Google Chrome Versi 81 Android Datang Dengan Fitur Terbarunya


Google Chrome, browser dari google ini salah satu browser yang paling sering digunakan selain mozilla firefox, safari dll. Kali ini di pembaruannya versi 81 pihak google menghadirkan inovasi terbaru untuk browsernya, pembaruan yang aslinya di jadwalkan pada tanggal 17 maret tertunda karena pandemi coronavirus akhirnya akan segera di rilis sebentar lagi. Di versi ini google chrome akan menghadirkan 2 major inovasinya yaitu improved fitur dukungan untuk WebXR (Teknologi Chrome Augmented Reality) awalnya sudah di perkenalkan di chrome versi 79 dan initial support untuk standard web NFC.

Google Chrome Versi 81 Akan Segera Dirilis

Ada juga pembaruan yang sudah direncanakan tetapi di tunda yaitu mendesain ulang user interface untuk chrome web form element tapi masih belum siap di publish, dan penghapusan untuk dukungan protokol enkripsi TLS 1.0 dan TLS 1.1. yang di tunda sampai  chrome versi 84. alasan ditundanya penghapusan protokol tersebut masih ada sangkut pautnya dengan pandemi coronavirus sekarang ini, alasannya karena untuk mencegah user chrome 81 mengakses beberapa situs kesehatan pemerintah yang masih menggunakan protokol TLS 1.0 dan TLS 1.1 untuk koneksi HTTPS mereka.

Chrome versi 81 ini bisa di bilang termasuk yang paling susah dalam pengmbangannya. Para pengembang tidak hanya memindahkan beberapa fungsi yang terdahulu  ke versi yang sekarang ini, tetapi mereka sampai menunda perilisannya sampai 3 minggu untuk peluncuran versi ini dan mereka sampai merubah standard mereka yang biasanya dalam waktu 6 minggu. Oleh karena itu google memulai langkah pertamanya dengan untuk menskip Chrome versi 82 (pengembangan telah di hentikan) dan versi selanjutnya akan menjadi versi 83 kemungkinan, itu juga bakal rilis dalam kurun waktu 1.5 – 2 bulanan lamanya.

Wekarang