Game Super Mario Versi Terlama Ini Berhasil Dijual dengan Harga 1.4 Miliar Rupiah

aj7gnrwvifhyou9qefys

Jadikannya sebagai game fisik termahal sepanjang sejarah

Game Super Mario pertama kali dirilis pada tahun 1985 untuk konsol NES (Nintendo Entertainment System), yang notebenenya merupakan konsol video game paling awal yang pernah perusahaan Nintendo luncurkan. Meskipun begitu, sudah sekitar 34 tahun lamanya hal tersebut berlalu. Tentu tak banyak gamer-gamer sekarang yang bisa cukup apalagi mau tahu tentang keberadaan game-game bertaraf 10 bit ke bawah sebagai budaya yang mengasyikan di kala itu.

Lewat keikonikan Super Mario berserta dengan awetnya sejarah yang sudah dibangun oleh franchise ini hingga sekarang, jangan kaget bila ternyata masih ada sebagian komunitas yang punya suatu penilaian tinggi terhadap hasil warisan produk dari hobi kita tercinta ini di masa lampau.

Pada tahun 2017 lalu, ada seorang yang berhasil menjual satu kopi game Super Mario yang super lawas tersebut dengan harga fantastis. Dijual melalui sebuah lelang di eBay (via pemberitaan lama Kotaku), game fisik dari Super Mario dalam bentuk box hitam yang masih terbungkus secara rapat oleh plastik itu akhirnya bisa terjual dengan harga $30.000 atau setara Rp 420 juta Rupiah.

Versi yang hanya dilapisi plastik

Jika angka 420 juta rupiah di sana menurutmu terlalu luar biasa, kamu tetap harus tahu bahwa rekor pada dasarnya selalu ada untuk dipecahkan. Di tahun 2019 ini, ternyata ada game Super Mario versi NES yang bisa terjual lagi secara lebih mahal, yakni mencapai $100.150 atau setara Rp 1.4 Milliar lebih. Melalui pemberitaan terkini juga dari Kotaku, percaya atau tidak, kemasan game Super Mario ini justru hanya disegeli oleh stiker kecil berlogo Nintendo di atasnya, dan sama sekali tidak dibungkus atau dibaluti oleh plastik (hanya terbungkus oleh kemasan kotak bening yang disediakan khusus oleh pihak perusahaan lelang).

Dijual langsung melalui Watagames, sebuah perusahaan pelelangan koleksi game yang sekaligus juga bertugas untuk mensertifikasi atau mengotentikasi beragam koleksi-koleksi kaset fisik dari video game yang sudah diterima. Menurut mereka, koleksi game Super Mario ini memang pantas dihargai sangat tinggi karena kondisi box dan segel stiker pembukanya masih tetap rapi dan awet walau tanpa dilapisi plastik. Dengan dibanderoli harga hampir sebesar satu setengah milliar Rupiah, game ini pun akhirnya dibeli tidak oleh 1 orang, melainkan diakuisisi secara bebarengan oleh 3 sesama pihak kolektor game kaya raya yang nampaknya sama-sama kesemsem dengan keotentikan kemasan game Super Mario lawas tersebut.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Begini doang 1M ?

Deniz Khan, selaku presiden Wata Games menyebut bila si pemilik asli (pihak penjual) awalnya tidak terlalu serius untuk menjual koleksi game Super Marionya itu. Karena ia selalu menegaskan bila dirinya tak mau game miliknya tersebut dijual dengan penawaran harga di bawah 5 digit angka (dalam satuan USD). Ia hanya mau mempertimbangkan pihak yang memberikan penawaran angka 6 digit atau minimal $100.000.

Melalui kejadian menarik ini, Deniz juga mengungkapkan rasa optimismenya untuk dapat melihat video game disejajarkan dengan barang-barang seperti komik, koin, hingga mobil antik sekalipun. Ia sangat meyakini bila suatu saat nanti video game benar-benar digolongkan sebagai suatu barang legendaris yang bisa dijual dengan harga puluhan milliar rupiah atau, setara $1 juta.

Sumber: Kotaku


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando

Exit mobile version