10 Game Seru di Bulan Ramadan untuk Para Gamer

Game Seru Ramadan

Game Seru Ramadan – Ramadan telah tiba! Bagi gamers yang beragama Islam, menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan itu tidak hanya menahan lapar dan haus, namun juga hawa nafsu.

Nah, di dalam artikel kali ini penulis akan memberikan beberapa game seru di bulan Ramadan yang dapat gamers mainkan tanpa perlu khawatir akan konten-konten yang “menggugah selera” pemain. Kenapa?

Hal ini dikarenakan kebanyakan game yang ada di dalam daftar ini dapat dimainkan oleh semua usia. Tidak hanya itu, beberapa game yang ada di dalam daftar ini juga tidak hanya memberikan sensasi nyaman atau cozy, namun juga sedikit action agar gamer tidak bosan selama bermain.

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan pendapat Penulis. Dari sekian banyak game yang cocok untuk dimainkan selama bulan Ramadan, penulis memilih 10 game yang bisa direkomendasikan untuk Pembaca.

Rekomendasi Game Seru di Bulan Ramadan untuk Para Gamer

Inilah beberapa game yang cocok untuk dimainkan selama bulan Ramadan

Berikut ini rekomendasi 10 game seru di bulan Ramadan yang bisa kalian mainkan tanpa harus khawatir puasa batal:

1. Animal Crossing: New Horizons

Animal Crossing: New Horizons

Tidak bisa dipungkiri kalau Animal Crossing: New Horizons adalah game yang cocok untuk dimainkan saat bulan Ramadan. Pasalnya game ini sendiri memiliki gameplay dengan waktu real time atau waktu sungguhan. Tidak hanya itu musim dan cuaca yang ada di dalam game ini juga akan menyesuaikan diri dengan lokasi pemain di belahan dunia manapun.

Gamer akan diberi kebebasan untuk membangun pulau mereka sesuka hati, dengan cara mengumpulkan sumber daya yang tersebar di sekitarnya. Gamer juga dapat melakukan hobi lainnya, seperti memancing, menangkap serangga, atau mengumpulkan fosil.

Kalau gamer merasa bosan ngabuburit di pulau mereka sendiri, mereka dapat mengajak atau mengunjungi pulau milik teman-teman gamer. Sehingga gamer tidak akan menghabiskan waktu sendirian.

2. Cities Skylines

Cities Skylines

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat kota yang kamu bangun dari nol berkembang menjadi sebuah kota metropolitan yang dipenuhi beragam kehidupan. Hal itulah yang ditawarkan oleh Cities Skylines, game city building yang dikembangkan oleh developer Colossal Order ini.

Cities Skylines sendiri memiliki beragam DLC untuk membuat pengalaman gamer membangun kota impian semakin menyenangkan. Beberapa DLC diantaranya membuat gamer dapat membangun taman bermain, kota yang ramah lingkungan, atau transportasi umum yang lebih kompleks.

3. Stardew Valley

Stardew Valley

Bagaimana jadinya apabila seorang fans membuat game berdasarkan game favorit mereka sendiri? Yup, Stardew Valley adalah jawabannya. Game ini dibuat oleh Eric Barone, atau lebih dikenal dengan ConcernedApe. Hebatnya dia berperan sebagai designer, programmer, animator, artist, composer, dan penulis dari game ini.

Barone membuat game ini atas kekecewaannya dengan game Harvest Moon (sekarang sudah berganti nama jadi Story of Seasons) yang menurutnya tidak berkembang paska Harvest Moon: Back to Nature. Game ini sendiri tidak hanya terinspirasi Harvest Moon, namun juga game lain seperti Rune Factory, Animal Crossing, Minecraft, dan Terraria.

Kreator dari serial Harvest Moon, Yasuhiro Wada, juga memuji game ini. Menurutnya Stardew Valley meneruskan nama Harvest Moon, mengingat sekuel dari franchise ini menurut Wada, tidak memberikan kebebasan pemain seperti game pertamanya seperti Stardew Valley.

4. Planet Zoo

Planet Zoo

Sukses dengan Planet Coaster, yang juga adalah penerus dari serial RollerCoaster: Tycoon, developer Frontier Developments merilis game penerus dari franchise tersebut dengan Planet Coaster mereka pada tahun 2016. Nah, pada tahun 2019, Frontier Developments kembali merilis sebuah game penerus dari franchise Zoo Tycoon dengan Planet Zoo.

Di dalam game ini gamers akan diajak untuk membuat kebun binatang impian mereka, dengan berbagai macam fauna yang terkenal dan unik dari berbagai belahan dunia. Dengan sistem kustomisasi yang dalam dan kompleks, dapat membuat kamu ketagihan untuk menghabiskan waktu berjam-jam untuk membuat kebun binatang terbaik.

5. Story of Seasons

Story of Seasons: Friends Of Mineral Town

Franchise Harvest Moon tidak mati! Mereka hanya berganti nama saja menjadi Story of Seasons. Game yang membuat Anda menjadi seorang petani ini pertama kali penulis, dan pastinya banyak gamers di Indonesia kenal, melalui game Harvest Moon: Back to Nature.

Seiring waktu, Story of Seasons telah menginspirasi banyak game dengan genre yang serupa, salah satunya adalah Stardew Valley yang terkenal itu. Story of Seasons bahkan bekerja sama dengan franchise lain, seperti Doraemon dan Popolocrois.

Story of Seasons adalah game yang sangat cocok bagi gamers dan keluarga, untuk menemani waktu puasa di bulan Ramadan. Terutama bagi mereka yang suka dengan gameplay yang sederhana.

6. Anno 1800

Anno 1800

Jikalau gamers menginginkan game santai dengan sedikit aksi, maka Anno 1800 adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan di dalam Anno 1800 gamers tidak hanya diminta untuk membangun sebuah koloni, namun juga menggunaka strategi untuk memperluas jalur dagang dan pengaruh mereka.

Apabila ada musuh yang menghalangi, maka gamers harus mempersiapkan diri untuk membangun Angkatan Laut mereka. Sehingga gamers akan ditantang untuk tidak hanya memperluas dan memperkaya daerah kekuasaan mereka, namun juga mempertahankannya dari serangan luar.

7. Farming Simulator 22

Farming Simulator 22

Farming Simulator 22 adalah iterasi dari franchise simulasi populer, di mana gamers berperan sebagai petani. Namun, tidak seperti Story of Seasons atau Harvest Moon, gamers akan berperan sebagai petani modern.

Sehingga teman setia gamers di dalam game ini bisa dibilang adalah alat-alat bertani modern seperti traktor, dengan mesin-mesin yang berguna untuk bercocok tanam, memanen, dan bahkan truk transportasi untuk mengantar hasil bertani.

Farming Simulator bisa dibilang adalah game bertani yang “sesungguhnya,” dikarenakan selain memiliki gameplay bertani yang realistis, gamers juga disuguhkan sistem ekonomi yang lebih kompleks. Karena gamers harus memperhatikan nilai jual produk mereka yang selalu berubah seiring musim dan waktu.

8. Medieval Dynasty

Medieval Dynasty

Untuk membangun sebuah garis keluarga, kamu tidak hanya harus beranak pinak untuk menambah keturunan, namun juga membuat sebuah fondasi. Nah, di dalam Medieval Dynasty inilah kamu akan berperan untuk mendirikan fondasi tersebut.

Medieval Dynasty adalah sebuah game survival, crafting, RPG dan city builder di mana kamu harus bertahan hidup, membangun sebuah peradaban, memiliki anak dan membuat nama untuk garis keturunan kamu dalam setting Abad Pertengahan.

Tidak hanya kerasnya pergantian musim, kamu juga nantinya harus bertahan hidup dari serangan-serangan yang berasal dari luar. Seperti misalnya serangan bandit atau hewan liar. Yang lebih asiknya lagi, kamu juga bisa bermain bersama teman dalam co-op.

9. Slime Rancher

Slime Rancher

Sapi, domba, ayam, dan kuda adalah hewan-hewan yang dapat gamers temui di dalam game bercocok tanam dan berternak seperti Story of Seasons dan Stardew Valley. Namun tidak di dalam Slime Rancher. Di dalam game ini gamers akan berperan sebagai peternak slime bernama Beatrix LeBeau yang pindah dari bumi ke sebuah planet bernama “Far Far Range.”

Pemain akan disuguhkan dunia open-world dari Far Far Range untuk dijelajahi oleh Beatrix dalam pandangan orang pertama. Namun, tentu saja misi utama dari Slime Rancher adalah untuk mengumpulkan, merawat, memberi makan dan mengembangbiakkan para slime ini.

Slime Rancher bisa dibilang adalah game dengan konsep yang unik dengan gameplay simple. Namun jangan salah, saking ketagihannya kamu bermain game ini, kamu bisa lupa kalau waktu berbuka puasa sudah tiba.

10. The Hunter: Call of the Wild

The Hunter: Call of the Wild

Selain membangun, bercocok tanam, atau berternak, ada satu hal lagi yang kamu bisa lakukan selama menunggu waktu berbuka: berburu. Di dalam The Hunter: Call of the Wild gamer akan disuguhkan pengalaman berburu yang realistis di dalam lingkungan open-world.

Bisa dibilang The Hunter: Call of the Wild adalah tandingan dari Farming Simulator, namun dalam hal berburu. Gamers akan diajarkan bagaimana caranya mencari hewan, mengikuti jejaknya sehingga menembaknya. Kondisi waktu dan lingkungan yang dapat berubah juga merubah perilaku hewan, sehingga mereka akan lebih sulit untuk diburu.

Nah kesepuluh game di atas adalah game yang menurut penulis cocok sebagai teman bermain selama bulan Ramadan. Kira-kira dari kesepuluh game di atas mana yang pernah kalian mainkan atau mau dicoba?


Baca juga informasi Gamebrott menarik lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Kaab Al Farozi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version