10 Game Underrated Terbaik 2022 yang Harus Kalian Coba

Game Underrated Terbaik 2022

Game Underrated Terbaik 2022 – Ketika sedang mencari-cari ide artikel, penulis sadar tak terasa sudah memasuki penghujung tahun tepatnya bulan Desember tahun 2022. Sepanjang tahun kita disuguhi dengan berbagai game mulai dari yang sukses melejit hingga game yang kurang dapat perhatian publik.

Beberapa game kurang populer yang biasa gamer sebut dengan istilah underrated ini tidak jarang juga seru untuk dimainkan. Hanya saja teknik marketing yang salah atau rilis di waktu yang kurang tepat bisa menyebabkan game tersebut sirna dari lirikan gamer.

Game Underrated Terbaik 2022

Game Underrated Terbaik 2022 yang Perlu Kalian Cek

Sembari menunggu perilisan game yang akan bermunculan tahun depan 2023, tidak ada salahnya kita sedikit kilas balik beberapa game yang cukup bagus namun mungkin hilang dari radar kalian. Berikut beberapa judul game rilisan 2022 yang perlu kalian cek.

Sedikit disclaimer, daftar game di artikel ini berisi game underrated terbaik yang rilis di tahun 2022, mulai dari game baru, port, atau re-release. Tanpa basa-basi lebih lanjut mari kita bahas apa saja game-nya.

1. Persona 4 Arena Ultimax

Mari kita buka list game underrated ini dengan game fighting besutan Atlus dan Arc System Works. Dimana Arc System Works adalah salah satu studio game yang terkenal dengan game fighting seperti Blazblue, Guilty Gear, dan baru-baru ini spinoff game populer dari Cygames yaitu Granblue Fantasy Versus.

Membahas soal P4AU sendiri, game ini mengambil karakter dari Persona 3 dan 4. Menceritakan kisah tepat setelah Persona 4 Arena alias game sebelumnya berakhir. Persona 4 Arena sendiri mengambil cerita 2 bulan setelah kisah Persona 4 selesai.

Persona 4 Arena Ultimax

P4AU pertama kali rilis di Jepang lewat arcade tahun 2013 dan mendapatkan port ke konsol PlayStation 3 dan Xbox 360 setahun setelahnya. Game ini pun resmi rilis di PC, PlayStation 4, dan Nintendo Switch bulan Maret 2022 ini.

Berkat Sega dan Atlus yang kini tengah gencar merilis game mereka ke platform diluar konsol Sony. Meski core gameplay P4AU adalah fighting game yang jujur saja tidak untuk semua orang, namun jika kalian baru kepincut dengan game Persona karena alasan diatas, game underrated di tahun 2022 ini mungkin bisa kalian coba.

2. Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin

Game underrated ini sebenarnya cukup banyak gaungnya pas awal-awal dilepas ke pasar. Namun selang beberapa bulan kemudian sudah menjadi game yang terlupakan begitu saja. Game Stranger of Paradise sendiri dikenalkan sebagai alternate universe sekaligus prekuel dari dunia Final Fantasy pertama.

Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin

Berbeda dengan game di seri utama Final Fantasy yang biasa langsung diurus oleh Square Enix, Stranger of Paradise dikerjakan oleh Team Ninja Koei Tecmo. Merupakan sebuah game action RPG dimana kalian memainkan karakter Jack yang terobsesi dengan Chaos, musuh utama di Final Fantasy pertama. Game ini pun menceritakan bagaimana kisah sebelum FF pertama bisa terjadi dan juga adanya twist di akhir cerita. Menarik, bukan?

3. Rune Factory 5

Sudah bertahun-tahun franchise Rune Factory tidak menghadirkan game baru. Game-game sebelumnya yang dibuat oleh studio Neverland Co. dan harus berhenti di seri ke-4 dikarenakan studio tersebut mengalami kebangkrutan. Publisher Marvelous kemudian mengumpulkan staf dari Rune Factory termasuk Hashimoto Yoshifumi yang sebelumnya menjabat sebagai Series Producer dan berniat mengembangkan seri ke-5 Rune Factory.

Rune Factory 5

Kalian yang menyukai game simulasi bercocok tanam dengan sedikit bumbu monster taming mungkin akan tertarik dengan game ini. Game-nya sendiri menghadirkan versi bahasa inggris untuk pasar barat di tahun 2022 ini sekaligus porting ke platform PC.

4. Ghostwire: Tokyo

Game Ghostwire: Tokyo begitu diumumkan di ajang E3 tahun 2019 lalu banyak menuai rasa penasaran gamer. Memadukan kota Tokyo modern dengan unsur supranatural Jepang. Game-nya sendiri mengambil sudut pandang pertama dan kalian bertugas membasmi roh dan hantu di kota Tokyo.

Ghostwire: Tokyo

Rilis di kuartal pertama dan disambut meriah oleh gamer. Ekspektasi menjadi tinggi karena suksesnya game sebelumnya dari studio Tango Gameworks yaitu The Evil Within 1 dan 2. Meskipun begitu, game dari studio bikinan Shinji Mikami ini termasuk game underrated terbukti dari penjualan awal perilisan di Jepang yang tidak mencapai 10.000 copy.

5. Death Stranding Director’s Cut

Gamer yang mengikuti kabar dunia game beberapa tahun terakhir mungkin kenal atau setidaknya pernah mendengar nama Hideo Kojima. Seorang pribadi yang sedikit nyentrik ini juga menghadirkan game yang unik pula.

Hideo Kojima menyebut game buatannya adalah game yang memiliki genre baru yaitu Strand game. Berbeda dengan genre game pada umumnya, Strand game secara penuh membutuhkan rangkaian interaksi antar pemain untuk menciptakan dunia game-nya secara kolektif. Mungkin itu yang ingin disampai oleh Kojima ketika sedang mengerjakan Death Stranding.

Death Stranding Director’s Cut

Walau banyak yang memuji Kojima berani membuat game nyentrik dengan modal besar (apalagi dimodali oleh Sony), namun game-nya sendiri seringkali dilewatkan oleh gamer dikarenakan gameplay yang ‘hanya sekadar’ Walking simulator. Namun dibalik itu, pengalaman bermain yang ditawarkan Death Stranding memang layak dapat apresiasi.

Versi Director’s Cut sendiri menambahkan beberapa gameplay dan story baru serta menghadirkan PC port di bulan Maret 2022. Pengalaman yang unik ini hanya bisa kalian dapatkan di salah satu game underrated terbaik buatan Hideo Kojima ini.

6. Weird West

Jika kalian adalah penggemar apapun bertemakan cowboy mungkin game underrated terbaik yang ini cocok untuk kalian. Terinspirasi dari sebuah genre dalam dunia fiksi dimana menggabungkan unsur wild west ala cowboy dengan supranatural, sains fiksi, dan horor.

Weird West

Game Weird West sendiri mengambil sudut pandang topdown dengan genre action rpg. Uniknya segala hal yang dilakukan oleh player bersifat permanen dan tidak dapat diubah melalui respawn karakter. Sayang sekali game dengan unsur menarik dan cerita yang seru seperti ini tidak mendapatkan spotlight yang cukup dan menjadi game underrated.

7. The Stanley Parable: Ultra Deluxe Edition

Stanley adalah seorang karyawan normal di ruang kerja bernomor 427. Kerja Stanley adalah menunggu arahan dari layar monitornya yang menyuruh dirinya menekan apapun tombol yang muncul. Namun suatu hari, tiba-tiba arahan dari layar monitor berhenti dan menyadari semua rekan kerjanya menghilang begitu saja.

The Stanley Parable adalah sebuah game narasi dimana player berperan sebagai Stanley sang pekerja kantoran. Dari awal hingga akhir game, cerita dinarasikan oleh seorang narator dan player bisa memilih untuk mengikuti atau melawan instruksi dari narator tersebut. 

The Stanley Parable Ultra Deluxe

The Stanley Parable yang aslinya hadir tahun 2011 sebagai mod untuk Half-Life 2 dan dibuat dengan Source engine tahun 2013. The Stanley Parable kembali mendapatkan remake dalam Utra Deluxe Edition. Kini dibuat dengan engine Unity dan hadir juga di konsol PS4, PS5, Nintendo Switch, Xbox One, dan Xbox Series X/S. Walau game aslinya cukup ramai, versi Ultra Deluxe-nya jarang dibahas oleh komunitas menjadikannya sebagai salah satu game underrated di tahun 2022 ini.

8. Trek to Yomi

Jika kalian adalah fans film Jepang jadul seperti Akira Kurosawa mungkin bisa mencoba game side scrolling Trek to Yomi. Dibuat oleh studio Flying Wild Hog yang sebelumnya membuat game Shadow Warrior.

Trek to Yomi

Game yang hadir secara hitam putih layaknya film zaman dulu ini berhasil menyajikan sebuah pengalaman game yang unik. Komponen dari game ini memang terinspirasi dari film buatan Jepang tahun 50an dan kepercayaan Shinto di negeri sakura tersebut. Menjadikan game ini sebagai salah satu game underrated terbaik yang pernah rilis di tahun 2022.

9. Hellpoint

Pecinta game Soulslike mungkin sudah tidak asing dengan Hellpoint. Jika tidak, kalian mungkin harus cek game underrated ini bila sedang mencari game yang punya rasa mirip-mirip game buatan From Software yaitu Dark Souls.

Hellpoint

Walaupun tidak secara gamblang menyebut game-nya adalah soulslike namun banyak fans yang malah membandingkan Hellpoint sebagai versi lebih baik dari Dark Souls pertama. Hellpoint hadir di konsol PlayStation 5, Xbox Series X, dan Series S di 2022. Siapkan mental karena jika bukan fans Soulslike, kalian mungkin akan kewalahan memainkan salah satu game underrated terbaik di tahun 2022 ini.

10. What Remains of Edith Finch

What Remains of Edith Finch adalah sebuah game narasi petualangan dimana konsep gameplay-nya kita menelusuri masa lalu keluarga Finch lewat karakter Edith. Cerita dalam game dibagi dalam cabang-cabang dimana tiap cabang mengisahkan karakter di keluarga Finch yang semuanya berakhir naas.

What Remains of Edith Finch

Game besutan developer Giant Sparrow tersebut menambah ketersediaan lini platform mereka di PlayStation 5, Xbox Series X, dan Series S tahun 2022 ini. Meski penuh narasi dan minim aksi, What Remains of Edith Finch adalah salah satu game yang underrated terbaik pernah hadir di tahun 2022 dan wajib kalian mainkan.

Jadi itulah 10 game underrated terbaik di tahun 2022 yang bisa kalian coba sembari menunggu game-game terbaru lainnya yang akan hadir tahun depan. Menurut kalian apakah ada game yang menarik perhatian kalian dari daftar di atas?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Underrated, Game Terbaik atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version