Google Buat SoC Sendiri Untuk Smartphone Miliknya

104208540 GettyImages 486234008 e1587366676782

Google secara resmi mengumumkan bahwa mereka saat ini telah membuat chip yang dikembangkan sendiri. Mereka sukses membuat chipset tersebut setelah bekerjasama dengan Samsung.

Dilansir dari XDA, SoC yang dikembangkan oleh Google tersebut telah dikeluarkan dan diharapkan akan dipasang pada ponsel seri Pixel. Chip ini diberi nama kode ‘Whitechapel’ dan dilengkapi dengan CPU 8-core yang dibangun diatas proses 5nm FinFet.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya Google bereksperimen dengan membuat chip khusus. Pada 2017, mereka bekerjasama dengan Intel untuk mengembangkan Pixel Visual Core untuk Pixel 2, yang dipertahankan untuk Pixel 3. Google saat ini juga diketahui telah merekrut sejumlah ahli chip dari perusahaan seperti Apple dan Intel.

Dari perspektif ini, terlihat jika persaingan antara Huawei dan Google akan berlanjut ke level chip. Dan Huawei dapat mengantar pada tantangan yang lebih besar.

Meskipun demikian, saat ini para petinggi dari Huawei belum mengeluarkan tanggapan. Namun yang jelas adalah persaingan antara Google dan Huawei pada chip juga telah dimulai.

Selain itu, faktanya adalah bahwa penjualan smartphone seri utama Huawei dan seri P selalu menghancurkan seri Google Pixel.

 


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Exit mobile version