Google dan Apple Respons Isu Penyadapan HP Android dan iPhone

Google Dan Apple 2023

Dua raksasa teknologi dunia, Google dan Apple telah merespons isu penyadapan pengguna HP Android dan iPhone yang belakangan ini menjadi sorotan. Kedua perusahaan ini menegaskan bahwa privasi dan keamanan data pengguna adalah prioritas utama mereka.

Ini Respons Google dan Apple Terkait Isu Penyadapan

Benarkan adanya isu ‘penyadapan’

Google dan Apple memberikan tanggapan terkait laporan penyadapan yang dilakukan oleh pemerintah melalui notifikasi pada iPhone dan ponsel Android. Kedua perusahaan teknologi besar ini membenarkan laporan tersebut.

Penyadapan melalui notifikasi ini diungkapkan oleh Senator AS Ron Wyden dalam suratnya kepada Departemen Kehakiman (DOJ). Wyden menyebut bahwa penyadapan ini melibatkan suatu instansi pemerintah, namun tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai instansi tersebut.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Ron Wyden

Google dan Apple memiliki informasi mengenai notifikasi pengguna yang potensial diserahkan ke instansi pemerintah tertentu. Wyden menuntut DOJ untuk mendorong Apple dan Google agar transparan mengenai permintaan pengawasan dari pemerintah.

“Laluisurat tersebut, saya mendesak DOJ untuk membiarkan Apple dan Google memberi tahu pelanggan dan masyarakat umum tentang permintaan catatan notifikasi aplikasi smartphone,” ujar Wyden.

Masih Belum Bisa Transparan Secara Total?

Keduanya masih belum bisa menjadi transparan sepenuhnya

Google dan Apple menegaskan bahwa mereka akan mengikuti saran dari Wyden. Namun, Apple dalam pernyataan yang dikutip Reuters, sebelumnya mereka dilarang untuk mengungkapkan adanya permintaan data notifikasi oleh pemerintah. Namun, hal ini akan berubah dan perusahaan akan mulai memberitahu pengguna tentang praktik ini.

“Dalam situasi ini, pemerintah federal melarang kami untuk membagikan informasi apa pun,” kata Apple, seperti yang dikutip dari Android Authority. Sekarang praktik ini telah diketahui oleh publik, kami akan memperbarui laporan transparansi kami untuk memberikan detail tentang permintaan tersebut,” tambah perusahaan teknologi tersebut.

Google juga berkomitmen untuk melakukan hal yang sama. Pengguna Android akan diberikan informasi mengenai permintaan pengawasan. “Kami memiliki komitmen yang sama [dengan Wyden] untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang permintaan ini,” kata Google.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version