Google Apprentice Bard Diciptakan demi Saingi ChatGPT

Google Apprentice Bard

Google Apprentice Bard – ChatGPT yang belakangan ini heboh dan punya pengguna jutaan membuat beberapa perusahaan teknologi lainnya diam-diam melirik. Tentunya kesuksesan ini membuat perusahaan teknologi tersebut berbondong-bondong ingin punya chatbot mereka pribadi.

Salah satu yang sedang bergegas bersaing dengan ChatGPT adalah Alphabet atau yang biasa kita kenal dengan Google. Mereka tengah melakukan pengetesan chatbot bertenaga AI yang kedepannya berkemungkinan hadir di produk buatan mereka.

Google Apprentice Bard, Ajang Adu Supremasi Chatbot AI dengan ChatGPT

Google ciptakan AI chatbot saingi ChatGPT

Google menciptakan Atlas yang bersaing langsung dengan ChatGPT buatan OpenAI. Google tampaknya juga tidak mau ketinggalan oleh Microsoft dimana pemilik sistem operasi Windows tersebut mengucurkan dana miliaran kepada OpenAI beberapa waktu lalu.

ChatGPT besutan OpenAI

Seperti yang kita ketahui, Google memang tidak punya chatbot secanggih ChatGPT. Meskipun mereka punya LaMDA, AI yang pengaplikasiannya baru terbatas pada produk Google Pixel dan smart product mereka. Artificial Intelligence ini juga masih sebatas bisa membalas percakapan secara natural dan tidak punya kapabilitas menulis karya kompleks seperti ChatGPT.

Raksasa teknologi Google

Google juga disinyalir tengah melakukan pengetesan terhadap Apprentice Bard, sebuah chatbot yang saat ini di-tes oleh karyawan mereka. Berbeda dengan LaMDA, AI ini lebih mirip dengan saingannya. Google juga dikabarkan akan merilis produk serupa di tahun ini.

Apprentice Bard Berbasis LaMDA

Neural language LaMDA buatan Google

Chatbot buatan mereka ini memang dikembangkan berdasarkan LaMDA atau nama panjangnya Language Model for Dialogue Application. Proyek ini pun mendapatkan prioritas lebih tinggi dibanding proyek lain yang tengah mereka kerjakan. Bahkan Apprentice Bard bisa menjawab kejadian yang baru-baru ini terjadi. Sesuatu yang tidak ada di ChatGPT mengingat mereka masih menggunakan informasi dari tahun 2021.

Kemiripan Apprentice Bard dengan AI buatan OpenAI tersebut sama-sama memiliki bentuk dialog chatbox, dengan jawaban dan respons berbasis teks.

Update: Google baru saja mengonfirmasi nama untuk chatbot mereka secara resmi akan bernama Bard. Program ini masih dalam tahap tes dan akan tersedia secara terbatas untuk beberapa ‘tester terpercaya.’


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version