Google AI Gemini Butuh RAM Besar untuk Bisa Beroperasi di Smartphone

Google AI Gemini RAM

Google AI Gemini RAM – Penerapan teknologi AI menjadi tren terbaru di tahun 2024 ini. Berbagai Perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk menerapkan fitur ini ke produk mereka. Salah satunya Google dengan Google AI Gemini.

Sayangnya teknologi ini baru bisa diterapkan ke sebagian perangkat smartphone saja. Karena Google AI Gemini butuh RAM besar agar bisa beroperasi di Smartphone.

Google AI Gemini Butuh RAM Besar agar Bisa Digunakan di Smartphone

Seberapa besar RAM yang dibutuhkan?

Seang Chau selaku Google VP of Devices and Services Software menyampaikan detail tentang fitur AI Gemini pada podcast Made by Google. Menurut keterangannya, guna memastikan Sistem AI tersebut berjalan dengan lancar, diperlukan perangkat smartphone dengan spesifikasi RAM 12 GB keatas.

Pixel 8 Pro yang memiliki RAM 12 GB, merupakan perangkat yang tepat bagi kami untuk menerapkan Gemini Nano dan melihat apa saja yang bsia dilakukan. Ketika kita melihat Pixel 8 yang meiliki RAM 4 GB lebih kecil, tidak mudah bagi kami untuk membuat Keputusan bahwa kami siap untuk menerapkan teknologi ini di perangkat tersebut.

Seang Chau

Penyataan ini secara langsung menjawab alasan dibalik pemilihan perangkat pada perilisan fitur ini beberapa waktu yang lalu. Dalam pengumuman tersebut, Google menyatakan bahwa Gemini Nano akan diterapkan pada perangkat Pixel 8 Pro dan tidak untuk perangkat Pixel 8 biasa.

Pixel 8 & Pixel 8 Pro

Fenomena ini dianggap aneh pada saat itu, mengingat kedua perangkat meiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dan sejatinya dibuat untuk mendukung teknologi tersebut. Misteri ini akhirnya terjawab dalam podcast tersebut, bahwa perbedaan dari sisi RAM menjadi faktor kunci Keputusan ini.

Selain Pixel 8 Pro, Gemini Nano juga telah digunakan di perangkat lain yaitu seri Smartphoneflagship Samsung Galaxy S24 Ultra, yang juga memiliki ukuran RAM 12 GB.

Tetap Tersedia untuk Smartphone RAM Dibawahnya

Pixel 8 dengan RAM 8 GB

Walaupun dalam pernyataanya Google hanya merekomendasikan fitur ini untuk smartphone dengan RAM 12 GB keatas, beliau menyatakan Gemini Nano sebenarnya tetap dapat berjalan di perangkat dengan RAM 8 GB.

Walaupun begitu, dirinya memperingatkan bahwa, jika memaksakan menjalankannya pada perangkat dengan RAM 8 GB, maka hal ini dapat sangat mempengaruhi kinerja perangkat. Oleh sebab itu bagi perangkat dengan spesifikasi tersebut, pengguna hanya bisa mengaksesnya pada mode developer.

Google AI Gemini

Hal ini agar Gemini Nano hanya dapaat diakses oleh mereka yang paham tentang perangaktnya, serta dampak yang ditimbulkan jika memaksakan menggunakan fitur ini di perangkat tersebut.

Rencananya kami juga akan menyediakan Gemini Nano untuk Perangkat Pixel 8 dalam opsi mode Developer, sehingga para developer dan para pengguna biasa yang benar-benar tahu akan dampaknya terhadap user experience jika menerapkan fitur ini.

Seang Chau

Mekanisme AI Gemini sendiri berbeda dengan aplikasi pada umunya. Jika biasanya aplikasi yang diproses ke RAM akan di muat sementara lalu di hapus kemudian jika telah digunakan, untuk Gemini sistem akan menggunakan space dari RAM secara permanen. Hal ini menyebabka penyimpanan RAM yang besar menjadi aspek yang penting.

Itulah informasi tentang Google AI Gemini. Gimana ni, brot? Apakah perangkat kalian masuk kategori yang sanggup menjalankan AI ini??


baca juga artikel-artikel Gamebrott lainnya terkait Tech serta berita terkini lainnya dari Friliando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version