Google Dilaporkan Bayar 10 Juta Dollar untuk Bawa Satu Game AAA ke Stadia

in
K4dgp4ydtgt51

Bukan rahasia umum lagi apabila Google langsung membuat Stadia tampil mengagumkan di awal peluncurannya dengan menawarkan beragam game AAA. Namun kini diketahui bahwa Google menggelontorkan banyak uang kepada publisher untuk membawa game mereka ke Stadia dan seperti yang banyak gamer ketahui, Stadia tidak berjalan semulus yang Google bayangkan.

Laporan terbaru dari Bloomberg yang ditulis oleh Jason Schreier mengungkap detail terkait strategi Google untuk Stadia. Salah satu fokus terbesar yang justru berakhir sebagai bencana bagi Stadia itu sendiri adalah kehadiran game AAA. Stadia bekerja sama dengan Ubisoft dan Bethesda untuk menggaet game seperti Assassin’s Creed dan Doom. Bos Stadia – Phil Harrison bahkan dilaporkan membayar US$10 juta atau sekitar Rp140 miliar untuk membawa game seperti Red Dead Redemption 2 ke Stadia.

3555070 Capture
Bos Stadia – Phil Harrison

Sebelum memimpin Stadia, Harrison sempat bekerja sebagai eksekutif untuk SCE Worldwide Studios di saat PS3 diluncurkan dan kesulitan karena harga tinggi dan minimnya game eksklusif. Tidak hanya itu saja, Harrison juga pernah menjabat sebagai Corporate VP di Microsoft ketika Xbox One dirilis dan menerima nasib yang hampir mirip dengan PS3.

Selain fokus terhadap game AAA, Google juga mencoba menaikkan kualitas Stadia dengan cepat lewat investasi untuk pengembangan game internal. Salah satu developer veteran – Jade Raymond ditunjuk sebagai kepala dari Stadia Games and Entertainment dengan tugas untuk membuat game first-party untuk Stadia. Namun sayang belum sempat meluncurkan satu game pun, Stadia Games and Entertainment resmi ditutup oleh Google awal Februari ini.

Meski mengalami banyak masalah, server Stadia sendiri dipastikan masih tetap akan hidup dan siap melayani gamer yang tertarik untuk bermain game secara streaming.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Google Stadia atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Arif Gunawan

Written by Arif Gunawan

kreator tulisan yang jarang bermain game namun tertarik dengan perkembangan industri game itu sendiri

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.