Google Menghapus Aplikasi Yang Diduga Mencuri Data Pengguna

Android3

Tidak sembarangan menginstall aplikasi yang tersedia di Google Play Store mungkin adalah pilihan yang bijak. Dilansir dari Ars Technica, Google telah menghapus setidaknya sembilan aplikasi dari Play Store. Hal ini dilakukan berdasarkan data yang dilaporkan oleh pihak Dr.Web yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut mencuri data para pengguna facebook.

Google Harus Lebih Selektif Untuk Menyaring Aplikasi

Aplikasi yang paling umum diinstall penggunanya seperti Horoscope Daily, dan Rubbish Cleaner menjadi salah satu aplikasi yang memiliki banyak malware. Aplikasi tersebut menjebak para penggunanya dengan laman website yang dibuat semirip mungkin dengan laman login Facebook asli. Laman tersebut memuat JavaScript untuk melakukan pencurian data yang akan diteruskan ke server pembajak.

Sembilan aplikasi tersebut adalah:

  1. Processing Photo
  2. App Lock Keep
  3. Rubbish Cleaner
  4. Horoscope Daily
  5. Horoscope Pi
  6. App Lock Manager
  7. Lockit Master
  8. Inwell Fitness
  9. PIP Photo

Setidaknya, ada lima varian malware yang disusupi pada aplikasi ini yang semuanya menggunakan bantuan JavaScript untuk mencuri informasi. Menanggapi hal ini, Google mengatakan akan memblokir pengembang aplikasi tersebut dari Play Store.

Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan para pengembang aplikasi tersebut membuat akun pengembang yang baru. Untuk itu, Google harus lebih selektif untuk menyaring aplikasi agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi.

Para Pengguna Diharapkan Untuk Selalu Waspada

Penyaringan yang dilakukan secara otomatis oleh Google ini dirasa masih kurang efektif karena banyaknya malware yang masih lolos. Jadi, tidak peduli seberapa populernya dan banyaknya jumlah pengguna yang melakukan download suatu aplikasi, para pengguna diharapkan untuk selalu waspada.

Dr.Web menambahkan bahwa semua malware tersebut sebagai trojan yang sama karena mereka menggunakan format file konfigurasi yang identik. Untuk itu para pengguna diharapkan untuk selalu waspada, dan hindari aplikasi yang dirasa mencurigakan.

Jadi itulah informasi yang bisa dikumpulkan terkait malware yang baru-baru ini lolos dari pantauan Google. Demi keamanan, jangan sembarangan download aplikasi, terutama dari sumber yang tidak jelas ya brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version