Google Mulai Hapus Jutaan Akun Gmail Nonaktif Bulan Depan

Akun Gmail Nonaktif

Seperti berita sebelumnya, Google memang berencana untuk menghapus akun Gmail yang sudah lama tidak aktif. Rencana tersebut tidak hanya akan berakhir sebagai rencana belaka. Bulan depan alias Desember nanti, Google benar-benar akan menghapus jutaan akun Gmail tidak aktif 2 tahun terakhir.

Berita ini datangnya pertama kali di bulan Mei lalu. Ketika itu, Google umumkan kalau alasan penghapusan ini disebabkan adanya kemungkinan akun tidak aktif ini digunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab dan merugikan pihak lainnya.

Jutaan Akun Gmail Nonaktif Mulai Dihapus Desember Ini

Google sudah kirimkan peringatan 3 minggu sebelum Desember tiba

Melansir dari Independent, Google tampaknya sudah mulai mengirimkan email berisikan peringatan untuk lakukan login ke Gmail nonaktif. Langkah ini sudah mulai dilakukan 3 minggu sebelum Desember tiba.

Agar tidak salah hapus Gmail, Google juga mengirimkan email peringatan kepada akun terkait beserta alamat email recovery. Isi email tersebut memberitahu kalau akun mereka akan dihapus atas dasar keamanan.

Akun tidak aktif bisa jadi digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab

Seperti biasa alasan Google terhadap penghapusan akun ini karena ditakutkan rentan digunakan untuk tindak kriminal seperti hijacking, hacking, phising, dan metode scam lainnya. Jadi, daripada digunakan oleh orang yang bukan pemilik aslinya, Google berencana untuk hapus saja akun tersebut.

Pengguna Masih Sempat Aktifkan Akun Sebelum Desember

Pastikan aktifkan akun email yang masih ingin digunakan

Lalu bagaimana cara menghindari akun terhapus? Menurut Google, segala aktivitas yang dilakukan menggunakan akun tersebut akan dihitung sebagai status aktif. Jadi, kalian bisa mengirim email ke orang lain, membuat dokumen, sheets, tonton video di YouTube, dan download aplikasi dari Play Store akan jadikan status akun kalian aktif.

Google juga sebelumnya mengingatkan kalau hanya akun pribadi yang akan dihapus lewat pemusnahan akun massal ini. Untuk mereka yang menggunakan akun enterprise atau akun sekolah tidak jadi target.

Apakah kalian punya akun Gmail yang tidak aktif, coba dicek lagi brott sebelum bulan Desember tiba.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version