Game ‘Terlangka’ Seharga $100 ribu dolar Muncul Lewat eBay

in

Di eBay, baru-baru ini heboh karena kedatangan seorang yang menjual salah satu game terlangka didunia dengan harga $ 100 ribu dolar. Game Extra Terrestrials mungkin tidak setenar seperti Mario atau Pac-Man biarpun sama-sama klasik, tetapi nyatanya game Atari satu ini lah yang menggemparkan dunia, karena memang benar-benar langka, bukan karena ketenaranya.

Dirilis pada tahun 1983 untuk Atari 2600, dan diproduksi hanya sekitar 100 eksemplar Extra Terrestrials yang pernah dijual untuk umum, dan hanya empat buah yang ada di dunia saat ini. Selain menjadi game terlangka, ternyata game ini juga dinobatkan sebagai salah satu game terburuk di dunia.

Dari empat keberadaan game ini, tiga diantaranya berada tinggal di museum video game, dan sisanya yang satu lagi ternyata menyasar ke eBay.


Gamewizard69 sang penjual telah mendaftarkan kartrid Atari langka satu ini dengan $ 90.000 USD, memang sangat membuat penasaran, biarpun ini adalah salah satu koleksi terlangka di dunia game, apakah yang membuat kartrid game ini dapat dijual sangat mahal? murni karena kelangkaanya? atau karena kualitas dari game ini sendiri?

Pada daftar item yang ditemukan oleh GameByte, gamewizard69 menjelaskan dan merinci sejarah game yang ia jual tersebut, menulis: “Ini adalah pertama kalinya game ini didaftar secara publik untuk dijual ke dunia dan saya saat ini merupakan satu-satunya orang yang memiliki game ini dengan kepemilikan pribadi. ”

Menurut sang penjual, Extra Terrestrials sempat menghilang sejak tahun 2011, diperkirakan sudah musnah, meskipun awalnya diproduksi pada tahun 1984, ternyata game ini sempat dicari keberadaanya sehingga saat game ini muncul ke permukaan seperti saat ini orang-orang menyebut barang ini adalah “video game yang lama hilang.”

Atari yang dulu terkenal dengan sistem penjualan yang mendatangi dari rumah ke rumah, mirip dengan sistem penjualan panci atau perabotan rumah tangga yang gemar mendatangan suatu komplek pemukiman untuk mendemonstrasikan suatu alat rumah tangga. Akhirnya sang penjual ini juga menceritakan bahwa, gamewizard69 menjelaskan: “Saya membeli game ini dari penjual yang menemukan game ini di area Brantford dekat dengan lokasi produksi.

“Saya membayar harga premium untuk itu sendiri dan sangat sulit bagi saya untuk membuat pilihan ini, tetapi saya pikir saya akan membuka peluang kepada dunia untuk mendapatkan permainan yang benar-benar unik dari permainan dan sejarah Kanada.

“Pemilik PC Museum Syd Bolton menganggap penemuan ini mirip dengan penemuan artefak kuno.” Terkait hadirnya game ini di penjualan online pasca dianggap musnah.


Sumber: Gamebyte


Baca juga Artikel dan Berita menarik lainya seputar AOV, Game, dan Tech dari Mohammad Abdul Fatah

Email: [email protected]