Google Berlakukan Passkeys Sebagai Opsi Utama Sign-In Gantikan Password

Passkeys

Awal tahun ini, Google mulai berlakukan Passkeys, sebuah metode sign-in pengganti password yang disinyalir lebih aman. Tak terduga, fitur ini cukup populer di kalangan pengguna. Google juga tampaknya mulai berlakukan fitur passkeys ini lebih luas ke berbagai layanan.

Google sendiri merilis blog post khusus untuk mengenalkan bagaimana cara kerja fitur baru ini dan apa ekspektasi pengguna kedepannya bila ingin menggunakan passkeys sebagai pengganti password.

Google Passkeys Jadi Fitur Baru Pengganti Kata Sandi

Sign-in pakai password sudah ditinggalkan

Blog post terbaru Google menyertakan cara kerja metode sign-in teranyar ini. Kelak, ketika pengguna ingin sign-in ke akun Google atau layanan lainnya, pengguna diberikan sebuah prompt membuat atau gunakan passkeys.

Nantinya, akan ada fitur baru berupa opsi ‘skip password when possible’ disematkan ke pengaturan akun Google kalian. Hingga begitu ada layanan yang bisa gunakan fitur baru ini, otomatis kalian tidak perlu lagi membuat atau memasukkan password lagi.

Cukup pakai biometric atau PIN

Fitur ini berfungsi dengan memanfaatkan keamanan biometrik seperti sidik jari, pemindai wajah, dan PIN 4 angka sebagai pengganti password. Google sendiri katakan kalau cara sign-in seperti ini berikan akses 40% lebih cepat dibanding gunakan password konvensional.

Dikatakan Jauh Lebih Aman

Password perlahan mulai ditinggalkan

Soal keamanan sendiri, Google sebut kalau ia gunakan kriptografi jadi jauh lebih aman. Hanya saja, soal implementasinya, belum semua layanan bisa gunakan fitur ini hingga password masih menjadi opsi utama di berbagai kondisi.

Pengguna juga bisa matikan fitur ini bila merasa tidak ingin mereka gunakan. Cukup dengan matikan saja ‘skip password when possible’ di pengaturan akun Google.

Layanan pihak pertama seperti YouTube, Maps, dan Google Search juga sudah gunakan fitur tersebut. Google sepertinya yakin metode keamanan kedepannya yang paling terpercaya adalah dengan meninggalkan password, dan menapaki jalan tanpa kata sandi karena semuanya, mungkin akan digantikan dengan passkeys.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version