Gmail Centang Biru, Fitur Keamanan Terbaru dari Google untuk Verifikasi Pengirim Email

Gmail Centang Biru

Di dunia yang makin menuju digitalisasi ini, keamanan dalam berinternet kian dibutuhkan untuk memberikan rasa aman untuk pemakainya. Di antaranya ialah Google, yang kini luncurkan Gmail centang biru, yang hadirkan kemudahan verifikasi pengirim email memanglah terkirim dari akun yang terpercaya.

Gmail Centang Biru, Minimalisir Email dari Akun Palsu

Informasi terkait implementasi Gmail centang biru ini telah diumumkan oleh pihak Google lalui laman yang dapat kalian baca di sini. Di mana implementasi fitur ini dirancang sedemikian rupa oleh raksasa tekno tersebut untuk menyempurnakan fitur verifikasi Brand Indicators for Message Identification (BIMI).

Fitur Gmail centang biru ini diharapkan mampu memudahkan kita dalam memilah mana email asli, dan mana email palsu yang biasanya dikirim oknum untuk kepentingannya. Di bawah ini dapat kalian lihat bagaimana tampilan email yang dikirim dari pengirim yang terpercaya, yang akan berlaku per 3 Mei 2023:

Bila akun tersebut benar dikirim dari pengirim atau sumber yang terpercaya, maka Google akan menampilkan ikon centang biru, tepat di sebelah kanan foto profil sebelum alamat email, komplit dengan notifikasi ‘email ini dikirim dari sumber yang terpercaya.’

Langkah dari Google untuk Kembalikan Arti ‘Centang Biru’

Tidak heran rasanya bila Google centang biru ini diimplementasikan secara cepat atau lambat, karena ini adalah salah satu fitur keamanan yang akan dibutuhkan dalam dunia digital. Tapi, setelah kami telusuri, ternyata ini adalah upaya dari Google untuk mengembalikan arti dari centang biru yang sebenarnya.

Hal tersebut bisa dimengerti, karena sebelumnya fitur centang biru sempat dimain-mainkan oleh Elon Musk melalui media sosialnya, Twitter, yang mana hanya dengan membayar sejumlah premium, kita bisa menyebarkan informasi yang mungkin saja tidak relevan dengan status akun yang memiliki kekuatan centang biru tersebut.

Bahkan, untuk memberi rasa aman dan kemudahan untuk semua pemakainya, Google sama sekali tidak berencana untuk memungut biaya sama sekali.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version