Lagi Tren Anime Spy x Family, Inilah 10 Game Spy Terbaik dengan Gameplay Stealth Harus Kamu Coba!

Anime Spy X Family, Game Spy Terbaik

Para penggemar pop kultur Jepang terlebih yang suka nonton anime pasti sedang ketagihan menonton adaptasi anime series dari manga berjudul Spy x Family, bukan? Adaptasi anime dari manga karya Tatsuya Endo ini memang sudah lama dinanti oleh para penggemarnya di dunia. Bahkan ketika membaca manga ataupun anime Spy x Family, tidak jarang para penggemar yang juga merupakan gamer tiba-tiba pengen bermain game spy terbaik di dunia dengan genre stealth yang seru dimainkan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai 10 game spy terbaik dengan genre stealth yang harus kamu coba bagi kalian yang sedang ketagihan menonton anime Spy x Family. Daftar ini berfokus pada game-game yang memiliki tema spy alias agen mata-mata ataupun agen militer yang turut menghadirkan genre stealth yang seru bagi para pemain.

Inilah 10 game spy terbaik dengan genre stealth yang harus kamu coba bagi kalian yang penggemar manga ataupun anime Spy x Family!

Lagi Tren Anime Spy x Family, Rekomendasi Game Spy Terbaik dengan Genre Stealth

Adaptasi anime dari manga Spy x Family sedang tren saat ini

1. Alpha Protocol

Alpha Protocol

Game spy terbaik di dunia dengan fitur gameplay stealth pertama dalam daftar ini adalah Alpha Protocol. Game action RPG yang rilis pertama kali pada 27 Mei 2010 untuk platform PC ini terinspirasi dari beberapa franchise film populer bertemakan agen mata-mata seperti James Bond dan Jason Bourne. Pemain harus menyelesaikan berbagai macam misi sebagai agen militer dan menghentikan ancaman serangan dari kelompok teroris berbahaya.

Alpha Protocol dibuat oleh developer Obsidian Entertainment yang dikenal telah merilis berbagai game populer seperti The Outer Worlds dan Fallout: New Vegas. Bahkan game ini memiliki ciri khas seperti Fallout: New Vegas dimana pemain akan memiliki opsi bagaimana catatan sejarah karakter dan juga pilihan jawaban ketika berinteraksi ataupun mengambil keputusan saat menjalankan misi.

Meskipun game ini mendapatkan berbagai macam tanggapan baik dan buruk terhadap gameplay-nya, seperti fitur aim ketika menembak yang tidak biasa, Alpha Protocol menjadi sebuah game cult tersendiri bagi gamer berkat keunikannya.

2. Deathloop

Deathloop

Selanjutnya ada game yang mendapatkan berbagai macam respon positif dari gamer dan juga reviewer berkat fitur gameplay-nya yang unik berjudul Deathloop. Meskipun bukan termasuk game spy, namun jika kalian suka game ber-genre stealth lengkap dengan berbagai macam kemampuan uniknya, Deathloop patut kalian coba.

Game buatan developer Arkane Studios yang rilis pertama kali pada 14 September 2021 untuk platform PC dan PS5 (time exclusive) ini menghadirkan banyak peningkatan dari seri game Dishonored dan juga Prey. Kemampuan seperti teleportasi yang dikombinasikan dengan kemampuan lainnya seperti membuat perangkap dalam membantai musuh terasa lebih cepat dan fleksibel.

Ada yang bilang game ini secara teknis adalah Dishonored 3 karena beberapa kesamaan pada kemampuan, gameplay dan aksi stealth. Yang menjadi perbedaannya hanyalah pada konsep timeloop-nya yang menjadi poin utama pada game Deathloop.

3. Deus Ex: Human Revolution

Deus Ex: Human Revolution

Mau game estetika seperti spy dengan gameplay stealth di dunia bertemakan cyberpunk yang keren dan penuh cerita konspirasi yang kompleks? Kalian bisa mencoba game berjudul Deus Ex: Human Revolution.

Deus Ex: Human Revolution merupakan game action RPG keren yang berhasil menyatukan estetika game spy dengan aksi stealth. Pemain merupakan seorang agen Security Officer dalam menjalankan investigasi dan memecahkan sebuah kasus yang dilakukan oleh sebuah perusahaan besar dimana mereka tersangkut kasus konspirasi dibalik layar.

Game ini juga turut menghadirkan fitur opsi saat berinteraksi yang mempengaruhi jalannya investigasi untuk memecahkan misteri. Tak jarang pula kalian harus menyelinap di sebuah lokasi yang diduga memiliki informasi ataupun peran penting dalam konspirasi tersebut. Dengan fitur-fitur tersebut, tidak heran jika Deus Ex: Human Revolution menjadi salah satu game populer bagi komunitas gamer hingga saat ini.

4. Dishonored Series

Dishonored

Jika sebelumnya saya memasukkan game Deathloop buatan developer Arkane Studios, tidak lengkap rasanya jika saya tidak memasukkan seri game Dishonored dalam daftar ini. Seri game action adventure dengan gameplay FPS yang rilis pertama kali pada 9 Oktober 2012 ini menjadi salah satu pilihan yang sering direkomendasikan oleh gamer ketika mencari game stealth yang seru dan juga unik.

Hingga saat ini, seri Dishonored memiliki 2 game utama (ditambah 1 ekspansi standalone) dimana masing-masing game tersebut memiliki cerita dan protagonist yang berbeda. Satu hal kesamaan dan paling penting pada seri ini adalah kemampuan supernaturalnya yang menambah keseruan bermain dalam melakukan aksi membunuh musuh baik itu secara frontal ataupun secara diam-diam.

Tidak lupa juga bagaimana kalian dapat memilih ending cerita pada game ini, seperti menamatkan game tanpa membunuh siapapun yang ada di game pertamanya. Dengan keunikan dan juga multiple ending bisa menambah durasi bermain ketika kalian penasaran menelusuri semua jalan ceritanya.

5. Hitman Series

Hitman 2

Game spy terbaik dengan gameplay stealth yang akan saya bagikan selanjutnya kepada kalian adalah seri game Hitman. Seri game ini sudah tidak perlu dijelaskan secara detil karena sudah banyak gamer dan bahkan kalian sendiri mengetahui seperti apa game Hitman ini, bukan?

Seri game Hitman populer bagi kalangan gamer berkat permainan stealth yang menarik didukung dengan berbagai fitur gameplay-nya sebagai agen pembunuh menambah estetika tanpa diketahui oleh musuh. Karena seri game Hitman sudah terlalu banyak dirilis, penulis merekomendasikan kalian untuk mencoba bermain game Hitman 2 buatan developer IO Interactive yang rilis pertama kali pada 13 November 2018.

Game ini tidak memerlukan kalian mengikuti jalan cerita serinya karena tujuan dari game ini adalah melakukan aksi membunuh target sesuai misi yang diperintahkan. Jadi kalian bisa menikmatinya tanpa perlu tahu jalan cerita dari seri game dari awal hingga akhir.

6. Metal Gear Solid Series

Metal Gear Solid Series

Berbicara mengenai game stealth dengan estetika sebagai seorang agen militer one man army menyelinap ke markas musuh, saya akan memasukkan seri game stealth terbaik favorit saya sendiri, yaitu Metal Gear Solid Series. Game buatan Hideo Kojima ini sudah tidak asing lagi bagi para gamer berkat kepopulerannya sebagai game tactical espionage action.

Sama halnya dengan seri Hitman, seri game Metal Gear Solid bisa kalian nikmati tanpa harus mengetahui secara total semua jalan cerita game-nya. Itu karena masing-masing game memiliki ceritanya sendiri. Namun suatu saat kalian akan penasaran dengan game lain Metal Gear Solid dan merasa tidak cukup memainkan satu game saja karena betapa dalam cerita fiksi perang dunia dan militer buatan Hideo Kojima yang penuh politik dan konspirasi (bahkan salah satu konsep game-nya menjadi kenyataan di dunia nyata).

7. Perfect Dark

Perfect Dark

Selanjutnya ada game klasik buatan developer Rare yang rilis pertama kali pada 22 Mei 2000 untuk platform Nintendo64 berjudul Perfect Dark. Jika rata-rata game agen spy dalam daftar ini berhubungan dalam menghentikan suatu kelompok teroris saja, Perfect Dark justru menghadirkan sosok musuh dimana pemain akan menghadapi pasukan Alien dari luar angkasa.

Game yang disebut-sebut sebagai successor dari GoldenEye 007 menghadirkan banyak peningkatan dari salah satu game yang menjadi pencetus sistem aim yang lebih baik pada genre FPS. Pemain akan menghadapi berbagai rintangan dan juga musuh sebagai agen untuk menghentikan rencana jahat oleh kelompok teroris yang bekerja sama dengan Alien.

8. Syphon Filter Series

Syphon Filter Series

Kemudian ada game spy terbaik dimana serinya sudah lama tenggelam dan tidak ada kabar game barunya, yaitu Syphon Filter. Seri game action third person shooter ini sangat populer pada era PS1 dimana masih minimnya game ber-genre action shooter keren bertemakan agen khusus dan juga memiliki fitur gameplay stealth.

Seri Syphon Filter sangat cocok untuk kalian yang sedang mencari game spy keren apalagi yang ingin bernostalgia di platform PS1, PS2 dan juga PSP. Meskipun tidak memiliki banyak daftar game, saya merekomendasikan kepada kalian untuk mencoba semua game Syphon Filter era PS1 karena kalian akan mengetahui bagaimana sensasi keseruan game action shooter ini di platform klasik tersebut. Btw, Syphon Filter 2 menjadi game terbaik dari serinya menurut saya pribadi.

9. The Operative: No One Lives Forever

The Operative: No One Lives Forever

Daftar game spy terbaik selanjutnya adalah The Operative: No One Lives Forever. Game FPS buatan Monolith Productions ini rilis pertama kali pada 9 November 2000 untuk platform PC. Kemudian disusul perilisannya untuk platform PS2 dan Mac OS X.

Sama halnya dengan Alpha Protocol, The Operative: No One Lives Forever merupakan game spy yang terinspirasi dari film ataupun TV series bertemakan agen mata-mata. Game ini sangat digemari para gamer hingga saat ini berkat keunikan gameplay dengan berbagai macam gadget canggih khas agen mata-mata seperti dalam film. Bahkan saking populernya game ini banyak para reviewer menyebut bahwa The Operative: No One Lives Forever game terbaik FPS setelah Half-Life sejak tahun 1998.

10. Tom Clancy’s Splinter Cell Series

Splinter Cell: Chaos Theory

Game spy terbaik dengan gameplay stealth terakhir dalam daftar ini adalah seri game Tom Clancy’s Splinter Cell. Seri game berdasarkan novel karya Tom Clancy ini menitik beratkan fitur permainan stealth dalam menyelinap markas musuh dan menjalankan misi yang diperintahkan.

Tom Clancy’s Splinter Cell disebut-sebut sebagai rival dari seri game Metal Gear Solid karena kedua game tersebut menjadi salah satu game yang mempopulerkan genre stealth yang seru dan menarik bagi para gamer. Ada banyak sekali daftar judul game Splinter Cell ini, namun saya merekomendasikan kalian mencoba game Splinter Cell: Chaos Theory dimana game tersebut benar-benar memberikan pengalaman sebagai total agen spy yang harus menjalankan misi ke markas musuh sendirian dengan memanfaatkan celah-celah ataupun sisi gelap bayangan yang menjadi ciri khas seri game ini.

Itulah informasi mengenai 10 game spy terbaik yang turut menghadirkan fitur gameplay stealth bagi kalian yang sedang mencari game genre tersebut karena ketagihan menonton anime Spy x Family. Apakah kalian tertarik mencoba salah satu atau semua game di atas?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version