Gamer Runescape Ajukan Tuntutan Usai Terkena “Muted” oleh Developer, Ditolak Seketika oleh Pengadilan


Di pertengahan tahun 2019 silam, seorang streamer sadar dirinya terkena “muted” atau tidak dapat berinteraksi dengan pemain lain di game MMO favoritnya – Runescape. Dilansir dari Pennlive, pemain atas nama Amro “Plaintiff” Elansari awalnya mencoba hukumannya dilepas, tetapi ditolak oleh developer. Tanpa panjang lebar, aksi paling masuk akal yang diambil oleh pemain tersebut ialah membawanya ke meja hukum. Dirinya dianggap telah didiskriminasi dan hak kebebasan bersuaranya telah dilanggar.

Dari tulisan tangan Elansari pada gugatannya, dia menjelaskan bahwa masalah terjadi pada Maret/April 2019. Dirinya menulis “Plaintiff dibisukan [terkena muted] – tanpa diberitahu.” Ketika disuruh untuk menuliskan siapa saja yang terlibat dalam “kasus” ini, dia memuliskan bahwa dia adalah streamer yang habiskan 2000+ jam dan penontonnya ditunjuk sebagai saksi.

Pada kolom yang menanyakan apa yang terjadi, Elansari menuliskan bahwa developer game – Jagex – telah melanggar hak asasi manuasinya yang telah disaksikan langsung oleh para penonton livestream. Dirinya menuntut Jagex untuk segera melepas “mute” dari akun Runescape miliknya.

Singkat cerita, tentunya kasus ini ditolak oleh juri. Mereka mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa Jagex telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Elansari. Pengadilan federal memutuskan bahwa terkena “muted” dalam sebuah video game bukanlah aksi pelanggaran terhadap hak konstitusional seseorang. Mereka juga menyebutkan bahwa kehilangan sebagian akses dari game online bukanlah aksi diskriminasi dalam bentuk apapun.

Menurut Pennlive, ini bukan kali pertama Elansari membuat kasus tuntutan aneh terhadap sebuah perusahaan. Sebelumnya dia telah mencoba menuntut Tinder karena aplikasi pencari jodoh itu dia anggap “menipu orang”. Sama seperti kasus ini, gugatannya juga ditolak mentah-mentah oleh pengadilan.


Baca pula informasi lain terkait Runescape beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format