Google Kenalkan MusicLM, AI yang Menghasilkan Musik dari Kata-kata

MusicLM Google

MusicLM Google – Sebelumnya, teknologi kecerdasan buatan atau AI yang bernama ChatGPT telah menjadi booming di seluruh jagat maya. Kali ini, Google telah mengumumkan sebuah alat AI yang memiliki kemampuan untuk mengubah kata-kata menjadi musik. Raksasa teknologi ini merilis sebuah proyek berjudul MusicLM: Menghasilkan Musik Dari Kata. Kira-kira bagaimana ya sistemnya? Ayo kita bahas bersama!

Google MusicLM, AI yang Mampu Mengubah Kata Menjadi Musik

Proyek AI Google

Para peneliti Google telah membuat AI yang dapat menghasilkan karya musik berdurasi beberapa menit dari permintaan teks, dan bahkan dapat mengubah melodi yang disiulkan atau disenandungkan menjadi instrumen lain. Model ini disebut MusicLM.

MusicLM menjadikan proses pembuatan musik bersyarat sebagai tugas pemodelan urutan ke urutan hirarki, dan menghasilkan musik pada 24 kHz yang tetap konsisten selama beberapa menit. Eksperimen tersebut menunjukkan bahwa MusicLM mengungguli sistem sebelumnya, baik dalam hal kualitas audio maupun ketaatan pada deskripsi teks.

Perusahaan teknologi tersebut telah mengunggah banyak sampel yang dihasilkannya menggunakan model tersebut seperti contoh perintah ini:

electronic song played in a videogame (0:00-0:15)

meditation song played next to a river (0:15-0:30)

fire (0:30-0:45)

fireworks (0:45-0:60)

Google telah meringkas ekperimennya terhadap AI Google tersebut pada gambar di bawah ini:

Konsep MusicLM

MusicLM bahkan dapat mensimulasikan vokal manusia. Meskipun tampaknya mendapatkan nada dan suara keseluruhan suara dengan benar, ada juga kualitasnya yang tidak baik. Google mengatakan bahwa mereka telah merilis dataset dengan sekitar 5.500 pasangan musik-teks secara publik, yang dapat membantu saat melatih dan mengevaluasi AI musik lainnya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Namun untuk saat ini, Google saat ini masih belum mengumumkan kapan AI tersebut bakal rilis untuk masyarakat umum dan kapan akan melakukannya.

Investasi Google dalam AI

Investasi Google Untuk AI

Sesuai laporan terbaru, untuk bersaing dengan ChatGPT, Google akan meluncurkan berbagai produk baru bertenaga AI di masa depan. Dilaporkan bahwa Microsoft sedang mengerjakan mesin pencari yang didukung oleh AI untuk memberikan persaingan ketat kepada Google – mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia.

Untuk bersaing dengan Microsoft, Google dilaporkan sedang mengerjakan mesin pencari bertenaga AI versinya sendiri agar dapat mempertahankan pasar mayoritasnya. Laporan tersebut juga menyebutkan bahwa Google akan mengumumkan sekitar 21 produk baru berbasis AI selama Google I/O 2023 yang diperkirakan akan diadakan pada bulan Mei tahun ini.

Kalian bisa melihat proyek Google untuk AI tersebut lebih lengkap di sini


Baca juga berita dan artikel-artikel Gamebrott lainnya terkait Tech serta berita terkini lainnya dari Nurul Aida. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version