Google Dan Apple Kerjasama Bikin Sistem Pelacakan Persebaran Corona

card12.max 1000x1000 1 e1586688244282

Google dan Apple dilaporkan tengah bekerjasama untuk membuat sebuah sistem pendeteksi persebaran virus Corona. Informasi ini beredar setelah kedua CEO dari masing-masing perusahaan, yaitu Tim Cook(Apple) dan Sundar Pichai(Google) mengunggahnya pada akun sosial pribadi miliknya.

Menurut informasi, Apple dan Google saat ini tengah bekerjasama untuk membuat sebuah sistem untuk mendeteksi peserbaran Corona. Sistem ini, disebut-sebut akan memanfaatkan Bluethooth Low Energy(BLE) dari perangkat yang terpasang pada ponsel pengguna untuk mendeteksi persebaran virus tersebut.

Kedua perusahaan itu akan mengembangkan Sistem Application Programming Interface(API) yang nantinya akan bisa digunakan baik pada perangkat iOS maupun Android.

Nantinya, dari data yang terkumpul dari API tersebut, bisa digunakan oleh badan kesehatan masing-masing negara untuk mendeteksi persebaran virus ini. Menurut informasi tersebut, nantinya API ini akan tersedia pada pertengahan Mei 2020.

API sendiri berbeda dengan Aplikasi, sehingga nantinya masing-masing badan kesehatan tiap negara bisa membuat aplikasi masing-masing dengan menggunakan data yang terkumpul dari API Google serta Apple.

Untuk cara kerjanya, disebutkan jika sistem ini akan menggunakan contact tracking. Dimana setiap ponsel dari para pengguna akan menscan tiap perangkat yang saling berdekatan selama beberapa menit memanfaatkan bluethooth dari ponsel pengguna.

Selanjutnya, sistem akan memprosesnya, kemudian apabila diantara para pengguna yang berdekatan terdeteksi positif COVID-19, sistem akan memberikan notifikasi melalui ponsel.

Google dan Apple juga berjanji jika mereka tak akan menggunakan data lokasi GPS pada sistem buatan mereka, sehingga keamanan privasi dari para pengguna akan tetap terjaga.

 

Sumber : TechCrunch


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

 

 

 

Exit mobile version