Genshin Impact – Panduan Build Xiao Paling Optimal

in , ,
Xiao9

 

Update 1.3 akhirnya datang juga. Dengan update bertema Tahun Baru Imlek, Genshin Impact mendatangkan karakter yang sudah ditunggu-tunggu sejak game ini pertama kali rilis: Xiao.

Nah, bagi kalian yang sudah dapat Xiao, mungkin kalian sedang bertanya-tanya, bagaimana cara memainkan karakter ini? Senjata dan artefak seperti apa yang harus saya farm untuk karakter ini? Tim terbaiknya seperti apa?

Disini akan kami bahas.

Gambaran

Xiao6
Petarunx

Xiao adalah karakter Anemo dengan senjata tombak. Rilis di update 1.3, Xiao adalah karakter tombak ketiga di Genshin Impact, setelah Xiangling dan Zhongli. Xiao pada dasarnya murni karakter DPS, dengan skill-skill yang egois dan tidak bisa digunakan sebagai sub DPS atau sebagai support.

Keunikan dari Xiao adalah kemampuan Xiao untuk melakukan spam plunge attack. Pada umumnya, karakter di Genshin Impact hanya bisa melakukan plunge attack ketika melompat atau terbang dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Tapi, Xiao tidak terikat aturan yang sama. Dengan Elemental Burst (Q) dari Xiao, “Bane of All Evil”, Xiao bisa melompat sangat tinggi, sehingga Xiao bisa melakukan plunge attack kapan saja.

Xiao juga memiliki kelincahan yang sangat tinggi. Dengan menggunakan Elemental Skill (E) “Lemniscatic Wind Cycling”, Xiao dapat melakukan dash cepat. Dash ini tidak hanya memberikan damage, tapi juga memberikan Xiao iframes, sehingga Xiao akan kebal dari semua serangan selama animasi E-nya berlangsung.

Kelebihan:

  • Xiao memiliki salah satu DPS tertinggi dalam Genshin Impact, untuk karakter melee.
  • Dengan elemen Anemo, Xiao bisa digunakan untuk mengalahkan musuh berelemen apa saja, karena sangat sedikit musuh yang memiliki Anemo RES tinggi.
  • Pada saat penulisan artikel ini, Xiao adalah karakter paling lincah di Genshin Impact, dengan lompatan yang tinggi dan dash dari Elemental Skill (E).

Kekurangan:

  • Xiao adalah karakter DPS yang sangat tergantung pada support, sehingga potensinya menurun tanpa karakter support yang cocok.
  • Xiao memiliki masalah besar dengan energi, karena skill E dari Xiao tidak bisa memberikan partikel energi ketika “Bane of All Evil” sedang aktif.

Talenta

Xiao7

Xiao adalah karakter DPS yang bergantung pada serangan normal dan plunge attack. Oleh karena itu, prioritas utama untuk upgrade talenta Xiao adalah talenta Normal Attack: Whirlwind Thrust, yang dapat meningkatkan damage dari serangan normal, charge, dan plunge saat ditingkatkan.

Setelah itu, prioritas kedua saat upgrade talenta Xiao adalah talenta Elemental Burst-nya, Bane of All Evil. Dengan meningkatkan talenta ini, damage dari serangan normal, charge, dan plunge Xiao akan meningkat lebih pesat, selama buff dari skill Q Xiao aktif.

Prioritas terakhir talenta Xiao adalah talenta Lemniscatic Wind Cycling. Talenta ini hanya meningkatkan damage dari skill E Xiao saat ditingkatkan. Skill E Xiao hanyalah sebagian kecil dari DPS Xiao, jadi talenta ini ditingkatkan paling akhir.

Senjata

Sama seperti kebanyakan karakter di Genshin Impact (apalagi karakter DPS), senjata-senjata terbaik untuk Xiao ada di bagian bintang 5. Tapi, saya juga ingin membahas tentang pilihan senjata bintang 4 bagi Xiao.

Secara singkat, urutan senjata Xiao dari yang terbaik sampai terburuk (tapi masih cukup bagus!) adalah:

  1. Staff of Homa (saat dibawah 50% HP)
  2. Primordial Jade Winged-Spear
  3. Vortex Vanquisher (saat memiliki shield)
  4. Staff of Homa
  5. Vortex Vanquisher
  6. Skyward Spine
  7. Blackcliff Pole (saat minimal 2 stack)
  8. Deathmatch
  9. Blackcliff Pole (saat 0 stack)
  10. Favonius Lance > Prototype Starglitter > Crescent Pike

Pjws

Dalam situasi rata-rata, senjata terbaik untuk Xiao adalah Primordial Jade Winged-Spear (PJWS). Senjata ini memberikan CRIT Rate yang tinggi, dan juga memiliki skill yang meningkatkan ATK sebanyak 22.4%, dan meningkatkan semua damage sebanyak 12% setelah menyerang 7 kali. Xiao memiliki animasi serangan yang cepat, sehingga bonus maksimal ini sangat mudah didapatkan.

Selain itu, pilihan senjata bintang 5 lainnya untuk Xiao adalah Vortex Vanquisher dan Staff of Homa. Di antara keduanya, Vortex Vanquisher memiliki damage yang lebih tinggi saat menggunakan shield, sehingga ideal dengan support seperti Zhongli. Di sisi lain, Staff of Homa memiliki damage terbesar (lebih dari PJWS) dengan HP di bawah 50%. Tapi ini adalah kondisi yang tidak realistis bagi Xiao.

4 Blackcliff Pole

Untuk senjata bintang 4, pilihan terbaik adalah salah satu di antara Blackcliff Pole atau Deathmatch. Dengan skill kedua senjata yang sangat situasional, pilihan senjata sangat tergantung pada stat artefak yang dimiliki oleh Xiao kalian. Jika kalian membutuhkan CRIT Rate, Deathmatch adalah pilihan yang tepat. Jika kalian kekurangan CRIT DMG, maka Blackcliff Pole adalah senjata untuk kalian.

Namun, ada satu masalah lagi: kedua senjata di atas bukan senjata yang murni F2P. Blackcliff Pole membutuhkan Masterless Starglitter yang didapatkan dari roll gacha, dan Deathmatch didapatkan dari battle pass. Bagi pemain yang tidak bisa mendapatkan kedua senjata di atas, senjata terbaik adalah Favonius Lance. Dan bagi pemain yang tidak memiliki Favonius Lance dari gacha, pilihan terbaik adalah Prototype Starglitter.

Artefak

Gladvv

Secara umum, set artefak terbaik bagi Xiao adalah 2 Gladiator’s Finale dan 2 Viridescent Venerer. Kombinasi tersebut memberikan Xiao 15% bonus Anemo DMG dan 18% ATK. Dibandingkan dengan kombinasi set lainnya, set ini memberikan Xiao DPS individu terbesar, yang sangat penting karena Xiao adalah karakter DPS yang egois.

4 Gladiator’s Finale juga bisa menjadi pilihan, jika kalian hanya menggunakan serangan biasa dengan Xiao, dan bukan charge/plunge attack.

Komposisi tim

Saat membuat tim untuk Xiao, karakter yang dibutuhkan adalah karakter yang membantu dengan damage, karakter yang bersinergi dengan durasi Q Xiao (15 detik), dan karakter yang membantu dengan pengisian energi Xiao untuk mengaktifkan Q.

Jika dibandingkan dengan DPS lain seperti Diluc, Xiao adalah karakter yang membutuhkan karakter support yang lebih spesifik, terlebih lagi healer, karena HP Xiao terus menurun ketika menggunakan Xiao. Tapi, Xiao juga tidak tergantung pada reaksi elemen. Komposisi tim yang ideal bagi Xiao adalah: Xiao, support (damage/buff), healer, dan battery (pengisi energi).

Sejauh ini, karakter support terbaik untuk Xiao adalah Zhongli. Setelah buff yang dibawakan di update 1.3, Zhongli menjadi support kuat yang bisa mengurangi RES Anemo musuh sebanyak 20% untuk Xiao. Zhongli juga memiliki shield yang sangat kuat, sehingga Xiao tidak akan terkena damage meskipun HP Xiao terus menurun karena efek Q-nya. Support-support kuat lainnya untuk Xiao adalah Venti, Albedo, dan Fischl.

Tentu saja, Bennett kembali lagi sebagai salah satu karakter paling broken di Genshin Impact. Sebagai healer, Bennett memberikan buff ATK yang sangat tinggi, dan healing yang kuat meskipun tidak menggunakan healing bonus. Tapi, selain Bennett, Barbara juga memiliki sinergi yang kuat dengan Xiao. Durasi skill Q dari Barbara adalah 15 detik, sehingga Xiao akan terus mendapatkan heal selama Q Xiao berlangsung. Terlebih lagi, Barbara bisa menggunakan senjata Thrilling Tales of Dragon Slayers, memberikan Xiao bonus 48% ATK ketika swap karakter dengan Xiao.

Sebagai karakter battery, Sucrose adalah karakter terbaik untuk memberikan partikel energi kepada Xiao. Dengan C1 dan senjata Sacrificial Fragments, Sucrose bisa menggunakan skill E sebanyak 3 kali berturut-turut, sehingga memberikan Xiao banyak energi untuk mengaktifkan Q kembali. Venti juga memberikan banyak partikel energi melalui skillnya. Venti memberikan lebih sedikit energi, tapi juga memiliki damage yang lebih besar dan skill Q yang OP-nya pasti kita semua sudah kenal.

Contoh komposisi tim untuk Xiao yang hanya membutuhkan karakter bintang 4 (selain Xiao tentunya) adalah Xiao / Fischl (support) / Bennett (heal) / Sucrose (battery). Umumnya, tim-tim terbaik untuk Xiao menggunakan struktur seperti di atas.

Tips Tambahan

  • Kombo Xiao dengan damage paling optimal adalah normal attack -> charge attack -> jump cancel -> plunge attack.
  • Xiao bisa menggunakan set artefak 4 Thundersoother jika menggunakan komposisi tim Fischl + Beidou sebagai support. Tapi, build ini tidak dianjurkan, karena kalian harus mengorbankan healer atau battery.
  • Skill E Xiao memberikan invincibility frames yang bisa digunakan untuk menghindar, sama seperti dash yang dimiliki setiap karakter.

Penutup

Saya berterima kasih sebesar-besarnya kepada server discord Xiao Mains, yang sudah memberikan informasi mengenai build Xiao dan segala hal yang saya perlu ketahui untuk menulis artikel guide ini.

Saya harap panduan ini dapat membantu kalian sebagai pembaca untuk menikmati Xiao.


Untuk membaca panduan, ulasan, dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.