Google Siapkan Sertifikasi Gaming Untuk Ponsel Android

erogefun

Ada kabar gembira buat gamer mobile Android. Dilansir Xda pada 7 Oktober lalu, Google kabarnya sedang menyiapkan sertifikasi ponsel-ponsel gaming bagi produsen smartphone. Sertifikasi ini bertujuan untuk memberi standar baru untuk handphone gaming berplatform Android.

Seperti yang kita tahu, kebanyakan smartphone gaming sekarang “kurang jelas” rasa gamingnya. Hal tersebut disebabkan oleh spesifikasi dan fiturnya yang mirip dengan smartphone flagship pada umumnya. Tanpa adanya fitur-fitur tambahan yang khusus disiapkan untuk main game, tidak ada poin plus yang bisa ditawarkan oleh gaming phone ketimbang smartphone flagship biasa.

Maka dari itu, Google menggarap sertifikasi ini dengan harapan bahwa produsen smartphone bisa menaati dokumen ini sebagai syarat mutlak yang harus ada di smartphone gaming. Sertifikasi tersebut berisi beberapa prasyarat yang harus dipenuhi oleh vendor smartphone agar device mereka layak disebut “gaming smartphone”

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Isi dokumen sertifikasi Google

Lalu apa saja prasyarat tersebut? berikut diantaranya:

  1. Device yang bersangkutan harus memiliki performa yang stabil saat digunakan untuk main game selama mungkin. Stabil disini berarti tidak boleh overheat yang mengakibatkan thermal throttling dan penonaktifan core CPU.
  2. Smartphone gaming tersebut harus memiliki chipset CPU dan GPU performa tinggi paling mutakhir yang mampu memberikan pengalaman gaming yang nyaman.
  3. Dukungan API Vulkan versi 1.1 serta OpenGL ES harus ada di smartphone tersebut, guna menjamin kompatibilitas device tersebut dengan game-game sekarang dan yang akan datang.
  4. Terakhir, untuk menjamin performa gaming yang seamless, smartphone gaming harus mampu menyisakan memori 2.3 GB sebelum aplikasi-aplikasi background mulai ditutup.

Dengan adanya prasyarat ini, maka besar harapannya bagi vendor smartphone untuk menjejali smartphone gaming mereka yang akan datang dengan fitur pendukung gaming. Seperti misalnya menyediakan external fan untuk mencegah overheating, serta ROM tanpa bloatware untuk meningkatkan efisiensi RAM. Dengan begitu, maka kelebihan smartphone gaming dalam bermain game ketimbang flagship biasa akan semakin menonjol, khususnya dalam hal performa.

Source: Xda

Exit mobile version