Game Transfer Phenomena, Gejala “Halusinasi Gamer” yang Kerap Tak Kita Sadari


Apa itu GTP atau Game Transfer Phenomena

Pernahkah kalian merasa musik game yang masih terngiang-ngiang dalam telinga meski game sudah dimatikan ? melihat health bar seseorang didunia nyata? atau bahkan melihat objek visual dari elemen suatu game di dunia nyata ? Jika iya mungkin kalian sedang mengalami fenomena Game Transfer atau Game Transfer Phenomena. Istilah GTP kali pertama ditemukan oleh seorang ilmuan Inggris tahun 2010 bernama Angelica B. Ortiz de Gortari yang melakukan interview terhadap 42 gamer berat di Swedia. Hingga pada tahun 2015 ia kembali melakukan penelitian namun dengan sekala lebih besar, dimana ditemukan pada kurang lebih 2,000 gamer lebih dari 90% mengaku pernah mengalami gejala GTP.

Gambaran dari Tetris Effect

Dahulu istilah serupa juga sempat disebutkan oleh website Wired pada tahun 94′, dimana headline artikel tersebut menyebutkan sebuah fenomena yang disebut “Tetris Effect”. Sama seperti GTP, Tetris Effect mengambil namanya berdasarkan gangguan yang dialami orang pasca memainkan game tetris. Dimana banyak orang mengaku terbayang-bayang melihat bentuk suatu bangunan akan pas jika ditumpuk bentuk bangunan lain.

Kembali ke penelitian GTP, salah satu koresponden penelitian milik Angelica tahun 2010, juga menjabarkan apa yang dialami oleh orang yang mengalami GTP.

“Dulu waktu gw masih jadi pemain hardcore WoW (World of Warcraft)…. waktu adrenalin gw terpompa. Gw mulai melihat health bar diatas kepala orang-orang (saat didunia nyata)” Charlie, 17 umur 17 tahun.

Penyebab Terjadinya Game Transfer Phenomena

Perhatikan waktumu