Demo Game Superman Unreal Engine 5 Dicuri dan Dijual di Steam

Demo Game Superman Unreal Engine 5

Game Superman Unreal Engine 5 – Beberapa waktu lalu, seorang developer indie mengembangkan sebuah game demo Superman yang dikerjakan menggunakan Unreal Engine 5. Gameplay yang disajikan pun cukup menarik hingga mendapat banyak apresiasi dari para gamer.

Sayangnya, baru saja dilaporkan bahwa demo game yang tersedia secara gratis tersebut baru saja dicuri oleh suatu pihak. Tak hanya sekedar diambil tanpa izin, namun game juga dijual melalui platform Steam.

Demo Superman Unreal Engine 5 Dicuri

Demo Superman Unreal Engine 5

Beberapa minggu lalu, salah seorang fans sempat melaporkan kepada sang developer yakni Tyson Butler-Boschma bahwa terdapat game yang terlihat cukup similiar di platform Steam. Dilansir dari PC Gamer, perusahaan pengembang game bernama Hero Games Studios tertangkap mengambil demo Superman yang dijual seharga $10.99 atau kurang lebih setara dengan 170 ribu rupiah.

Tak hanya itu, game yang dijual juga sudah resmi terdaftar dengan hak cipta, sehingga membuat channel YouTube dari Tyson justru mendapat copyright claim dari terduga pencuri. Melalui Twitter, developer pun mengutarakan kekecewaannya terhadap perkara tersebut, namun dirinya mengaku tidak berani memberikan informasi pribadi untuk melawan tuntutan.

Dituduh Mencuri, Hero Games Studios Membantah

Dituduh Mencuri, Hero Games Studios Membantah

Tyson sebelumnya juga sempat meninggalkan review di halaman Steam game. Dalam ulasan tersebut tertulis dengan maksud memberi tahu bahwa game adalah hasil curian dan memperingatkan para pemain untuk tidak membelinya.

Review tersebut pun kemudian dibalas oleh Hero Games Studios, dimana mereka menuduh bahwa Tyson sebenarnya sebagai mantan anggota tim yang sudah keluar dari perusahaan. Mereka menganggap bahwa Tyson menuduh game dicuri agar dapat mengambil keuntungan pribadi, mengingat penjualan game dilaporkan sedang meningkat dengan cepat.

Tentu hal tersebut dibantah oleh Tyson lantaran dirinya tidak mengetahui apapun mengenai perusahaan Hero Games Studios. Hal tersebut dibuktikan melalui akun LinkedIn milik Tyson yang terlihat tidak ada afliasi terhadap studio.

Pengembangan demo game Superman merupakan hasil modifikasi dari game The Matrix Awaken yang dikembangkan oleh Epic Games untuk promosi filmnya. Tyson mengaku merancang gamenya dengan detail, hal tersebutlah yang membuatnya yakin bahwa game bertemakan superhero yang ada di Steam tersebut merupakan hasil curian karyanya.

Saat ini, game sudah tidak tersedia dan tak lagi dapat dibeli melalui Steam. Namun apabila tertarik mencobanya, game saat ini masih dapat diunduh dan dimainkan secara gratis melalui situs itch.io.


Baca juga artikel-artikel serta berita terkini tentang Game Indie dan lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version