Google: Apabila Bisa Menonton Youtube 1080p, Seharusnya Bisa Bermain Game di Stadia

google stadia hands on 3

Google Stadia merupakan layanan game streaming dalam arti kamu dapat bermain game hanya bermodalkan koneksi internet tanpa mempedulikan spesifikasi dari mesin yang digunakan. Tentunya hal utama yang menentukan kualitas layanan ini ialah tingkat kecepatan koneksi dari pengguna itu sendiri. Ini memunculkan pertanyaan akan harus sebagus apa koneksi untuk dapat bermain di Stadia?

Phil Harrison, vice-president dari Google ungkapkan apabila dirinya rekomendasikan koneksi dengan kecepatan 25 megabits/s untuk dapat rasakan kualitas bermain 1080p/60 FPS. Untuk kualitas 4K/60 FPS, pemain disyaratkan untuk miliki koneksi 30 megabits/s. Untuk kualitas dibawahnya tentu membutuhkan koneksi yang tidak setinggi ini juga tetapi Harrison menyebutkan bahwa kualitas terendah yang dapat dicapai layanan ini hanyalah 720p.

Singkatnya ialah, apabila kamu punya kecepatan download 20 Mbps, maka kamu seharusnya bisa bermain via Stadi tanpa masalah. Harrison bahkan mengatakan bahwa, “Apabila kamu tidak bermasalah dalam menonton Youtube, kamu akan dapatkan layanan Stadia yang baik.” Hal ini berarti apabila kamu dapat menonton Youtube dalam kualitas 1080p tanpa hambatan sama sekali, kemungkinan besar kamu dapat bermain Stadia dengan lancar.

Game streaming masih menjadi semacam gimmick semata untuk saat ini. Dengan seluruh negara tidak miliki koneksi terbaik serta harga untuk koneksi tinggi terkadang meraup isi dompet, tampaknya masih terlalu awal untuk layanan semacam Stadia ini untuk menjadi mainstream. Tetapi secara konsep, game streaming tetaplah menarik dan bisa saja pilihan kedua selain dari console konvensional dalam beberapa tahun kedepan.

Source: Gamesradar

Exit mobile version