Genshin Impact – Panduan Build Ganyu Paling Optimal

in

Ganyu adalah karakter bintang 5 kedua yang didatangkan dalam update 1.2 di Genshin Impact, dan Ganyu bisa dibilang merupakan karakter yang sangat ditunggu-tunggu sejak pengumumannya dalam trailer update 1.2, berkat status banner Ganyu sebagai banner waifu pertama untuk karakter yang limited (kecuali kalian menganggap Venti waifu, itu beda lagi ceritanya).

Tentu saja, ketika banner Ganyu akhirnya tiba, pemain pun banyak yang berbondong-bondong melakukan pull untuk berusaha mendapatkan Ganyu dari banner gacha tersebut. Banyak juga pemain yang sudah lama menabung Primogems yang mereka dapatkan tiap hari demi banner Ganyu.

Nah, bagi kalian yang sudah dapat Ganyu, mungkin kalian sedang bertanya-tanya, bagaimana cara memainkan karakter ini? Senjata dan artefak seperti apa yang harus saya farm untuk karakter ini? Tim terbaiknya seperti apa?

Disini akan kami bahas.

 

Gambaran

Ganyu
wangi

Ganyu adalah karakter dengan senjata busur dan elemen Cryo (es). Kombinasi ini sudah ada sebelumnya pada karakter Diona, namun Diona adalah karakter healer. Ganyu adalah karakter yang bisa digunakan sebagai DPS (damage per second) utama, atau sebagai karakter support untuk mengaplikasikan elemen dan damage yang cukup besar.

Ganyu juga memiliki keunikan sendiri dalam aimed shot-nya. Aimed shot Ganyu memiliki 2 charge level. Jika charge ditahan sampai kedua level, maka aimed shot yang ditembak akan memberikan damage lebih besar, lalu akan mekar dan mengeluarkan Frostflake Bloom yang memberikan damage lagi kepada semua musuh di dalam area.

Kelebihan:

  • Aimed shot memberikan damage yang sangat besar bahkan dibandingkan karakter dengan damage tingkat atas seperti Diluc atau Klee.
  • Elemental Skill bisa menarik aggro musuh sehingga musuh tidak menyerang pemain.
  • Elemental Burst memiliki aplikasi elemen Cryo yang sangat cepat dengan damage yang cukup tinggi.

Kekurangan:

  • Sebagai DPS utama, Ganyu sangat mengandalkan aimed shot sehingga akan sulit memainkan Ganyu jika tidak terbiasa dengan aimed shot, apalagi dengan komposisi tim Melt.
  • Elemental Skill memiliki damage yang cukup kecil sehingga kurang optimal untuk dijadikan support.

 

Talenta

Ganyu7

Seperti yang sudah dideskripsikan di atas, damage Ganyu sangat bergantung pada aimed shot. Oleh karena itu, talenta yang sebaiknya diutamakan untuk Ganyu DPS adalah talenta normal attack-nya, yaitu Liutian Archery. Dengan menaikkan level talenta ini, maka damage dari aimed shot Ganyu juga akan meningkat, beserta dengan damage Frostflake Bloom yang dikeluarkan.

Ganyu8

 

Sebagai support, talenta paling penting untuk Ganyu adalah talenta Elemental Burst-nya: Celestial Shower. Elemental Burst Ganyu adalah skill yang akan paling sering kalian gunakan sebagai Ganyu support, karena aplikasi elemennya yang cepat bisa membantu DPS utama kalian memicu reaksi elemen yang lebih banyak. Setelah itu, talenta Trail of the Qilin juga cukup berguna untuk build ini, karena Ganyu support lebih mengandalkan Elemental Skill dan Burst daripada Ganyu DPS.

Talenta yang tidak difokuskan dapat diabaikan di level 4 sampai 6 (tergantung situasi akun kalian dan preferensi kalian) untuk sementara.

 

Senjata

Bagian ini akan dibagi dua, yaitu senjata bintang 5 dan senjata bintang 4 kebawah, karena senjata bintang 5 disini merupakan pilihan paling optimal bagi Ganyu. Namun, tidak semua pemain memiliki cukup uang atau primogems untuk mendapatkan senjata bintang 5. Perlu dicatat bahwa meskipun tidak menggunakan senjata bintang 5, Ganyu tetap dapat memberikan salah satu DPS terbesar dalam Genshin Impact.

Bintang 5

Amos        Skyward

Di antara senjata bintang 5 yang bisa digunakan Ganyu, ada dua yang merupakan pilihan terbaik: Amos’ Bow dan Skyward Harp. Amos’ Bow dapat meningkatkan ATK Ganyu, dan skill dari senjata tersebut dapat meningkatkan damage dari aimed shot Ganyu hingga sebanyak 52%. Sedangkan Skyward Harp dapat meningkatkan CRIT Rate Ganyu, dan skill-nya dapat memberikan Ganyu 20% CRIT DMG.Selain itu, setiap serangan Ganyu dapat memberikan ekstra damage fisik sebanyak 120% ATK.

Di antara kedua senjata ini, Amos’ Bow merupakan senjata yang lebih optimal bagi Ganyu DPS, sedangkan Skyward Harp lebih baik sebagai senjata support. Amos’ Bow merupakan senjata terbaik untuk aimed shot Ganyu karena bonus damage aimed shot yang didapatkan juga meningkatkan damage dari Frostflake Bloom yang dihasilkan.

Bintang 4 – DPS

Cres

Di antara senjata bintang 4, senjata terbaik untuk Ganyu DPS adalah Prototype Crescent. Senjata ini meningkatkan ATK Ganyu sebanyak 36% ketika aimed shot Ganyu berhasil kena titik lemah musuh. Sebagai DPS aimed shot, Ganyu akan menghasilkan DPS yang jauh lebih besar jika berhasil menembak titik lemah, karena serangan tersebut akan pasti menghasilkan damage critical berapapun CRIT Rate yang ada pada Ganyu.

Selain senjata ini, Blackcliff Bow juga dapat digunakan oleh Ganyu DPS. Skill dari Blackcliff tergolong tidak optimal, tapi CRIT DMG yang diberikan sangat bermanfaat bagi Ganyu. The Viridescent Hunt dan The Stringless dapat menjadi alternatif jika tidak memiliki kedua senjata sebelumnya.

Bintang 4 – Support

Untuk Ganyu support, tentu saja senjata bintang 4 terbaik adalah The Stringless. Senjata ini sudah sering digunakan oleh karakter support busur lainnya seperti Venti dan Fischl, dan Ganyu support juga bukan pengecualian. Efek skill-nya memberikan bonus 24% damage Elemental Skill dan Burst, sehingga cocok dengan gaya main karakter support yang mengeluarkan Skill dan Burst sebanyak-banyaknya sebelum berganti ke karakter DPS.

Selain The Stringless, Favonius Warbow juga dapat memberikan Ganyu banyak Energy Recharge sehingga Elemental Burst Ganyu dapat lebih sering dipakai, bahkan sampai Burst dapat dipakai kapanpun cooldown selesai. Jika tidak memiliki keduanya, Sacrificial Bow juga bisa memberikan Ganyu energy untuk menggunakan Burst lebih sering, meskipun tidak sebanyak Favonius Warbow.

 

Komposisi Tim dan Artefak

Untuk sekarang ada dua jenis komposisi tim yang paling optimal untuk Ganyu DPS, yaitu tim reaksi Melt dan Freeze.

Melt

Tim Melt bertujuan untuk memberikan efek elemen Pyro (api) pada lawan, lalu memicu reaksi Melt dengan aimed shot Ganyu untuk meningkatkan damage aimed shot sebanyak 50%. Komposisi ini memiliki potensi damage lebih besar karena reaksi tersebut. Apalagi dengan adanya damage tambahan dari Frostflake Bloom yang juga mendapatkan efek yang sama dari Melt.

Komposisi tim ini biasanya terdiri dari Ganyu, 2 karakter Pyro, dan 1 support Anemo. Karakter Pyro paling optimal adalah antara Klee, Xiangling, atau Bennett, sedangkan untuk support Anemo di antara Venti atau Sucrose. Jika tidak memiliki karakter-karakter di atas, kalian tetap bisa memilih karakter lain, asalkan elemennya sama.

Kelemahan dari komposisi tim ini adalah kesulitan dalam penggunaannya. Untuk memaksimalkan damage, pemain harus menembakkan aimed shot ke titik lemah musuh secara konsisten. Untuk sebagian besar musuh, titik lemah tersebut ada di kepala, sehingga dibutuhkan akurasi yang kuat untuk memaksimalkan tim ini.

Wand

Jika menggunakan tim Melt, set artefak terbaik bagi Ganyu adalah 4-set Wanderer’s Troupe. Set artefak ini memberikan 80 Elemental Mastery (EM) untuk meningkatkan damage reaksi elemen seperti Melt, dan 35% tambahan damage untuk aimed shot serta juga Frostflake Bloom yang dihasilkan setelahnya.

Stat yang menjadi pilihan utama untuk build ini adalah CRIT DMG. Sebagai DPS dengan fokus aimed shot, tujuan Ganyu DPS adalah untuk menyerang titik lemah musuh, sehingga serangan akan tetap critical meskipun Ganyu tidak memiliki CRIT Rate sama sekali. Selain CRIT DMG, ATK% dan EM juga menjadi stat yang berharga bagi Ganyu. CRIT Rate juga bisa membantu pemain yang masih kurang terampil dalam menggunakan aimed shot.

Freeze

Tim Freeze bisa dibilang tim Ganyu yang lebih aman dan lebih nyaman untuk digunakan. Tim Freeze menggunakan reaksi elemen Cryo dengan elemen Hydro (air) untuk membekukan lawan. Status Freeze ini membantu pemain dalam penggunaan aimed shot, karena musuh tidak dapat bergerak atau menyerang pemain saat beku. Komposisi tim ini juga memberikan Ganyu banyak CRIT Rate, sehingga DPS tidak akan jatuh terlalu jauh ketika tidak menembak titik lemah.

Komposisi tim ini biasa terdiri dari Ganyu, 1 karakter Cryo, 1 karakter Hydro, dan 1 karakter Anemo (Sucrose/Venti). Diona adalah support Cryo paling optimal untuk Ganyu, karena Diona memiliki aplikasi status Cryo yang baik (pemicu Freeze) sekaligus healing. Untuk karakter Hydro, pilihan paling optimal adalah di antara Xingqiu, Mona, Tartaglia, dan Barbara. Keempat karakter ini dapat mengaplikasikan Hydro dengan konsisten, dan siapapun yang kalian pilih tergantung pada karakter mana yang kalian punya dan sesuai kebutuhan.

Kelemahan dari komposisi tim ini adalah potensi damage yang lebih rendah. Tanpa menggunakan reaksi Melt atau set Wanderer’s Troupe, Ganyu dengan tim Freeze tidak dapat memberikan damage yang sama besarnya.

Bliz

Ganyu dalam tim Freeze menggunakan 4-set Blizzard Strayer sebagai set artefak terbaiknya. 4 Blizzard Strayer memberikan 15% bonus damage Cryo, dan 20% CRIT Rate terhadap musuh yang memiliki status Cryo. Terhadap musuh yang terkena Freeze, CRIT Rate bertambah sampai 40%.

Set ini memberikan Ganyu damage tambahan dan CRIT Rate yang tinggi, yang membuat build ini sangat aman dan nyaman untuk digunakan. Dengan 40% CRIT Rate dari Blizzard Strayer, 15% CRIT Rate dari Elemental Resonance Cryo, dan 20% CRIT Rate dari talenta pasif pertama Ganyu, maka Ganyu memiliki 75% CRIT Rate. Oleh karena itu, Ganyu akan sangat sering mendapat critical tanpa menembak titik lemah musuh.

Support

Nob

Untuk Ganyu support, set artefak paling optimal adalah 2 Noblesse Oblige dan 2 Blizzard Strayer. Kombinasi ini memberikan Ganyu bonus damage paling besar untuk Elemental Burst Ganyu, yang akan sangat sering kalian gunakan jika memainkan Ganyu sebagai support.

 

Penutup

Saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada server DiscordGanyu Mains” yang sudah memberikan informasi mengenai keseluruhan build dan komposisi tim Ganyu, sehingga saya dapat menulis panduan ini. 

Saya harap panduan ini dapat membantu siapapun yang membaca agar dapat menikmati Genshin Impact lebih dalam lagi.

Sekarang, apakah kalian siap untuk lembur grinding demi Ganyu? 

Ganyu5


Untuk membaca panduan, ulasan, dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.