8 Genre Video Game yang Menjadi Tren dan Sukses Diikuti oleh Developer Lain

Genre Video Game yang Menjadi Tren

Genre Video Game yang Menjadi TrenGenre Video game saat ini sangat bervariasi. Banyak sekali genre yang dapat dimainkan oleh pemain dari game RPG, Strategy, Simulasi, FPS, dan sebagainya. Game – game ini juga hadir memberikan pengalaman yang cukup unik.

Berbicara tentang genre, tentunya ada beberapa genre yang muncul menjadi tren di kalangan gamer baik lokal maupun global. Dengan kesuksesan game tersebut, beberapa developer lain mencoba peruntungan dengan membuat game dengan genre serupa.

Jadi, apa saja Genre yang Menjadi Tren dan Sukses Diikuti oleh Developer Lain? pada artikel ini, Gamebrott akan memberikan list genre apa saja yang membuat fenomena demam game tersebut.

Disclaimer: Artikel ini merupakan list dari fenomena demam genre yang terjadi beberapa waktu belakangan ini tanpa ada maksud memojokkan maupun menyinggung pihak – pihak manapun.

Genre Video Game yang Menjadi Tren dan Sukses Diikuti oleh Developer Lain

Tren game yang sukses

Berikut adalah Genre Video Game yang Menjadi Tren dan Sukses Diikut oleh Developer lainnya:

1. MOBA

Doto

Jika berbicara tentang tren, tentunya MOBA merupakan salah satu genre yang sempat menjadi tren serta sukses hingga tidak sedikit developer mengembangkan game dengan genre serupa

Dan jika berbicara awal mulanya, game pertama dari genre ini adalah Aeon of Strife yang merupakan custom map dari Starcraft. Namun jika berbicara game yang mempopulerkan genre ini, tentu saja Dota alias Defense of the Ancient.

Para mantan pengembang map custom tersebut juga mengembangkan game – game lain seperti Dota 2, League of Legend, serta Heroes of Newerth. Dan kepopuleran genre ini terus berlanjut ke platform mobile dengan adanya Vainglory, Mobile Legends dan Arena of Valor.

2. Soulslike

Pain Souls

Selanjutnya ada genre yang sangat menantang dan menjadi fenomena di kalangan hardcore gamer yaitu Soulslike. Genre ini identik dengan game action yang sulit dan penuh perhitungan untuk menyerang.

Selain itu, setiap lawannya memiliki pola yang harus dipelajari karena serangan – serangan mereka yang sangat berbahaya. Genre ini terinpirasi dari game Dark Souls sehingga genre ini diberi nama Soulslike.

Tidak sedikit game dengan genre ini hadir setelah kehadiran Dark Souls. Mulai dari Lords of the Fallen, Titan Souls, Salt and Sanctuary, Code Vein, dan sebagainya hadir dan membuat fenomena demam Souls.

3. Auto Battler

Catur Auto

Berbicara tentang demam genre, tentunya game dengan genre ini juga menjadi fenomena dimana tidak sedikit developer mulai mengembangkan game yang serupa. Tentu saja genre tersebut adalah Auto Battler.

Menariknya, asal mula game ini berasal dari Mod custom map dari Dota 2 yang dulunya juga merupakan custom map dari Warcraft 3. Dengan keunikan dimana pemain hanya menyusun unit dan bertarung secara auto, game ini sangat diminati pada masanya.

Dota Auto Chess merupakan game yang mempopulerkan genre ini dan mereka juga menciptakan versi non modnya yaitu Auto Chess. Kemudian mulai banyak developer merilis genre yang sama seperti Teamfight Tactic, Dota Underlord, Chess Rush, dan juga Magic Chess.

4. Survival

Dayz

Selain genre catur auto, Demam Survival juga marak terjadi pada awal tahun 2010-an dimana banyak game dengan genre ini hadir di platform Steam. Tentunya genre ini populer karena membuat pemainnya merasa harus bertahan hidup dari kondisi – kondisi tertentu.

Genre bertahan hidup ini awalnya dipopulerkan oleh mod Arma 2 yaitu DayZ yang kini telah memiliki versi standalone nya. Kepopuleran game tersebut juga melahirkan game – game survival lain yang memiliki keunikan lainnya.

Pada tahun ramainya genre ini, game – game dengan genre yang sama sangat banyak mulai dari Rust, Ark, The Forest, dan game – game lain juga kerap muncul di Steam hingga menjadi over saturated.

5. Battle Royale

Babaji

Berbicara tentang over saturated, tentunya tidak akan jauh dengan genre yang satu ini. Battle Royale merupakan genre yang sangat populer dan membuat banyak developer mencoba membuat game dengan genre ini.

Pada awalnya mode game ini ada di game H1Z1 yang dikembangkan oleh Player Unknown. Namun dirinya tidak berada di game tersebut dan mengembangkan Player Unknown Battleground atau PUBG. Nama genre ini terinspirasi dari film survival jepang dengan judul yang sama.

Kepopuleran PUBG ini lantas diikuti oleh banyak developer dengan mengembangkan game ato mode dalam game shooter mereka. Banyak game Battle Royale rilis mulai dari Fortnite, Warzone, Apex Legends, RoS, dan juga Free Fire yang kini juga sangat populer.

6. Shooter

Doom

Shooter juga ternyata merupakan genre yang sempat menjadi fenomena pada tahun 90-an. Tentunya pada zaman tersebut ada tren – tren yang juga diikuti oleh banyak developer dan banyak game yang mirip rilis.

Fenomena ini tentunya dimulai oleh Wolfenstein 3D yang sangat kontroversial dan diblokir di Negara Jerman karena menggunakan tema sensitif negara tersebut. Namun yang membuat populer tentunya Doom hingga menciptakan banyak game serupa lainnya.

Pada zaman tersebut juga genre ini sangat naik daun karena 2 game yang disebutkan tadi. Dan perkembangan teknologi juga mendorong game – game serupa rilis seperti Unreal Tournament, Duke Nukem, System Shock dan lainnya.

7. Open World RPG

Genshin Impact

Genre selanjutnya adalah genre yang kini populer di platform game Mobile yaitu Open World RPG. Game dengan genre ini menghadirkan dunia yang luas untuk dijelajahi dan juga gameplay yang cukup seru.

Kepopuleran game ini jika ditarik tentunya bisa sampai tahun 90-an, namun jika berbicara yang mendominasi dan menciptakan fenomena adalah Genshin Impact. Game buatan miHoYo / HoYoverse ini tentunya terinspirasi dari Kepopuleran Legend of Zelda Breath of the Wild pada waktu itu.

Tentunya kepopuleran Genshin Impact menjadi fenomena demam Open World RPG di platform Mobile. Tidak sedikit game yang kurang lebih serupa rilis seperti Tower of Fantasy, Wuthering Waves, The Legend of Neverland, Aether Gazer, dan lainnya.

8. Sandbox

Gta V

Genre terakhir pada list ini tentunya sangat tidak asing oleh para gamer yaitu Sandbox. Genre ini cukup populer dan banyak dimainkan oleh para gamer hingga sekarang. Namun kami disini membahas fenomena ramainya game mirip seperti GTA.

kehadiran Grand Theft Auto tentunya membuat fenomena sendiri terutama pada masanya. Cukup banyak game serupa yang menhadirkan dunia terbuka dimana pemain dapat melakukan banyak hal mulai dari mengendarai kendaraan, bertarung, bahkan membuat kekacauan.

Beberapa game yang mengikuti trend ini juga sedikit menambahkan bumbu yang berbeda seperti contohnya Just Cause 2 yang memiliki Grappling Hook, Destroy all Human dengan keunikan aliennya, True Crime yang menjadi polisi, dan sebagainya.

Honorable Mention

Tentunya jika membahas genre ini akan sangat panjang sepertinya. Masih banyak genre lainnya yang juga menciptakan fenomena sendiri dan membuat developer – developer lain mengikuti membuat game yang serupa.

Mungkin bisa disebut saja genre serta game yang mempopulerkannya pada bagian Honorable Mention ini. Hero Shooter tentunya dipopulerkan Overwatch, Roguelike yang nama genrenya berasal dari gme Rogue, serta Maraknya demam Survival Horror karena game Amnesia.

Nah itulah 8 Genre yang Menjadi Tren dan Sukses Diikuti oleh Developer Lain. Jadi, Genre apa lagi menurutmu yang menciptakan fenomena serupa dengan genre – genre diatas tadi, brott? Apakah ada genre baru yang nantinya akan menciptakan hal serupa?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait G-List atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version