanpa meninggalkan nilai estetika, dan lain-lain. Jadi, para pelanggan pun lebih mudah mengakses produk saat berbelanja.

16. Party Animals

Party Animals

Party Animals adalah game physics-based brawl dimana para pemain bisa berperan sebagai kucing, anjing, bebek, kelinci, dan binatang menggemaskan lainnya. Pemain bisa mengontrol karakter berbulu ini untuk menjotos, menendang, loncat ke pemain lainnya.

Apabila terkena sejumlah damage, maka pemain akan knocked out sementara sebelum dibawa masuk kembali ke dalam arena. Pokoknya, ini game lucu banget deh buat kalian mainkan bareng teman-teman juga!

17. The Sims 4

The Sims 4

Selanjutnya adalah The Sims 4. Sebuah game life simulation yang tak perlu diragukan lagi kesantuyannya. The Sims menguasai pasar genre simulasi kehidupan yang selalu menjadi pilihan utama.

Di game ini, kalian bisa membangun rumah, membuat kehidupan virtual, membuat cerita, dan masih banyak lagi hal yang sebenarnya bisa kalian realisasikan di sini. Apalagi sekarang The Sims sudah update pakaian untuk kalian menciptakan karakter berhijab.

18. Marvel Snap

Marvel Snap

Merupakan game yang berhasil mengalahkan Genshin Impact dan Apex Legends di Best Mobile Game TGS 2022 lalu. Singkatnya, game ini mirip seperti catur,  di mana pemain dituntut membutuhkan strategi serta dapat menganalisis gerakan lawan.

Ketika kamu memulai pertandingan, terdapat tiga lokasi yang akan jadi medan pertempuran. Kalian harus memenangkan dua dari tiga map yang dijadikan arena bertempur dengan cara meletakkan kartu di tiap kolom yang tersedia pada map tersebut. Setiap kartu memiliki power dan biaya energi berbeda, yang akan terpakai bila ingin digunakan.

19. Garry’s Mod

Garry’s Mod

Merupakan game physics-based menggunakan game engine source yang dibuat oleh Garry Newman. Dulunya, game ini cuma sebuah mod untuk Half-Life 2 yang kemudian disulap menjadi game stand alone.

Di Garry’s Mod, kalian bebas melakukan apapun–literally apapun, suka-suka kalian! Bikin mobil, ketapel, balon, mobil diketapelin, atau mobil dibalonin, pokoknya ini game ngakak banget deh! Kalian juga bisa spawn non-player ke sini, ragdolls, props, dan interaksi dengan mereka sesuka kalian. Iya, udah suka-suka aja!

20. Minecraft

Minecraft

Lalu game santuy selanjutny adalah Minecraft. Siapa sih yang gatau Minecraft? Sebuah game sandbox yang digarap oleh Mojang Studios yang identik banget dengan grafik kotak-kotaknya.

Di sini, kalian bisa eksplor dunia yang blocky, crafting peralatan, membangun rumah, bahkan berpetualang melawan monster yang ada di sini. Tentu saja kalian bisa ngabuburit main bareng bersama teman.

21. Townscaper

Townscaper

Townscaper tidak memiliki cerita bawaan atau tujuan yang mana hal in telah dijelaskan sendiri oleh developer. Disini, pemain bisa membangun sebuah kota pulau dengan meletakkna dan menghapus blok-blok berwarna di atas laut.

Berbagai “aturan” ada untuk mengatur penampilan blok-blok ini,yang beberapa di antaranya muncul sebagai menara atau balkon. Metode dekorasi seperi ini memungkinkan pembuatan lengkungan, taman, dan tangga tanpa instruksi yang spesifik.

22. PowerWash Simulator

PowerWash Simulator

Rekomendasi game santuy spesial Ramadan yang terakhir adalah Power Wash Simulator. Game ini merupakan game simulasi cuci mencuci yang cocok banget buat kalian yang suka bersih-bersih dan perfeksionis.

Kalian berperan sebagai sebuah perusahan kecil yang bergerak di bidang cleaning. Dimana kalian hanya menggunakan semprotan air dan membersihkan kotoran sesuai permintaan klien. Game ini juga tidak begitu kompleks dan cocok dimainkan dengan santuy.

Itulah rekomendasi game santuy spesial Ramadhan 2024 yang bisa kalian mainkan selama ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. Apakah kalian memiliki rekomendasi yang lain? Bagikan di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version