Gathering Seru Black Desert SEA Indonesia dalam Voice of Adventures 2

Black Desert Indonesia Offline Gathering

Pada hari Sabtu (30 Maret 2019) yang lalu, penulis berkesempatan untuk ikut hadir dalam gathering offline bertajuk Voice of Adventures 2 yang diadakan oleh Pearl Abyss selaku developer dibalik MMORPG populer Black Desert SEA. Acara tersebut setidaknya dihadiri oleh lebih dari 30 pemain Black Desert SEA yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dan gathering offline tersebut tentunya berlangsung dengan cukup meriah.

Rangkaian acaranya sendiri terdiri dari makan siang bersama, pembahasan konten-konten baru yang akan hadir pada update besar mendatang, serta sesi tanya jawab antara pemain dan pihak Pearl Abyss, dimana banyak pemain yang menyatakan keluh kesah mereka selama bermain Black Desert, seperti pajak market yang tinggi dan fitur enhance yang cukup RNG misalnya.

Dan ditiap sela-sela rangkaian acara tersebut, Pearl Abyss memberikan quiz yang berisi pertanyaan tentang konten-konten dalam game Black Desert SEA, dan tiap pemain yang berhasil menjawabnya akan mendapatkan hadiah berupa voucher. Acara kemudian diakhiri dengan door prize yang cukup menggiurkan, serta foto bareng.

Bersamaan dengan ini, penulis juga berkesempatan untuk berbincang-bincang langsung dengan pihak Pearl Abyss, yaitu Ms. Ginny selaku Global Product Manager dan Mr. Jay selaku Product Manager yang langsung datang dari Korea Selatan.

Mereka menjelaskan bahwa gathering offline Voice of Adventures diadakan oleh Pearl Abyss untuk mendengar suara ataupun pendapat langsung para pemainnya terkait game Black Desert, karena menurut mereka hal tersebut cukuplah penting untuk membangun relasi dengan pemain, serta untuk memoles game Black Desert menjadi lebih baik dan lebih menarik lagi kedepannya.

Lebih lanjut, pihak Pearl Abyss juga menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi yang besar sebagai pemain dari benua Asia Tenggara. Mengingat pemain Indonesia agaknya kurang suka dengan game pay-to-play, pihak Pearl Abyss akan terus mengadakan event-event khusus dimana pemain dapat mencoba Black Desert secara gratis, dan tentunya secara berkala mereka akan berikan diskon-diskon yang menarik.

Penulis juga sempat menanyakan terkait perilisan Black Desert Mobile di negara Indonesia. Pihak Pearl Abyss kemudian menjelaskan bahwa perilisan untuk region Indonesia akan masuk dalam perilisan versi Global, namun mereka belum bisa memberikan kepastian akan tanggal perilisannya.

Sebagai informasi, Voice of Adventures jilid pertama dilakukan di negara Filipina, dan Indonesia mendapat kesempatan untuk jilid yang kedua. Dan tentunya mereka juga telah merencanakan event-event online maupun offline lainnya untuk pemain Indonesia di waktu mendatang.

Penulis (tengah) bersama Ms Ginny (kiri) dan Mr. Jay (kanan)

Thanks untuk Mr. B untuk undangannya dan Jeremy karena sudah membantu menerjemahkan.

Black Desert Online bisa kamu mainkan pada platform PC, sedangkan versi PS4 dan Xbox One akan menyusul. Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Black Desert Online atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Exit mobile version