Butuh Waktu 10 Tahun, Gamer Ini Jadi Satu-satunya Pemain yang Lengkapi Trophy PSN di Semua Game Final Fantasy

Trophy Final Fantasy

Sebagai cara untuk membuat pemain merasa dihargai atas pencapaian di game yang sudah mereka lalui, fungsi dari fitur Trophy/Achievement jelas sama sekali tak bisa disepelekan keberadaannya.

Entah seberat apapun caranya, pemain seolah dibuat tertantang untuk terus menemukan sekaligus menghabiskan keseluruhan isi konten secara maksimal serta mengungkap semua rahasia yang tersimpan di dalam game tersebut. Apalagi dari, game yang lebih berbumbu petualangan atau RPG yang berasal dari franchise terkenal.

Mengambil contoh game FF (Final Fantasy), rupanya ada satu pemain yang sangat berdedikasi sekali dalam hal ini. Bernama Talan Kirk atau akrab disapa Rebourne07 di Reddit maupun PSN, ia kebetulan menjadi satu-satunya gamer di konsol Playstation yang mampu melengkapi semua trophy/achievement di semua seri Final Fantasy yang dirilis di konsol tersebut.

Bisa dilihat di link PSN Profiles

Dengan memakan total waktu sekitar 10 tahun lebih, Rebourne07 mendapatkan trofi pertamanya pada game Final Fantasy XIII versi PS3 di bulan November 2010 sampai ke yang terakhir di Final Fantasy VII Remake Intergrade PS5 pada bulan Agustus kemarin.

Sebelumnya, dalam sebuah post reddit 2 tahun yang lalu, ia termasuk satu dari dua orang yang mendapatkan gelar master Final Fantasy tersebut bersama pemain dengan username “Skullrobots”.

Namun, sejak saat itu Rebourne07 didapuk sebagai sang “jawara” setelah Square Enix merilis sejumlah game-game FF baru di konsol PS4 sekelas Final Fantasy VIII Remaster, Final Fantasy VII Remake, versi remaster dari Final Fantasy: Crystal Chronicles, sampai ke Final Fantasy VII Remake dan game MMO Final Fantasy XIV yang akhirnya juga muncul di konsol PS5.

Sempat “pusing” di Final Fantasy XIV dan Dissidia NT

Berbicara kepada pihak Kotaku, Rebourne07 menyampaikan bahwa sebelum game Final Fantasy XIV rilis di konsol PS5 pada awal 2021 ini, sudah ada 12 hingga 15 pemain yang telah menyelesaikan semua trophy achievement dari kumpulan game-game Final Fantasy yang ada di region Amerika. Dan keberadaan game ini sendiri di konsol PS5 ternyata hanya bisa diselesaikan oleh sekitar 10 pemain saja pada saat itu.

Final Fantasy XIV

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bila game Final Fantasy XIV termasuk memiliki suatu syarat penyelesaian achievement yang terlampau melelahkan. Keberadaan versi PS4-nya saja mengharuskan pemain untuk berpartisipasi 1000 kali di event misi FATES. Sedangkan di PS5-nya yang sistemnya dibuat terpisah, syarat tersebut justru malah ditambah menjadi 3000 kali, bersamaan dengan misi achievement baru untuk mengoleksi 8000 macam item collectible.

Tak hanya itu, Rebourne07 juga sempat merasa kewalahan dalam menyelesaikan semua achievement di game fighting Dissidia Final Fantasy NT yang notabenenya kurang ia sukai. Di sana, beliau pernah mengalami kesulitan untuk bisa 300 kali menang di online ranked match. Dalam kesehariannya, Rebourne juga menceritakan bahwa ia adalah orang yang punya tanggung jawab di dunia nyata sebagai seorang Software Engineer dan suami yang dikarunai 3 buah hati.

Dissidia Final Fantasy NT

Secara kasar, ia pada dasarnya sudah menghabiskan waktu sekitar 3000 jam lebih demi menjadi seorang yang perfeksionis di semua game Final Fantasy. Dan kebetulan atas prosesnya yang terlalu menyita waktu tersebut, Rebourne07 sama sekali tidak menyarankan siapapun untuk mau mencoba mengikuti jejaknya. Apalagi ketika seri Final Fantasy XVI dan Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin nanti muncul.


Baca pula informasi lain terkait Final Fantasy, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version