Genshin Impact – Panduan Build Yanfei Paling Optimal

in , , ,
Ynf5

Baru saja tanggal 28 April 2021 kemarin, Update 1.5 Genshin Impact tiba. Selain fitur lain seperti Serenitea Pot (rumah) dan Hangout Quest baru, Update 1.5 juga datangkan banner rerun Zhongli, dengan karakter bintang 4 baru: Yanfei.

Sebagai karakter bintang 4, Yanfei adalah karakter yang lebih mudah didapatkan, apalagi jika kalian berencana untuk mendapatkan Zhongli. Jika kalian punya Yanfei, mungkin saja kalian ingin mulai build Yanfei. Entah karena suaranya yang seksi, karena kalian masih butuh DPS Pyro, atau karena kalian dengar tentang damage-nya yang gosipnya lebih tinggi dari Diluc.

Bagi kalian yang ingin build Yanfei, tapi bingung bagaimana cara build karakter ini dengan damage maksimal, jangan khawatir: saya akan bantu dalam artikel ini.

Gambaran

Yanfei adalah karakter bintang 4 dengan elemen Pyro dan senjata catalyst, sama seperti Klee. Tapi, secara gameplay, Yanfei lebih mirip dengan karakter bintang 4 lain, yaitu Ningguang. Jadi, jika kalian suka menggunakan Ningguang, kemungkinan Yanfei juga seru buat kalian.

Keunikan Yanfei adalah normal attack dan charge attack-nya. Yanfei memiliki kombo 3 hit untuk normal attack. Tiap kali normal attack terkena musuh, Yanfei akan dapatkan satu stack Scarlet Seal. Scarlet Seal bisa stack sampai maksimal 3 kali, atau 4 kali jika kalian punya Constellation 6. Tiap stack Scarlet Seal mengurangi konsumsi stamina Yanfei saat charge attack atau berlari. Ketika menggunakan charge attack, Yanfei akan mengonsumsi seluruh Scarlet Seal, dan damage serta area dari charge attack bertambah sesuai banyaknya Scarlet Seal yang dikonsumsi.

Stack Scarlet Seal akan menghilang jika kalian swap Yanfei dengan karakter lain. Tapi, jangan khawatir, skill E dan Q Yanfei bisa membantu dengan masalah tersebut. Elemental Skill (E) Yanfei, “Signed Edict” langsung beri Yanfei stack Scarlet Seal maksimal jika terkena musuh. Elemental Burst (Q) Yanfei, “Done Deal”, juga membantu dengan mengaktifkan buff Brilliance pada Yanfei. Brilliance dapat ‘regen’ stack Scarlet Seal, dan juga menambah damage charge attack.

Talenta

Yanfei adalah karakter DPS yang sangat bergantung pada charge attack. Oleh karena itu, tentu saja talenta yang menjadi prioritas awal adalah talenta normal attacknya, “Seal of Approval”. Dengan meningkatkan level talenta tersebut, tidak hanya damage normal attack Yanfei yang akan naik, tapi charge attacknya juga semakin sakit.

Kedua skill Yanfei berfungsi untuk memfasilitasi charge attack dengan menambahkan Scarlet Seal. Namun, skill Q Yanfei, “Done Deal”, menjadi prioritas yang lebih tinggi untuk dilevel, karena level talenta untuk Q juga menambahkan bonus damage charge attack yang didapat dari buff Brilliance.

Skill E Yanfei, “Signed Edict”, memberikan stack maksimal secara instan. Tapi, level talenta hanya menaikkan damage E. Oleh karena itu, talenta itu menjadi prioritas paling bawah.

Kesimpulannya: Auto > Q > E

Senjata

Untuk bagian senjata, tentu saja, akan saya bagi menjadi senjata bintang 5 dan bintang 4. Senjata bintang 5 pastinya lebih kuat daripada bintang 4, tapi tidak semua pemain memiliki senjata bintang 5, jadi saya akan berikan opsi untuk budget apapun.

Bintang 5

Ynf2

Dalam bintang 5, senjata terbaik Yanfei adalah “Lost Prayer to the Sacred Winds”. Lost Prayer memiliki stat utama CRIT Rate, dan dapat memberikan bonus damage elemental sebanyak 8%, yang bisa menumpuk sampai 32% jika kalian tidak swap. Senjata ini cocok untuk Yanfei, karena playstyle-nya membutuhkan kalian untuk tidak swap dalam waktu cukup lama. Sebagai alternatif, “Skyward Atlas” juga memiliki bonus damage elemental, dan stat senjata bintang 5.

Jika kalian punya komposisi tim yang menggunakan shield, Memory of Dust juga bisa jadi pilihan.

Bintang 4

Ynf3

Untuk bintang 4, pilihan terbaik kalian ada dua. “The Widsith” berikan stat Crit DMG, dan ketiga efek random dari skill senjata tersebut (ATK, Elemental Mastery, Elemental DMG) bermanfaat untuk Yanfei. Namun, senjata ini membutuhkan level refine yang tinggi untuk menjadi senjata bintang 4 terbaik. Jika kalian tidak memilikinya, maka senjata bintang 4 terbaik Yanfei adalah Solar Flare. Solar Flare memberikan bonus CRIT Rate, dan meningkatkan damage normal attack, Q, serta E. Meskipun tidak menaikkan damage charge attack, Solar Flare masih menjadi pilihan terbaik jika kalian tidak punya Widsith dengan banyak refine.

The Widsith bisa didapat lewat gacha, sedangkan Solar Flare adalah senjata battle pass. Jika kalian murni F2P, maka senjata terbaik Yanfei adalah Mappa Mare, yang bisa dibuat melalui crafting. Bonus EM-nya sangat membantu jika kalian memainkan Yanfei dengan reaksi Vaporize/Melt, beserta karakter support seperti Xingqiu.

Artefak

Dalam memilih artefak yang tepat untuk Yanfei, kalian bisa memilih antara dua build. Sampai sekarang masih belum jelas build yang mana dari keduanya yang lebih baik, namun sudah jelas bahwa kedua build ini lebih baik dari build artefak lainnya.

Untuk stat artefak, tentu saja yang terpenting adalah CRIT Rate, CRIT DMG, dan Pyro DMG Bonus. Tapi, selain itu, akan lebih baik juga jika kalian gunakan main stat Energy Recharge, lantaran skill Q nya yang memiliki cost 80. Q Yanfei sangat penting untuk meningkatkan damage charge attack, sehingga Energy Recharge menjadi stat yang penting.

Crimson Witch of Flames (4)

Ynf3

Artefak anak emasnya Diluc kembali lagi untuk karakter DPS Pyro kita hari ini. Efek artefak Crimson Witch (CW) dapat memberikan Yanfei tambahan damage Pyro sebanyak 15%. Sebagai karakter catalyst, hal ini penting, karena damage Yanfei sepenuhnya Pyro, tidak seperti Bennett yang serangan biasanya masih physical. Selain itu, bonus 4-set CW juga dapat meningkatkan damage Melt atau Vaporize, serta meningkatkan bonus Pyro DMG sampai 37.5% selama kalian terus gunakan skill E.

Wanderer’s Troupe (4)

Ynf4

Set kedua ini mungkin pernah kalian lihat dalam build Ganyu. Wanderer’s Troupe menjadi pilihan artefak yang tepat bagi karakter bow atau catalyst manapun yang sangat bergantung pada charge attack. Tentu saja, karena efek 4-set Wanderer memberikan bonus damage pada charge attack sebesar 35%. Tidak hanya itu, tapi bonus 2-set Wanderer juga meningkatkan EM sebanyak 80, sehingga damage Melt dan Vaporize juga meningkat.

Contoh Komposisi Tim

Ynf

Berikut komposisi tim yang saya gunakan untuk Yanfei. Tujuan dari tim ini adalah untuk mengaktifkan reaksi Vaporize dan Melt sebanyak-banyaknya. Xingqiu dan Kaeya berfungsi untuk mengaplikasikan elemen Hydro dan Cryo, sehingga Yanfei dapat memberikan damage dahsyat menggunakan charge attacknya, serta E dan Q. Zhongli digunakan untuk mengurangi Pyro RES lawan dan meningkatkan damage Yanfei. Selain itu, shield Zhongli juga sangat berguna, karena Yanfei cukup mudah diserang di tengah animasi charge attacknya.

Jadi, apa pendapat kalian tentang mahasiswa hukum Liyue ini? Patut dijadikan main DPS?


Untuk membaca artikel tentang Genshin Impact dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.