[Gameplay + First Impression] Final Fantasy XV Judgment Disc: Demo Fantastis Sebelum Dirilis

vlc 2016 11 14 08 12 30 08

Final Fantasy XV akan segera dirilis beberapa hari lagi, dan seperti biasa Square Enix selalu melaporkan progress development dari Final Fantasy XV melalui Active Time Report. Pada tanggal 10 November kemarin Square Enix juga melaporkan bagaimana progress dari Final Fantasy XV melalui Active Time Report. Active Time Report kali ini Tabata Hajime selaku Sutradara Final Fantasy XV menjelaskan bahwa akan ada demo terakhir Final Fantasy XV dengan judul Final Fantasy XV Judgment Disc yang segera meluncur di PlayStation Store Jepang tanggal 11 November kemarin. Ia menambahkan bahwa, Final Fantasy XV Judgment Disc adalah versi final dari Final Fantasy XV, kamu bisa memainkan chapter pertama pada tingkat kesulitan Easy dari Final Fantasy XV namun hanya sampai teaser cerita saja. Final Fantasy XV Judgment Disc hanya ada di PlayStation Store dan XBOX Store Jepang saja dan kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba bagaimana versi final dari Final Fantasy XV ini.

https://www.youtube.com/watch?v=eMOvRQP5eVc

Platinum Demo Link

Jika kamu sempat memainkan Platinum Demo Final Fantasy XV, maka kamu bisa mengimpor data dari demo tersebut di demo Final Fantasy XV: Judgment Disc. Data yang kamu impor ini semata-mata hanya data untuk memberimu tutorial dari Carbuncle yang akan menjelaskan bagaimana mekanisme gameplay Final Fantasy XV.

Grafis & FPS

Sudah tidak perlu diragukan lagi, grafis game ini benar-benar indah, meskipun terkadang saya pribadi tidak begitu suka dengan efek sore menjelang malamnya yang menurut saya sedikit aneh. Berbeda dari versi demo terdahulu, pada demo kali ini kamu akan merasakan pengalaman bermain yang sangat memuaskan karena kamu akan sangat sedikit menemui FPS drop dibandingkan versi demo sebelumnya.

Exploration & Driving

Dalam demo Final Fantasy XV Judgment Disc, kamu bisa menjelajahi dunianya yang menurut kami sangat luas. Mapnya yang disebut-sebut lebih luas dari map GTA V benar-benar bukan hanya bualan belaka, karena dalam versi demonya kali ini kamu bisa menjelajahi map yang sangat luas dengan berbagai ekosistem unik di dalamnya dan ini hanya sebagian dari keseluruhan map Final Fantasy XV. Berbagai bangunan dan spot unik, bahkan boss yang kamu temui di Platinum Demo Final Fantasy XV Tetsu Kyojin (Steel Titan) juga bisa kamu temui di demo Judgment Disc kali ini. Eksplorasi akan lebih singkat jika kamu telah selesai memperbaiki mobilmu, Regalia. Fitur dynamic day/night shift sangat memberikan pengaruh pada monster yang tersebar di penjuru map. Jika pada siang hari kamu bisa membasmi monster-monster yang mudah kamu kalahkan, malamnya kamu bisa bertemu monster yang lebih kuat dan monster yang hanya muncul pada malam hari seperti Goblin.

Drivingnya juga sangat memuaskan, kamu bisa mengendarai Regalia sendiri atau memilih fitur “Auto Driving Mode” dan menyerahkannya kepada Ignis melalui menu. Fitur “Auto Driving Mode” memungkinkanmu untuk sampai di tempat tujuan dengan cepat karena Ignis akan mengendarai Regalia melalui jalan pintas yang tentunya akan menghemat waktumu. Sayangnya, kamu hanya bisa menggunakan fitur ini hingga sore hari saja, karena malamnya kamu harus mengendarai mobilmu sendiri. Hal lain yang disayangkan adalah Regalia ini mudah rusak, saya secara tidak sengaja menabrak pembatas jalan saat mencoba mengendarainya sendiri, membuat seluruh body Regalia penyok seketika meskipun hanya bagian depan yang menabrak.

Kamu bisa mengunjungi toko senjata untuk membeli equipment, toko grosir untuk membeli potion dan bahan makanan, restoran untuk bertanya dengan pemiliknya dan membuka beberapa spot di map atau mengambil quest mob hunt atau sekedar makan saja, hingga pom bensin untuk mengisi bensin Regalia.

Ketika malam tiba, saya sarankan kamu harus mencari spot camping atau mobil SUV yang terparkir di beberapa spot tertentu, karena menginap di hotel akan cukup menguras kocekmu, terlebih hotel semi-mewah hingga mewah yang tarifnya berkisar paling murah 10,000 gil. Bermalam akan mengakumulasikan jumlah EXP yang kamu dapatkan di siang hari dan buff masakan yang dimasak Ignis.

Combat

Final Fantasy XV memiliki sistem full action combat. Kamu akan sepenuhnya mengontrol Noctis untuk bertempur melawan monster dan bos yang ada di game ini. Terdapat berbagai sistem combat mulai dari Guard & Parry, Back Attack, Shift, Command, dan yang lain. Beberapa sistem klasik seperti Magic juga bisa kamu temui di versi demonya kali ini. Berikut penjelasan singkatnya:

Attack

Kamu bisa menahan tombol lingkaran untuk menyerang musuhmu.

Guard & Parry

Kamu bisa melakukan guard ketika musuh menyerang Noctis dengan menekan kotak dan langsung melakukan parry/counter dengan menekan lingkaran. Delay waktu untuk melakukan parry sangat sedikit, jadi kamu harus melakukan parry secepat mungkin. Kamu juga bisa menemui “Parry Link” yang akan terjadi secara random.

Back Attack

 

Untuk melakukan Back Attack, kamu perlu mengendap-endap ke belakang musuh dan menyerangnya. Back Attack akan memberikan damage 1.5x lebih besar daripada serangan biasa. Sama seperti Parry, terkadang kamu juga akan menemui “Back Attack Link” dengan rekan satu party-mu.

Command

Terdapat 3 bar meter di sebelah kiri layar yang jika penuh bisa kamu gunakan untuk melakukan Command dengan menekan L1. Command membuat salah satu dari 3 orang di partymu melakukan “ultimate attack”nya dengan damage yang cukup besar.

Magic

Berbeda dengan seri terdahulunya, dalam demo Final Fantasy XV kali ini kamu perlu mengumpulkan salah satu dari 3 elemental magic yang tersebar di sekitar camping spot. Kamu bisa mengekstrak elemen tersebut menjadi magic seperti Fire, Thunder, atau Blizzard di menu. Elemen maksimal yang bisa kamu kumpulkan adalah 99.

Shift

Hal yang khas dari Final Fantasy XV adalah Shift yang hanya bisa dilakukan keturunan Raja Regis dan tentaranya yang dipinjamkan kekuatan Raja termasuk Noctis. Shift bisa digunakan untuk menyerang, yang disebut dengan Shift Attack. Shift Attack membuatmu bisa melempar senjata lalu melakukan teleport ke senjata yang telah kamu lempar ke musuh dengan menekan segitiga yang akan menghasilkan Shift Attack dengan damage 1.3x lebih besar. Sebelumnya kamu bisa menemui Shift Attack di movie Kingsglaive Final Fantasy XV. Tidak hanya untuk menyerang saja, Shift juga bisa digunakan untuk recovery MP yang disebut dengan Map Shift. Map Shift dapat dilakukan dengan cara melempar senjatamu ke spot tertentu seperti menara atau batu yang telah ditandai sebagai spot Map Shift.

MP

MP akan terkuras ketika kamu menyerang atau melakukan Shift Attack. MP bisa kembali penuh jika kamu melakukan recovery dengan menggunakan Shift atau bersembunyi di balik bangunan atau batu. Jika MP terkuras habis maka Noctis akan terlihat lelah dan pergerakanmu akan dibatasi hingga MP mu kembali terisi.

Recovery

Ada dua cara recovery alami tanpa potion di sini, saat combat dan saat eksplorasi. Saat combat kamu bisa melakukan Shift dengan menekan segitiga atau bersembunyi di balik bangunan dan menekan kotak untuk melakukan recovery. Sementara saat eksplorasi kamu bisa camping atau menginap di hotel/SUV/losmen.

Critical HP

Jika HPmu mencapai kritis (paling parah 1 HP), maka pergerakanmu akan dibatasi, cara satu-satunya untuk melakukan recovery HP pada saat critical HP adalah dengan mendekati salah satu rekanmu sehingga ia akan melakukan recovery HPmu. Lakukan cara yang sama jika salah satu rekan partymu memiliki status Critical HP. Kamu akan langsung game over jika Noctis mati.

Ability Point (AP)

Setiap kamu membasmi musuhmu, kamu akan mendapatkan Ability Point (AP). AP bisa kamu gunakan untuk meningkatkan skill-skill pasif seperti recovery MP, hingga cooperation attack seperti parry link. Fitur ini sama persis seperti fitur yang ada di Final Fantasy XIII.

Fishing

Kamu bisa memancing ikan di sini, namun sebelumnya kamu akan membutuhkan senar untuk melakukannya. Teknik memancing ikannya cukup unik, kamu harus coba fitur ini juga.

Demo Final Fantasy XV Judgment Disc bisa kamu akses dengan akun PSN Jepang di PlayStation Store. Demo ini diakhiri dengan trailer yang bisa kamu tonton di bawah.

Judgment Disc berikan pengalaman yang sangat fantastis. Eksplorasi dunianya yang sangat amat indah akan membuatmu penasaran dan ingin menemukan hal-hal unik apa saja yang disematkan SE di penjuru mapnya. Kerjakeras tim Final Fantasy XV sangat memuaskan, membuatmu mungkin seolah tidak percaya jika game ini telah diumumkan sejak 10 tahun yang lalu dengan judul Final Fantasy XIII Versus. Gameplay dan combatnya yang sedikit kompleks namun sangat mudah dimengerti membuat siapa saja baik yang belum pernah memainkan Final Fantasy sama sekali akan mudah memainkannya. Sayangnya kami belum menemukan fitur summon di demo kali ini, entah memang tidak tersedia atau memang kami belum menemukannya. Kita hanya tinggal duduk dan menunggu tanggal rilis Final Fantasy XV 29 November nanti untuk PS4 dan XBOX One.

Exit mobile version