Google Stadia akan Lebih Cepat dan Responsif dari Hardware Gaming Biasa

stadia.0
Semua sepertinya akan kembali ke koneksi internetmu.

Terjun ke industri game platform utama melalui cloud gaming Stadia tentu menjadi hal yang baru bagi Google sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia. Perusahaan dengan produk andalan mesin pencari yang sangat mendunia ini memang telah ahli mengurus distribusi game berkat Androidnya. Namun sepertinya mereka benar-benar serius terjun dalam industri ini dan bersaing dengan penyedia hardware gaming yang ada saat ini.

https://www.youtube.com/watch?v=4FTNVUjYn6Q


Berbicara dengan Alex Wiltshire di majalah Edge edisi #338 (via PCGamesN), salah satu teknisi tertinggi Google untuk streaming bernama Bakar mengatakan bahwa mereka telah siap secara penuh untuk menjalankan cloud gaming. Hal ini berkat perkembangan modelling dan machine learning yang sangat cepat. “Menurut kami, dalam waktu satu atau dua tahun, kami akan miliki game yang lebih cepat dan responsif melalui cloud dibanding hardware gaming lokal biasa seberapa kuat hardwarenya sekalipun”, imbuhnya.

Tentunya hal ini takkan lepas dari teknologi streaming milik Google sendiri. Mereka percaya bahwa teknologi yang mereka miliki akan mampu memberikan pengalaman yang imersif pada gamer meski mereka berada di tempat yang jaraknya lebih dari ratusan ribu kilometer.

Sementara untuk masalah koneksi dan lagging, Bakar menyebutkan bahwa sistem akan memprediksi koneksi antara player dengan server Google. Sistem akan menjalankan sebuah proses di mana Stadia akan meningkatkan fps pada player untuk mengurangi lag hingga memprediksi apa yang akan player lakukan selanjutnya. Ya, kamu tak salah baca, sistem akan mampu membaca pikiranmu layaknya mesin pencarinya yang mengetahui apa yang akan kamu cari dengan memberikan beberapa sugesti yang 70-90% sama persis dengan yang kamu pikirkan. Semua langkah yang akan kamu lakukan akan diprediksi ketika mengalami lag. Bayangkan saja jika hal tersebut akan terjadi sama persis dengan mesin pencarinya.

Google Stadia rencananya akan dirilis bulan November untuk 14 negara yang akan dilanjutkan ke seluruh dunia secara bertahap beberapa bulan setelahnya. Kamu bisa membaca rangkuman beritanya agar tak ketinggalan update.

contact: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version