10 Game Silent Hill Terbaik Sepanjang Masa yang Harus Kalian Coba!

Game Silent Hill Terbaik

Game Silent Hill Terbaik — Para penggemar game Playstation mungkin kalian takkan asing lagi dengan game horor satu ini. Yup, ialah Silent Hill, game besutan Konami yang epik dan banyak diminati kalangan gamer. Beberapa hari yang lalu, mereka resmi mengumumkan Silent Hill 2 remake yang dikembangkan Bloober Team (The Medium, Blair Witch) beserta emapt seri lainnya yang hadir melalui livestream transmission tanggal 19 Oktober lalu.

Berbicara soal franchise satu ini, tentunya ada beberapa seri yang dinobatkan penggemar dan para gamer sebagai seri terbaik sepanjang masa. Seri mana sajakah itu? Berikut kami berikan 10 game Silent Hill terbaik sepanjang masa yang wajib kalian coba!

Game Silent Hill Terbaik Sepanjang Masa

Game Silent Hill terbaik

Selama beberapa tahun, game Silent Hill menghadirkan puluhan seri yang hadir ke dalam konsol Playstation. Beberapa di antaranya ada di PS1, PS2, PS3 maupun seri yang tertunda perilisannya hingga saat ini. Biar nggak penasaran lagi, berikut listnya kami bagikan di bawah ini.

1. Silent Hill 2

Silent Hill 2

Daftar pertama yang menjadi seri terbaik game Silent Hill adalah Silent Hill 2. Dirilis pada tahun 2001, game ini menceritakan James Sunderland yang masuk ke kota berkabut tebal Silent Hill setelah mendapat surat dari istrinya yang sudah meninggal, Mary. Ketika masuk ke sana, ia malah bertemu dengan wanita yang mirip dengan sosok istrinya, yaitu Maria.

Dalam game ini, para pemain akan ikuti petualangan James memecahkan kepingan – kepingan cerita, puzzle, dan tentunya menghadapi makhluk – makhluk mengerikan sepanjang permainan berlangsung.

2. Silent Hill

Silent Hill

Seri pertama Silent Hill ini dirilis pada tahun 1999. Cerita berfokus pada Harry Mason yang pergi berlibur bersama anaknya, Cheryl Mason ke kota berkabut Silent Hill. Sayangnya di tengah perjalanan, mereka berdua mengalami kecelakaan karena ada sosok anak perempuan yang menyeberang dadakan, membuat Harry banting setir dan mobil jatuh hingga dirinya pingsan.

Setelah sadar, ia panik lantaran Cheryl Mason telah pergi dan menghilang. Akhirnya, ia memutuskan untuk masuk ke dalam kota demi menjadi anaknya yang hilang sendirian. Di sinilah kalian nanti bakal bertemu dengan ragam puzzle dan monster – monster yang tak berhenti mengejarmu.

3. Silent Hill 3

Silent Hill 3

Game Silent Hill terbaik ini dirilis pada tahun 2003 dan berfokus di cerita tujuh belas tahun setelah perjalanan Harry Mason dan sang anak. Perbedaannya adalah, pemain akan berperan sebagai Heather Mason. Ia adalah anak perempuan yang dibesarkan oleh keluarga Mason.

Game ini mendapatkan fitur – fitur yang belum ada di seri sebelumnya, mengingat kurangnya combat yang hadir di dua seri awal. Selain itu, monster yang dihadapi juga sangat kuat dan menakutkan tentunya.

4. Silent Hill 4: The Room

Silent Hill 4: The Room

Game Silent Hill terbaik lainnya yaitu The Room. Game ini mendapat perhatian kalangan gamer kala itu dan dapat respon positif ketika dirilis di tahun 2004. Game ini mengambil cerita yang tentunya berbeda dari seri – seri sebelumnya, di mana Henry Townshend terjebak di apartemen miliknya dan menemukan portal misterius yang penuh atmosfir horor di dalamnya.

Seri ini penuh akan suasana disturbing. Belum lagi monster – monsternya pun juga sangat menyeramkan di seri ini dan tentunya sukses mendapat pujian baik dari kritikus game maupun orang – orang yang telah memainkan gamenya.

5. Silent Hill: Origins

Silent Hill: Origins

Setelah munculnya film adaptasi yang dirilis tahun 2006 lalu, Silent Hill: Origins muncul sebagai game Silent Hill yang dikenal dengan nama Silent Hill: Zero di Jepang. Karakter utama dalam game diambil dari inspirasi film tersebut, dan tentunya mendapat respon positif dari kritikus game maupun penggemar.

Game ini menceritakan Travis Grady, sang karakter utama yang menemukan tubuh Alessa yang dibakar hidup – hidup di sebuah altar pemujaan. Dari sanalah Grady dikejutkan dengan dunia mengerikan Silent Hill, di mana ia bertemu dengan banyak monster mengerikan dan puzzle – puzzle aneh di dalamnya. Walau sempat dikritik karena combat yang predictable, tak bisa dipungkiri bahwa seri ini merupakan salah satu seri yang terbest hingga saat ini.

6. Silent Hill: Shattered Memories

Silent Hill: Shattered Memories

Shattered Memories merupakan seri game Silent Hill terbaik lainnya yang rilis di tahun 2009 bertemakan salju dan es. Game ini masih mengambil formula yang sama, namun berkat garapan dari Climax Studios, seri ini mampu menghadirkan beragam plot twist di dalam ceritanya.

Game ini mengambil cerita Harry Mason yang mencari anak perempuannya yang hilang dan masuk ke dalam kota Silent Hill. Berbeda dengan seri sebelumnya, game ini mengharuskan kalian untuk lari dan menghindar dari kejaran monster – monster mengerikan. Mengapa? Karena seri ini tak menghadirkan senjata apapun dan satu – satunya alat yang berfungsi hanyalah senter dan ponsel milik Mason.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Walau game ini sempat dikritik karena ceritanya terlalu pendek, namun berkat voice acting, suasana, dan grafis yang mumpuni, game ini tetap menjadi yang terbaik hingga saat ini.

7. Silent Hill: Homecoming

Silent Hill: Homecoming

Selanjutnya ada Homecoming. Game ini dirilis pada tahun 2008 dan sempat dibanned di negara Australia juga batal perilisannya di Jepang. Awal yang cukup buruk bagi game tersebut lantaran menghadirkan kesan horor yang cukup mengganggu bagi sebagian orang, khususnya pengidap clausthrophobia (ketakutan berada di tempat sempit).

Pada seri game ini, kalian akan berperan sebagai Alex Sheperd, seorang tentara yang tiba – tiba harus menerima kenyataan bahwa adiknya, Joshua hilang secara misterius. Ketika bertanya pada Ibunya ke mana sang adik pergi, Ibunya hanya menjawab “he’s gone… Everyone’s gone…“. Hal ini membuatnya harus masuk ke kota Silent Hill dan mencari tahu apa penyebab sang adik kesayangan menghilang.

Game ini sempat dikritik karena puzzlenya yang ribet dan kurangnya suasana horor yang ada di seri sebelumnya. Namun, hal tersebut ditarik kembali oleh netizen lantaran seri ini punya boss dengan wujud sangat mengerikan.

8. Silent Hill: Downpour

Silent Hill: Downpour

Downpour merupakan game Silent Hill terbaik lainnya yang masuk dalam list. Game yang dirilis di tahun 2012 ini menceritakan Murphy Pendleton alias David Boyd Konrad yang dipenjara akibat mencoba masuk perbatasan negara menggunakan kapal curian. Singkat cerita, bus narapidana yang ia tumpangi mengalami kecelakaan dan jatuh ke jurang, mengakibatkan Murphy terdampar di kota Silent Hill tak jauh dari lokasi terjatuhnya bus.

Memasuki kota Silent Hill, Murphy harus menghadapi beragam mimpi buruk yang menyeramkan. Di mana banyak kejadian – kejadian aneh dan monster yang terus berusaha mengejarnya. Game ini sempat mendapat kritik lantaran menghadirkan storyline yang terlalu biasa dan banyaknya interaksi yang dianggap kurang penting. Meski begitu, game ini tetap menjadi salah satu seri Silent Hill yang wajib kalian mainkan tentunya.

9. Silent Hill: Book of Memories

Silent Hill: Book of Memories

Seri game Silent Hill terbaik selanjutnya adalah Book of Memories. Seri ini merupakan spin-off yang dirilis pada tahun 2012 lalu. Game ini menceritakan sang protagonis mendapat sebuah buku misterius di hari ulang tahunnya. Pengirim buku itu bernama Maine, salah satu karakter yang muncul di seri sebelumnya dan diantar oleh kurir pos lokal Howard Blackwood.

Blackwood berkata buku itu sangatlah penting bagi sang pengirim, dan kita sebagai pemain harus menjaga baik – baik buku itu. Penasaran, protagonis mencoba membuka buku tersebut, di mana ia menemukan banyak memori – memori asing yang membuatnya tertarik membaca keseluruhannya hingga tertidur.

Memori tersebut membuat protagonis dibawa ke dalam mimpi buruk yang tentunya mengikuti formula seri Silent Hill sebelumnya. Namun, banyak yang mengkritik seri tersebut lantaran storyline dan mekanisme game yang ditampilkan mengecewakan. Selain itu, banyak yang mengatakan game ini pengembangannya buruk. Meskipun begitu, game ini masih masuk dalam seri Silent Hill yang wajib dimainkan.

10. Silent Hill P.T

Silent Hill P.T

Walaupun masih dalam bentuk playable demo, tak dapat dipungkiri bahwa P.T menjadi salah satu seri game Silent Hill terbaik yang masih terngiang – ngiang di kepala para penggemar dan gamer. Game ini awalnya masih dalam tahap pengembangan oleh Hideo Kojima sebelum akhirnya ia didepak oleh Konami.

Konsep dari P.T ini cukup sederhana, di mana kalian terjebak di sebuah rumah kecil. Namun, kejadian aneh pun tiba – tiba menambah kesan horor lantaran pemain akan terjebak dalam time looping yang tak ada habisnya. Begitu sampai di akhir looping tersebut, kalian akan bertemu sesuatu yang membuatmu senam jantung bukan main.

Meskipun sederhana, P.T sukses membuat kalangan gamer ketakutan lantaran penampakan yang ditampilkan tidaklah main – main untuk sebuah demo. Di sini kalian akan melihat banyak objek aneh dan tak terduga yang sukses buatmu merinding. Selain itu, ada pula hantu – hantu aneh bin menakutkan yang semakin menambah rasa takutmu makin stonks!

Nah, itulah dia 10 game Silent Hill terbaik sepanjang masa yang wajib kalian coba jika ingin mengikuti cerita franchise horor satu ini. Kira – kira game Silent Hill mana nih yang menurutmu terbaik dan terbest? Berikan komentarmu ya, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Silent Hill atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version