Google Menemukan Kelemahan DDR4 yang Dapat Diserang Hacker dengan Mudahnya

DDR4 Google Half-Double Hacker

Perusahaan Google mengungkapkan secara publik bahwa adanya kelemahan terhadap perangkat hardware pada komputer, yaitu DDR4 atau Double Data Rate 4. Kelemahan seperti apa pada perangkat hardware DDR4? Yuk, kita cari tahu bersama!

Goggle “DDR4 Memiliki Kelemahan yang Dapat Diserang Hacker”

Dilansir dari PC Gamer, Google mengungkapkan hasil penemuan mereka terhadap DDR4. Mereka mengatakan bahwa perangkat hardware tersebut memiliki adanya kelemahan yang dapat diserang oleh hacker.

DDR4 dapat diserang dengan mudah melalui teknik yang baru-baru ini ditemukan oleh Google yang memiliki kemiripan dengan teknik Rowhammer.

Informasi Lanjut

Dilansir dari situs Neowin, Rowhammer adalah teknik penyerangan sistem oleh hacker yang dapat membahayakan perangkat RAM melalui sel memori. Melalui perangkat tersebut, hacker dapat meretas dan kemudian mengakses komputer korban. Setelah itu mereka mengubah konten data yang ada pada komputer tersebut dan mengirimkan beberapa akses permintaannya.

Walaupun saat ini sudah banyak perangkat baru DDR4, teknik Rowhammer masih dapat dieksploitasi dengan metode seperti TRRespass. TRRespass adalah metode pencegahan yang dapat menemukan adanya penyerangan hacker yang menggunakan teknik Rowhammer secara otomatis.

Kini, DDR4 terancam menjadi target penyerangan hacker dengan menggunakan teknik baru berdasarkan konsep dari Rowhammer. Google menamakan teknik baru tersebut dengan sebutan “Half-Double”.

Tanggapan Google Terhadap “Half-Double”

Menurut Google, teknik Half-double ini lebih berbahaya dibandingkan dengan teknik Rowhammer. DDR4 akan sangat rentan terhadap penyerangan teknik ini yang dapat mengaktifkan data-data kode berbahaya, kemungkinan terburuk dapat berpotensi mengambil alih sistem komputer dan merusak perangkat tersebut.

Maka dari itu, pihak Google bekerja sama dengan industri seperti JEDEC. Mereka berharap diungkapnya teknik “Half-Double” secara publik dapat mengajak pihak industri dan peneliti bekerja sama untuk mencari solusi jalan keluar bersama-sama. “Half-Double” dapat merusak perangkat listrik pada perangkat melalui sistem software dari hacker.

Itulah informasi mengenai Google menemukan adanya kelemahan pada perangkat DDR4 terhadap penyerangan hacker. Semoga informasi ini dapat membantu para pembaca agar lebih waspada terhadap peretasan dari pihak yang tidak diinginkan dan data-data yang kalian miliki pada komputer selamat.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Teknologi atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via faisal@gamebrott.com

Exit mobile version