Google Docs Diblokir Bikin Heboh Netizen Tadi Pagi, Kominfo Beri Klarifikasi

Dugaan Google Docs Diblokir Kominfo

Buat kalian yang biasa bekerja lalui platform online, mungkin akan dikejutkan dengan Google Docs diblokir Kominfo. Platform tersebut dikatakan telah diblokir namun masih belum jelas ada apa gerangan yang menyebabkannya. Nah, ketimbang penasaran yuk kita ulik bersama!

Google Docs Diblokir Kominfo, Tidak Bisa Diakses Beberapa Provider

Baru-baru ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dikabarkan telah memblokir akses Google Docs, entah apa alasannya. Google Docs diblokir Kominfo ini terjadi pada Kamis (21/9) malam, dan sempat menjadi trending topic di media sosial Twitter X yang sampai menyentuh 300.000 cuitan.

Sempat menjadi trending topic di Twitter X

Insiden Google Docs diblokir Kominfo ini semakin diperkuat dengan dibatasinya akses lalui beberapa provider. Di antaranya IndiHome, Telkomsel, XL, dan IM3, di mana semua orang yang gunakan provider tersebut sama sekali tidak bisa membuka platform tersebut.

Tidak berhenti sampai di situ saja, beberapa netizen yang berusaha mengakses situs tersebut menunjukkan pemberitahuan “Your connection is not private.” – yang bila diteruskan akan memunculkan laman Internet Positif, yaitu media pemblokir semua konten negatif milik pemerintah.

Alhasil, hal ini menyebabkan mereka yang dominan pekerjaannya dilakukan di platform Google merasa hal ini akan mengancam mata pencaharian, termasuk dengan produktivitas yang mereka lakukan sehari-hari.

Netizen Geram Karena Google Docs Diblokir

Di Twitter X, kami menemukan banyak sekali netizen yang geram karena Google Docs yang biasanya mereka gunakan sehari-hari diblokir tanpa alasan yang jelas. Berikut kami lansir beberapa teriakan para netizen terkait pemblokiran Docs.

“GOOGLE DOCS DIBLOKIR JD INTERNET POSITIF DI INDIHOME. Ini gimana ceritanya woy? Orang kerja gimana ini? Mau bayar gaji gue lu?” – ShanoSenda

“Did Indo govt just blocked Google Docs? Seems like it.” – Tri Ahmad Irfan

“Ini Google Sheet, Google Form milik saya terdampak semua. Ga bisa diakses. Tertera pada screen capture dan video capture bahwa ini jalurnya dibatasi KOMINFO.” – Vincent Hardison

Sudah Bisa Diakses Kembali, Kominfo: “Kesalahan Teknis”

Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong

Per hari Jumat (22/9), Dirjen IKP Kominfo, Usman Kansong mengklarifikasi bahwa mereka telah memulihkan akses ke sejumlah layanan milik Google, termasuk di antaranya adalah Docs, Sheets, dan Slides.

Usman juga menyatakan bahwa kata pemblokiran tidaklah benar, karena hal yang sebenarnya terjadi di lapangan adalah adanya kesalahan teknis semata, dan tidak bermaksud untuk memasukkannya ke dalam daftar blokir Internet Positif.

Sudah bisa diakses tanpa kendala

Benar saja, saat kami mencoba akses platform tersebut, tidak ada masalah karena kini Kominfo tampaknya sudah gerak cepat untuk mengatasi hal tersebut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version