10 Game Simulasi Terbaik Spesial Ramadan yang Seru Dimainkan Buat Ngabuburit di Tahun 2023

game simulasi terbaik spesial ramadan the sims

10 Game Simulasi Terbaik Spesial Ramadan yang Seru Dimainkan Buat Ngabuburit di Tahun 2023

Game Simulasi Terbaik Spesial Ramadan – Kini kita sudah memasuki waktu bulan suci Ramadhan, di mana bulan ini seluruh umat Muslim diperintah menjalankan puasa. Tak hanya menahan lapar dan haus saja, yang menjalankannya juga diperintah untuk menahan emosi serta menjauh dari segala hal yang dapat membatalkan puasa.

Hal yang paling identik dengan bulan puasa adalah waktu ngabuburit. Ngabuburit adalah waktu menunggu buka puasa yang biasanya diisi dengan berbagai kegiatan. Dan kegiatan yang biasa diisi oleh gamers saat ngabuburit tentu saja bermain game.

Game Simulasi Terbaik Spesial Ramadan

Game Simulasi Terbaik Spesial Ramadhan

Sangat disarankan untuk memainkan game santuy selama bulan puasa agar tidak memancing jiwa kompetitif yang sering kali merujuk pada meluapnya emosi. Dan biasanya game non-kompetitif berada di genre simulasi.

Apa itu game simulasi? Game simulasi adalah game yang meniru berbagai aktivitas dari kehidupan nyata dalam bentuk sebuah permainan video dimana tidak ada tujuan yang konkrit dalam game ini sehingga bisa dimainkan dengan santai.

Untuk itu, penulis bakal bagikan beberapa rekomendasi game simulasi terbaik yang bisa kamu mainkan selama bulan puasa tahun ini.

1. The Sims

The Sims 4

Game simulasi terbaik yang bisa kamu mainkan selama bulan puasa adalah The Sims; baik itu The Sims 1, 2, 3 ataupun 4. Sebuah game life simulation yang tak perlu diragukan lagi kesantuyannya. The Sims menguasai pasar genre simulasi kehidupan yang selalu menjadi pilihan utama.

Di game ini, kalian bisa membangun rumah, membuat kehidupan virtual, membuat cerita, dan masih banyak lagi hal yang sebenarnya bisa kalian realisasikan di sini. Apalagi sekarang The Sims 4 sudah update pakaian untuk kalian menciptakan karakter berhijab; bisa banget jadi karakter selama bulan puasa!

The Sims bisa kalian mainkan di PC, PS4, dan Xbox One.

2. Minecraft

Minecraft

Lalu game ngabuburit selanjutnya adalah Minecraft. Siapa sih yang gatau Minecraft? Sebuah game sandbox yang digarap oleh Mojang Studios yang identik banget dengan grafik kotak-kotaknya.

Di sini, kalian bisa eksplor dunia yang blocky, crafting peralatan, membangun rumah, bahkan berpetualang melawan monster yang ada di sini. Tentu saja kalian bisa ngabuburit main bareng bersama teman.

Minecraft bisa dimainkan di PC.

3. Cities: Skyline

Cities: Skyline

Penggemar lawas franchise The Sims pastinya juga bakal ingat keseruan di game SimCity sebelum ia menghilang dari pasar game. Beruntungnya, kalian bisa rasakan keseruan itu lagi di game Cities: Skylines.

Bagi kalian yang doyan membangun dan mengurus tatanan kota, langsung saja cus mainkan game ini. Sebab, seluruh aspek dari strategi membangun kota sudah tersedia lengkap di Skylines.

Cities: Skylines bisa dimainkan di PC, PS 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

4. Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom

Doraemon Story of Seasons Friends of the Great Kingdom

Game simulasi farming atau bercocok tanam mungkin sangat dekat dengan gamer Indonesia. Terlebih jika kalian yang sudah mencicipi game Harvest Moon di zaman PS1 tentu mengerti bagian mengasyikkan dari simulasi pertanian ini.

Keseruan dan kesantuyan ini bisa kalian rasakan di game Doraemon Story of Seasons terbaru. Merupakan sekuel dari game kolaborasi Story of Seasons dan franchise Doraemon. Game ini tetap mengambil tema yang sama dengan franchise Story of Seasons pada umumnya yaitu bercocok tanam dan hidup dari hasil kebun. Hanya saja, pemain disini berperan sebagai karakter dari serial Doraemon; Nobita, Shizuka, dan kawan-kawan.

Game ngabuburit offline ini bisa kalian mainkan di PC, PS5, dan Nintendo Switch.

5. House Flipper

House Flipper

Main game simulasi tidak melulu soal membuat karakter lalu menjalankan kehidupan virtual. Jika kamu suka bangun rumah dan suka melakukan desain interior, sangat disarankan untuk mencoba game House Flipper ini.

Game ini mengajak pemain untuk membenahi rumah yang akan direnovasi secara keseluruhan menggunakan alat serta pengetahuan engineering yang benar. Dengan grafiknya yang realistis, maka tidak diragukan bahwa game ini menjadi building simulator terbaik. Siapa tahu bisa jadi inspirasi interior selama bulan Ramadhan atau lebaran nanti?

House Flipper bisa dimainkan di PC.

6. Stardew Valley

Stardew Valley

Buat gamers yang seorang penggemar game simulasi dan game retro, bakal enjoy banget mainin Stardew Valley. Setelah membuat karakter, kisah dimulai dimana pemain beralih dari profesi dari budak korporat menjadi petani yang mengurus perkebunan warisan dari kakek.

Ada event tahunan dan setiap karakter memiliki kisahnya sendiri yang tak kalah menarik. Tidak lupa perkembangan cerita tentang perusahaan jahat yang berusaha menguasai kota.

Stardew Valley bisa dimainkan di PC, Android, Nintendo Switch, dan PS 4.

7. Animal Crossing: New Horizons

Animal Crossing: New Horizon

Untuk pemain Nintendo, Animal Crossing adalah game life simulator dimana pemain dibawa ke sebuah kota yang dihuni oleh penduduk seperti hewan. Tidak ada tujuan atau objective pasti di game ini, dan hanya hidup di sebuah desa sambil melakukan banyak aktifitas seperti memancing dan mengumpulkan item.

Disini kamu juga bisa kustomisasi karakter serta membangun rumah sebagaimana game simulasi kehidupan pada umumnya.

Animal Crossing bisa dimainkan di Nintendo Switch.

8. Dinkum

Dinkum

Dinkum mengambil latar pulau di pedalaman Australia. Hal ini dinilai wajar sebab developernya sendiri merupakan warga negara Australia bernama James Bendon. Pemain diajak membuat kehidupan baru dan membangun rumah. Menjelajahi hutan tropis, gurun panas, dan bertempur melawan musuh.

Dinkum juga menggabungkan beberapa aspek dari Stardew Valley, Harvest Moon, serta Minecraft. Sehingga, game ini miliki daya tarik dan nilai keunikannya sendiri.

Game ini bisa dimainkan di PC.

9. Two Point Hospital

Two Point Hospital

Developer dibalik RollerCoaster Tycoon juga meluncurkan judul baru yang tak kalah menarik, Two Point Hospital. Sepintas, mengurus rumah sakit mungkin terdengar membosankan, namun game ini menggebrak total asumsi tersebut dengan gameplay yang imajinatif.

Penyakit yang lucu dan gameplay manajemen yang adiktif yang ditawarkan Two Point Hospital membuatnya menjadi lebih seru dimainkan.

Game ini bisa dimainkan di PC, PS 4, Xbox One, dan Nintendo Switch.

10. Planet Zoo

Planet Zoo

Setelah mengatur kota, kebun, rumah sakit, kali ini saya ingin mengajak kalian mengurus kebun binatang di Planet Zoo. Hadir dengan gameplay yang imersif serta grafik yang kece, game ini mengizinkan pemain untuk membangun kebun binatangnya sendiri.

Game ini terlihat seperti suksesor dari Zoo Tycoon, game tycoon dimana kamu merancang sendiri kebun binatang impianmu yang dimana dalam waktu yang sama kamu harus puaskan seluruh hasrat para binatang akan habitat barunya. Planet Zoo bisa dimainkan di PC.

Itulah rekomendasi game simulasi spesial Ramadan yang bisa kalian mainkan selama ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa. Apakah kalian memiliki rekomendasi yang lain? Bagikan di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version