Google Stadia Butuhkan Data 100MB Per Menit Di Resolusi 1080p

in ,

Sudah bukan rahasia umum bahwa Google Stadia memang merupakan konsol cloud yang sangat haus akan paket data. Dimana sebelumnya dilaporkan bahwa untuk bermain selama 65 Jam resoulsi 4K akan menguras data 1TB. Namun setelah rilis, tentu tak sedikit orang yang tertarik untuk melakukan uji coba mengenai berapa data yang akan tersedot menggunakan konsol satu ini. Hal tersebut yang akhirnya mendorong salah satu penulis VentureBeat melakukan uji coba ini.

Dirinya sendiri melakukan percobaan ini dengan memanfaatkan Chromecast dan juga menghubungkan Google Stadia dengan smartphone miliknya. Dimana dirinya bisa melakukan tracking tentang berapa data yang telah ia habiskan selama ia menggunakan konsol ini. Namun awalnya dirinya ingin menjajal penggunaan data di resolusi 4K, karena keterbatasan device nampaknya dia hanya bisa melakukan benchmark pada resolusi 1080p saja.

Ini dia data yang dibagikan oleh penulis Venture Beat.

Tracking Google Stadia data usage

Red Dead Redemption 2 at 1080p60 fps on Stadia:

  • Duration: 13 minutes
  • Data used total: 1.55GB
  • Data per minute: 119MB
  • Estimated data per hour: 7.14GB

Jika berdasarkan data yang disampaikan oleh Venture Beat serta fakta dari HowLongtoBeat bahwa RDR 2 perlu kurang lebih 47 Jam untuk menamatkan. Maka penggunaan data yang diperlukan akan sangat besar sekali.

Dimana menamatkan story Red Dead Redemption 2, kalia memerlukan data lebih dari 335GB untuk Stadia gunakan. Angka ini tentu sangat terdengar tak masuk akal, karena di Indonesia maupun luar negeri, ternyata tetap ada data cap alias FUP yang membatasi aliran paket data sebuah internet. Dimana salah satu provider ternama seperti Indiehome sendiri mematok 300gb-400gb perbulan bagi harga paket paling murah. FUP pengguna Indonesia nyaris tersedot seluruhnya hanya untuk memainkan satu game saja. Belum lagi kendala koneksi yang tentu memiliki performa beda dengan negara luar.

Hal ini tentu bisa jadi pertimbangan bagi kalian apabila nantinya ingin membeli konsol Stadia bila sudah hadir ke Indonesia. Jika kalian ingin membaca berita terbaru mengenai game lain kalian bisa membacanya disini.

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person