Kali Ini Giliran Data BIN Bocor di Internet

Data Bin Bocor

Data Bin Bocor

Data Bin Bocor – Rasanya, baru kemarin kita membahas betapa ‘kuatnya’ lapisan cybersecurity di tanah air tercinta. Namun, kali ini kami dikejutkan insiden di mana data dari Badan Intelijen Nasional (BIN) beredar luas di internet. Tentu, ini akan cukup menarik untuk diulik, bukan?

Giliran Data BIN Bocor di Internet

Kembali kita dihadapkan fakta di mana betapa ‘kuatnya’ lapisan cybersecurity tanah air, sampai-sampai kini giliran Data BIN Bocor di internet.

Salah seorang user bernama strovian di forum ‘kesayangan’ Breached, pampang beberapa informasi. Mulai dari nama, golongan, jabatan, sampai informasi yang seharusnya bersifat benar-benar rahasia.

Untuk jelasnya, kalian bisa melihat gambar di bawah ini:

Meski postingan tersebut sudah ada sedari bulan April, namun setidaknya kebocoran data yang tengah marak di tanah air bisa jadi bahan evaluasi elite cybersecurity. Di mana peran dari keamanan dalam internet, terlebih bila sudah menyangkut privasi khalayak ramai adalah sebuah kewajiban, bukan sekadar ‘ada’.

Terkait viralnya Data BIN Bocor ini di tanah air tampaknya dimulai dari platform media sosial Twitter. Di mana seorang user dengan gambar anime bernama Vidyan, katakan bahwa tak butuh waktu lama Indonesia akan jadi negara open-source.

Kalian bisa melihat cuitannya di bawah ini:

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Sumber: Twitter

Hal ini tentu boleh jadi tamparan keras untuk para elite cybersecurity dan amankan data user di tanah air.

BIN Bantah Data Agen Intelijen Bocor di Internet

Insiden terkait Data BIN Bocor tersebut rasanya tak buat instansi kepemerintahan ini merasa was-was, bahkan klaim bahwa itu hanyalah hoaks.

Berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh tim CNNIndonesia dan Juru Bicara BIN, Wawan Hari Purwanto, ia konfirmasi bahwa semua data di BIN aman.

Hoaks itu. Data BIN aman-aman saja,” ucap Wawan kepada tim CNNIndonesia yang dilakukan kemarin, tepatnya 21 Agustus 2022.

Klarifikasi dari Juru Bicara BIN tersebut rasanya tak cukup, terlebih bila melihat betapa banyaknya insiden kebocoran data di dunia maya baru-baru ini.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah dengan demikian Indonesia akan benar-benar dihadapkan dengan krisis keamanan dalam dunia internet, atau mampukah instansi terkait atasinya?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version